Saturday, 16 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Sekolah                             : MA NURUL ULUM
Mata Pelajaran                  : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester                 : X MA
Materi Pokok                    : CARA MENYAMPAIKAN BERITA YANG BAIK DAN BENAR
Alokasi Waktu                  : 2 X 40Menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,   menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
3.1.1

3.1.2




Menjelaskan pengertian usur-unsur berita
Menemukan unsur-unsur dalam teks berita
4.1
Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
4.1.1

4.1.2
4.1.3
Menjawab pertanyaan tentang isi berita
Menyimpulkan isi teks berita
Menanggapi isi teks berita


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks berita, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan pengertian unsur-unsur  berita
2.    menemukan unsur-unsur berita dalam teks berita secara benar .
D.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian teks berita
2.      Unsur-unsur teks berita
E.       METODE/MODEL PEMBELAJARAN
-          Saintifik
F.       MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media:
koran
2.      Bahan :
a. Video berita “Prabowo mengunjungi pondok pesantren darussalam
3.      Sumber belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas X. Draf. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Pertama
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru memberikan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat-lima orang.
-       Siswa membaca teks berita secara berkelompok (literasi)
-       Setiap kelompok mengidentifikasi isi teks berita.
-   Siswa menuliskan informasi dari isi teks berita.
-     Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan tentang isi teks berita yang akan dijawab oleh kelompok lain.
-       Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain, kemudian mengembalikan pada yang kelompok yang membuat soal.
-       Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain.
-       Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
-       Secara perseorangan siswa menyimpulkan isi teks berita.
-       Dalam kelompok masing-masing siswa saling menukarkan simpulan isi teks berita dan saling menanggapi simpulan.
60’
Penutup
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa menerima tugas dari guru, 
-       Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha esa.
10’


H.      PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN   

1.    Teknik Penilaian
a.         Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b.        Pengetahuan
1)        Tes tertulis (Uraian)
2)        Penugasan (Lembar Kerja)
3)        Tes Lisan
c.         Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2.   Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•    pembelajaran ulang
•    bimbingan perorangan
•    belajar kelompok
•    pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3.   Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.


Guru pamong Bahasa Indonesia
Sudirman Hala S, Pd

Guru Mata Pelajaran
                                                        Ainul Yaqin s
Mengetahui,
Kepala sekolah
Moh Marzuqi S, Pd















Jawablah pertanyaan di bawah ini
1.      Kapan prabowo mengunjungi pesantren darussalam.
2.      Bagaimana respon masyarakat tentang kehadiran prabowa subianto
3.      Mengapa indonesia salah arah
4.      Dimana prabowo berkampanye
5.      Apa yang menyebabkan indonesia salah arah
6.      Siapa yang mengunjungi kepondok pesantren darussalam
Kunci jawaban
1.      Tanggal 9 maret 2019
2.      Sangat antosias
3.      Kekayaan indonesia yang di bawa keluar negri
4.      Pondok pesantren darussalam
5.      Kekayaan bangsa telah di ambil

6.      Prabowo subianto