Wednesday, 12 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMPI Nurul Jadid
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : VII/7 A
Materi Pokok              :  Others
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
                         
A.    Kompetensi Inti
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasn regional, dan kawasan internasional.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

     B. Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan,doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menangapinya degan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagian dan potensi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mennunjukkan motivasi untuk mengembangkan berbahasa inggris .
3.2.2Melakukan tindak tutur memperkenalkan orang lain dalam bahasa inggris.
3.2.3Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan perkenalan  orang lain melalui kegiatan terintegrasi  menyimak-berbicara bahasa inggris dengan percaya diri.

    D.Tujuan Pembelajaran
              1.Melalui contoh ,peserta didik dapat menngunakan ungkapan perkenalan ke dalam                                                                                  praktek berbicara bahasa inggris
2. peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur dan unsur kebahasaan teks interkasi interpersonal yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat
    E. Materi Pembelajaran
                 1. Ungkapan perkenalan diri:she/he name is………..,'

  1. Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan dalam pembelajaran ini menggunakan Scientific appoach/pendekatan ilmiah dengan langkah-langkah sebagai berikut:  mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membuat jejaring.


KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
  1. Guru Masuk ke kelas dan langsung mengucapkan salam, membuka pelajaran dengan membaca doa serta menyapa dengan mengunakan kalimat good morning my students.
  2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  3. Peserta didik Melakukan apersepsi dengan membaca buku literasia setelah itu membentuk sebuah kelompok
  4. Review.

10 Menit
Inti
Mengamati
  • Siswa memperhatikan beberapa kalimat yang berisi ucapan perkenalan berupa percakapan dialog).
  • Siswa membacakan dialog ucapan perkenalan. intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ucapan perkenalan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan perkenalan dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
  • Siswa secara kelompok menjawab pertanyaan sesuai dengan  ucapan yang telah diberikan oleh guru yang terdapat tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
  • Siswa secara kelompok membandingkan dengan teman lainnya berbagai ucapan perkenalan terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
  • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan di dalam kelas.
Mengkomunikasikan
  • Siswa berkreasi membuat percakapan ucapan perkenalan  dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback




60 Menit
Penutup
  • Siswa dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan tentang pemaparan percakapan ucapan perkenalan.
  • Guru memberikan contoh perkenalan.
  • Siswa dipersilakan untuk mempelajari materi selanjutnya.
10    Menit
Media, Bahan, dan Alat Pembelajaran
1. whiteboard, boardmarker.
2.Buku paket  Bahasa Inggris when English rings SMP/MTs Kelas VII



                        MATERI PEMBELAJARAN

                       INTRODUCTION
     There are many definition about introduction
·         Introduction is a formal presentation of one person to another, in which each is told the other's name.
·         The action of introducing something.
·         A thing newly brought into use or introduced to a place for the first time


        Tentu mudah untuk diri kita memperkenalkan diri di depan orang lain, bahkan hal yang seperti itu sering kita lakukan di dalam situasi tertentu, di dalam pertemuan pelajaran ini fokus pada pembelajaran memperkenalkan orang lain.
            Kalimat yang bisa di gunakan dalam memperkenalkan orang lain di antaranya adalah :
·         Let me introduce my friend…….
·         For the first time  I want to introduce my ……..
·          This is my…………

PENILAIN

1.PEMAHAMAN
            Sangat memahami
            Memahami
            Cukup memahami                   50
             Kurang memahami
            Tidak memahami
2. INTONASI
            Hamper sempurna                            25
            Ada beberapa kesalahan
            Banyak kesalahan
3.KELANCARAN
            Sangat lancar
            Lancar                                            
            Cukup lancar                                25
            Kurang lancar

            Tidak lanca