Tuesday 2 October 2018

Perencanaan




Perencanaan adalah sebuah proses yang dimulai dan penetapan tujuan organisasi, menentukan strategi untuk pencapaian tujuan organisasi tersebut secara menyeluruh, serta merumuskan sistem perencanaanyang menyeluruh bentuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh pekerjaan organisasi hingga tercapainya tujuan organisasi.
Untuk mengetahui baik buruknya perencanaan dapat dijawab melalui pertanyaan-pertanyaan berikut
  • What apa yang sesungguhnya yang menjadi tujuan perusahaan dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu
  • Why mengapa tujuan tersebut harus dicapai dan menyapa kegiatan yang ter rumuskan dalam jawaban atas pertanyaan what perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Where di mana kita tersebut akan dilaksanakan
  • When kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan dan kapan kegiatan tersebut harus dimulai dan diakhiri
  • Who dengan siapa yang akan melaksanakannya
  • How terkait dengan bagaimana cara yang harus dilakukan untuk melakukan kegiatan tersebut.
Fungsi perencanaan
Perencanaan sebagai pengarah. Perencanaan akan menghasilkan upaya untuk meraih sesuatu dengan cara yang lebih terkoordinasi.
Perencanaan sebagai minimalisasi ketidakpastian. Pada dasarnya segala sesuatu di dunia ini akan mengalami perubahan tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri.
Perencanaan sebagai minimalisasi pemborosan sumber daya. Jika perencanaan dilakukan dengan baik maka jumlah sumber daya yang diperlukan dengan cara bagaimana penggunaannya dan untuk menggunakan apa saja dengan lebih baik dipersiapkan sebelum kegiatan dijalankan dengan demikian pemborosan yang terkait dengan penggunaan sumber daya yang dimiliki perusahaan akan bisa di minimal kan sehingga tingkat efisiensi dan perusahaan menjadi meningkat.
Perencanaan sebagai penetapan standar dan pengawasan kualitas.
Persyaratan perencanaan.
Faktual atau realitas. Artinya apa yang dirumuskan oleh perusahaan sesuai dengan fakta dan wajar untuk dicapai dalam kondisi tertentu yang dihadapi perusahaan
Logis dan rasional artinya apa yang dirumuskan dapat diterima oleh akal dan oleh sebab itu maka perencanaan tersebut bisa dijalankan.
Fleksibel. Perencanaan yang baik juga tidak berarti kaku dan kurang fleksibel. Perencanaan yang baik justru diharapkan tetap dapat beradaptasi dengan perubahan di masa yang akan datang sekalipun tidak berarti bahwa planning dapat kita ubah seenaknya
Komitmen perencanaan yang baik harus merupakan dan melahirkan komitmen terhadap seluruh anggota organisasi untuk bersama-sama berupaya mewujudkan tujuan organisasi.
Komprehensif. Artinya menyeluruh dan mengakomodasi aspek-aspek yang terkait langsung maupun tak langsung terhadap perusahaan.
Pengertian strategis. Adalah sebagai rencana komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi. Tak hanya sekedar mencapai akan tetapi strategi juga dimaksudkan untuk mempertahankan keberlangsungan organisasi di lingkungan di mana organisasi tersebut menjelaskan aktivitasnya.
Komponen strategi
Kompetensi yang berbeda. Sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan di mana perusahaan melakukannya dengan baik dibandingkan dengan perusahaan lainnya.
Ruang lingkup. Adalah lingkungan di mana organisasi atau perusahaan tersebut beraktifitas. Lokal regional atau internasional adalah salah satu tokoh beruang lingkup dari kegiatan organisasi
Distribusi sumber daya. Adalah bagaimana sebuah perusahaan memanfaatkan dan mendistribusikan sumber daya yang dimilikinya dalam menerapkan strategi perusahaan.
Jenis strategi
Pertama strategi pada tingkat perusahaan. Dilakukan perusahaan sehubungan dengan persaingan antar perusahaan dalam sektor bisnis yang dijalankan nya secara keseluruhan.
Kedua strategi pada tingkat bisnis. Alternatif strategi yang dilakukan oleh perusahaan sehubungan dengan persaingan bisnis yang dijalankan nya pada beberapa jenis bisnis yang diperdagangkan.
Ketiga strategi pada tingkat fungsional. Iklan yang berganti-ganti.
Melakukan manajemen strategis
Penyusunan strategi.
Penilaian keperluan penyusunan strategi. Sebelum strategi disusun, perlu ditanyakan terlebih dahulu apakah memang penyusunan strategi baik strategi baru maupun perubahan strategi perlu untuk menemukan atau tidak.
Analisis situasi. Perusahaan perlu melakukan analisis mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh organisasi sekaligus juga menganalisis peluang dan tantangan yang dihadapi oleh organisasi.
Pemilihan strategi.
Proses manajemen strategis.
Perencana strategis. Proses ini mencakup dari mewarnai penentuan tujuan sebagaimana yang pernah di perangkat dalam bab mengenai perencanaan hingga penyusunan strategi sebagaimana telah diuraikan pada bagian sebelumnya
Implentasi srategi