RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : MAN 2 PAMEKASAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X IPS/ 1
Materi Pokok : Expression of Congratulation and Compliments
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (6 JP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X IPS/ 1
Materi Pokok : Expression of Congratulation and Compliments
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (6 JP)
- Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended)
serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.2.1
Menjelaskan fungsi sosial memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
3.2.2Menjelaskan
struktur memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
3.2.3Menjelaskan
unsur kebahasaan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
|
4.2
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang
melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
4.2.1
Menyajikan dialog dengan tema ucapan selamat dan memuji bersayap (extended).
4.2.2
Menyajikan kartu ucapan selamat
4.2.3
Membuat dialog ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) beserta responnya.
4.2.4
Membuat kartu ucapan.
|
- Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan Pertemuan Kedua
Setelah mempelajari materi Congratulations, peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks
interaksi interpersonal yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat
serta menanggapinya.
Pertemuan
Ketiga
Setelah mempelajari Giving Congratulations selanjutnya mempelajari Giving
Compliments, peserta didik dapat mempraktikkan teks interaksi interpersonal
yang melibatkan tindakan memberikan memuji bersayap (extended), dan dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur dan
unsur kebahasaan teks serta menanggapinya secara lisan dan tertulis dan menyelesaikan
beberapa tugas tentang expression of congratulations and compliments.
- Materi Pembelajaran
1.
Giving Congratulations.
2.
Giving Compliments.
3.
Mengerjakan soal-soal dari materi Congratulations and
Compliments.
4.
Menganalisis informasi mengenai ungkapan memberi selamat dan
memuji, serta menemukan berbagai ungkapan memberi selamat dan memuji.
- Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan dalam pembelajaran ini
menggunakan Scientific appoach/pendekatan ilmiah dengan langkah-langkah sebagai
berikut: mengamati, menanya, menalar,
mencoba, dan penugasan.
- Media, Bahan, dan Alat Pembelajaran
1.
Worksheet,
whiteboard, boardmarker, laptop, power point presentation, LCD, dan media yang
relevan lainnya.
2.
Buku paket Bahasa Inggris Pathway to English X (General Programme).
3.
Buku Kreatif
Bahasa Inggris SMA/MA Kelas X Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO.
4.
Buku Paket
Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X semester 1 terbitan Intan Pariwara.
5.
Internet.
- Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama dan Pertemuan Kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mempertanyakan
Mengeksplorasi
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
|
60 Menit
|
Penutup
|
|
10 Menit
|
Pertemuan Ketiga
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mempertanyakan
Mengeksplorasi
·
Secara individu siswa melakukan activitas pada listening
skill, yaitu melihat dan mendengarkan video yang berupa lirik lagu dan secara
berpasangan siswa menentukan memuji bersayap (extended).
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
·
Meminta siswa kedepan untuk menyimpulkan makna atau maksud
yang ada di lirik lagu yang telah siswa dengarkan.
|
60 Menit
|
Penutup
|
·
Memeriksa tugas yang telah dikerjakan oleh siswa dan
diberi penilaian.
·
Menyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
- Penilaian
1) Penilaian sikap spiritual dan sosial
a.
Instrument penilaian
sikap spiritual (lembar pengamatan terlampir)
b.
Instrument penilaian sikap sosial (lembar pengamatan
terlampir)
2) Penilaian pengetahuan dilakukan
dengan tes tertulis
3) Penilaian penerapan dilakukan dengan
penilaian rubrik.
Pamekasan,
11 September 2018
Guru
Pamong Praktikum
Akhmad
Tirmidi, S.Pd Meiliana Retno Wulan
NIP. 197301142007101001 NIM.
18201501030102
CONGRATULATIONS
Expression congratulations are word expressing
praise for an achievement or good wishes on a special occasion. It means that
an expression that we use to give the congratulations when she or he succeeds
in doing something.
Expressions
of congratulations
|
Responses
of congratulations
|
|
|
Task of Congratulations
- Please translate to Indonesia language!
- Write the sender and receiver in greeting card above!
- What is the social function, structure and language features in greeting card above?
Dialog
After a long
struggle and hard work, Alif is finally appointed director of the national
company he works for. Many of his friends who work at the same company
congratulate him.
Samuel : Alif, congratulations!
You deserved it, Man.
Alif : Thank you very much. This is because you always help me.
Alif : Thank you very much. This is because you always help me.
Sinta :
I am very happy for you, Alif. Now, that you are the director of the company, I believe the company will develop
even faster.
Alif : (Replies with happy tone) Thank you. I cannot forget your
collaboration and I will still need
your help.
Other friends
shake his hands and congratulate him too.
Deni : That’s wonderful, Alif.
Alif :
Oh, thanks.
Santi : Good for you for saying so.
Alif : Thank you very much.
Bejo : Well done.
Alif : Thank you for saying so
Ivan : That was great! You must be very proud of your achievement.
Alif : Thanks. I’m glad you think so. But I still have to learn a lot.
His staff also congratulate him.
Eny : Please accept my warmest congratulations, sir.
Alif : It’s very kind of you to say so. Thank you.
Bintari : I must congratulate you on your success.
Alif : Thank you very much for saying so.
They all celebrate Alif’s success by having lunch together at a simple food stall next to their office. Everybody is happy.
Santi : Good for you for saying so.
Alif : Thank you very much.
Bejo : Well done.
Alif : Thank you for saying so
Ivan : That was great! You must be very proud of your achievement.
Alif : Thanks. I’m glad you think so. But I still have to learn a lot.
His staff also congratulate him.
Eny : Please accept my warmest congratulations, sir.
Alif : It’s very kind of you to say so. Thank you.
Bintari : I must congratulate you on your success.
Alif : Thank you very much for saying so.
They all celebrate Alif’s success by having lunch together at a simple food stall next to their office. Everybody is happy.
Answers the following questions based on the dialog.
- Where does the dialog probably take place?
- What is Alif’s achievement?
- How many people are there?
- What does Alif’s staff say to congratulate him?
- How does Alif respond to people’s congratulations?
- What do people feel with Alif’s achievement?
- What is the social purpose of congratulating people?
- What do the speakers do to celebrate Alif’s achievement?
COMPLIMENTS
A Compliment is
a remark expressing admiration, approval, or respect. Giving compliment is
telling something nice to or about someone. To compliment means to tell someone
that you like the way they look or that you are pleased with something they
have done. It is a way of showing that you have noticed and appreciated
something about someone or situation.
Compliment for Appearance/ Things
Worn
|
Compliment for Performance
|
Compliment for Achievement
|
Responding of Compliment
|
|
|
|
|