Saturday 15 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : MAN 2 PAMEKASAN
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X IPS/ 1
Materi Pokok              : Expression of Congratulation and Compliments
Alokasi Waktu            : 3 pertemuan (6 JP)
                         
  1. Kompetensi Inti
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.1 Menjelaskan fungsi sosial memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
3.2.2Menjelaskan struktur memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
3.2.3Menjelaskan unsur kebahasaan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) menanggapinya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.1 Menyajikan dialog dengan tema ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
4.2.2 Menyajikan kartu ucapan selamat
4.2.3 Membuat dialog ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) beserta responnya.
4.2.4 Membuat kartu ucapan.

  1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan Pertemuan Kedua
Setelah mempelajari materi Congratulations, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat serta menanggapinya.
Pertemuan Ketiga
Setelah mempelajari Giving Congratulations selanjutnya mempelajari Giving Compliments, peserta didik dapat mempraktikkan teks interaksi interpersonal yang melibatkan tindakan memberikan memuji bersayap (extended), dan dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur dan unsur kebahasaan teks serta menanggapinya secara lisan dan tertulis dan menyelesaikan beberapa tugas tentang expression of congratulations and compliments.

  1.  Materi Pembelajaran
1.   Giving Congratulations.
2.   Giving Compliments.
3.   Mengerjakan soal-soal dari materi Congratulations and Compliments.
4.   Menganalisis informasi mengenai ungkapan memberi selamat dan memuji, serta menemukan berbagai ungkapan memberi selamat dan memuji.

  1. Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan dalam pembelajaran ini menggunakan Scientific appoach/pendekatan ilmiah dengan langkah-langkah sebagai berikut:  mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan penugasan.

  1. Media, Bahan, dan Alat Pembelajaran
1.      Worksheet, whiteboard, boardmarker, laptop, power point presentation, LCD, dan media yang relevan lainnya.
2.      Buku paket Bahasa Inggris Pathway to English X (General Programme).
3.      Buku Kreatif Bahasa Inggris SMA/MA Kelas X Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO.
4.      Buku Paket Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X semester 1 terbitan Intan Pariwara.
5.      Internet.

  1. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama dan Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
  • Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam perkenalan dan berdoa.
  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  • Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa menemukan konsep tentang ucapan selamat dari berbagai situasi nyata yang dekat dengan kehidupan siswa dan menumbuhkan motivasi internal dalam diri siswa melalui menunjukkan kebergunaan mempelajari teks ucapan selamat dalam kehidupan.
  • Membentuk kelompok/rombongan belajar yang (menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, agama, suku, dll).
10 Menit
Inti
Mengamati
  • Siswa memperhatikan beberapa kalimat yang berisi ucapan selamat berupa percakapan (dialog), serta kartu ucapan.
  • Siswa membacakan dialog ucapan selamat. intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).


Mempertanyakan
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
  • Siswa secara kelompok menjawab pertanyaan sesuai dengan kartu ucapan yang telah diberikan oleh guru yang terdapat tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Mengasosiasi
  • Siswa secara kelompok membandingkan dengan kelompok lain berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
  • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalamkerja kelompok.
Mengkomunikasikan
  • Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
  • Siswa membuat kartu ucapan selamat.
60 Menit
Penutup
  • Siswa dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan tentang pemaparan teks ucapan selamat.
  • Guru memberikan PR berupa beberapa pertanyaan yang terdapat dalam percakapan (dialog).
  • Siswa dipersilakan untuk mempelajari materi selanjutnya.
10    Menit








Pertemuan Ketiga
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
  • Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam perkenalan dan berdoa.
  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  • Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa menemukan konsep tentang ucapan memuji dari berbagai situasi nyata yang dekat dengan kehidupan siswa dan menumbuhkan motivasi internal dalam diri siswa melalui menunjukkan kebergunaan mempelajari teks ucapan selamat dalam kehidupan.
10 Menit
Inti
Mengamati
  • Siswa memperhatikan beberapa penjelasan  dari guru yang berisi materi pokok yaitu materi ucapan memuji.
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ucapan memuji (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
  • Siswa menanya terkait penggunaan ungkapan ucapan memuji bersayap (extended).
Mengeksplorasi
·         Secara individu siswa melakukan activitas pada listening skill, yaitu melihat dan mendengarkan video yang berupa lirik lagu dan secara berpasangan siswa menentukan memuji bersayap (extended).
Mengasosiasi
  • Siswa menyampaikan hasilnya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
Mengkomunikasikan
·         Meminta siswa kedepan untuk menyimpulkan makna atau maksud yang ada di lirik lagu yang telah siswa dengarkan.
60 Menit
Penutup
·         Memeriksa tugas yang telah dikerjakan oleh siswa dan diberi penilaian.
·         Menyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.
10    Menit

  1. Penilaian
1)      Penilaian sikap spiritual dan sosial
a.        Instrument penilaian sikap spiritual (lembar pengamatan terlampir)
b.      Instrument penilaian sikap sosial (lembar pengamatan terlampir)
2)      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis
3)      Penilaian penerapan dilakukan dengan penilaian rubrik.





Pamekasan, 11 September 2018


Guru Pamong                                                              Praktikum



Akhmad Tirmidi, S.Pd                                             Meiliana Retno Wulan
NIP. 197301142007101001                                       NIM. 18201501030102



















CONGRATULATIONS
Expression congratulations are word expressing praise for an achievement or good wishes on a special occasion. It means that an expression that we use to give the congratulations when she or he succeeds in doing something.

Expressions of congratulations
Responses of congratulations
  • May we congratulate you on…
  • I must congratulate you on…
  • I congratulate you on…
  • Please accept my warmest congratulations
  • Congratulations on your…
  • This calls for a celebration.
  • Let me congratulate you
  • I’d like to congratulate you on…
  • Allow me to offer my heartiest congratulations on…
  • I’d like to be first to congratulate you on…
  • Let me say congratulations on….
  • Congratulation!
  • Well done/great job.
  • Good luck.
  • Happy birthday.
  • Many happy returns.
  • Happy new year.
  • Thank you very must
  • That’s very kind of you
  • I don’t know what to say
  • How nice of you to say so.
  • Oh, not really.
  • Oh, it’s nothing special actually
    


















 Task of Congratulations
 
  1. Please translate to Indonesia language!
  2. Write the sender and receiver in greeting card above!
  3. What is the social function, structure and language features in greeting card above?

Dialog
After a long struggle and hard work, Alif is finally appointed director of the national company he works for. Many of his friends who work at the same company congratulate him.
Samuel                        : Alif, congratulations! You deserved it, Man.
            Alif                  : Thank you very much. This is because you always help me.
                Sinta                : I am very happy for you, Alif. Now, that you are the director of the                                     company, I believe the company will develop even faster.
Alif                  : (Replies with happy tone) Thank you. I cannot forget your collaboration     and I will still need your help.

Other friends shake his hands and congratulate him too.
Deni                : That’s wonderful, Alif.
   Alif                  : Oh, thanks.
   Santi                : Good for you for saying so.
   Alif                  : Thank you very much.
   Bejo                 : Well done.
   Alif                  : Thank you for saying so
   Ivan                 : That was great! You must be very proud of your achievement.
   Alif                  : Thanks. I’m glad you think so. But I still have to learn a lot.

   His staff also congratulate him.
   Eny                  : Please accept my warmest congratulations, sir.
   Alif                  : It’s very kind of you to say so. Thank you.
   Bintari             : I must congratulate you on your success.
   Alif                  : Thank you very much for saying so.

They all celebrate Alif’s success by having lunch together at a simple food stall next to    their office. Everybody is happy.

Answers the following questions based on the dialog.
  1. Where does the dialog probably take place?
  2. What is Alif’s achievement?
  3. How many people are there?
  4. What does Alif’s staff say to congratulate him?
  5. How does Alif respond to people’s congratulations?
  6. What do people feel with Alif’s achievement?
  7. What is the social purpose of congratulating people?
  8. What do the speakers do to celebrate Alif’s achievement?














































COMPLIMENTS
A Compliment is a remark expressing admiration, approval, or respect. Giving compliment is telling something nice to or about someone. To compliment means to tell someone that you like the way they look or that you are pleased with something they have done. It is a way of showing that you have noticed and appreciated something about someone or situation.

Compliment for Appearance/ Things Worn
Compliment for Performance
Compliment for Achievement
Responding of Compliment
  • I really like your hair.
  • That’s a lovely dress.
  • You look so beautiful.
  • I think you look good in white.
  • I love your jacket.
  • What a beautiful hat!
  • It looks good on you.
  • You have a beautiful hair.
  • Pretty good.
  • I think you are very great.
  • That was a nice performance.
  • You are really good singer.
  • You are wonderful on the stage.
  • You are doing great. You did great.
  • It’s very interesting.
  • Nice try.
  • Great job
  • You are a great teacher.
  • You are clever.
  • How genius you are!
  • You are really did well.
  • That’s great.
  • Fantastic!
  • Marvelous!
  • That’s nice.
  • That’s not bad.
  • Perfect!
  • Excellent.
  • Thank you/thanks.
  • Thank you so much.
  • Thank you. It is very kind of you to say that.
  • Thank you. Yours is nicer.
  • Thank you, but it isn’t anything special.
  • Yours is nice, too.
  • Do you think so?
  • It’s nice of you to say so.
  • Really? I’m not sure about it, actually.
  • Thanks, I need that.
  • You’ve my day.