Saturday 23 March 2019

Sulit disiplin dan sering telat


Sulit disiplin dan sering telat
Ali adalah kelas 3 SMA, dari kelas 1 SMA ali sudah terkenal sering telat namun tidak pernah bolos. Semua guru sering dibikin kesal oleh ali karena berjaji tiadak akan mengulangi kebiasaan buruknya namun tetap saja berlangsung sampai kelas 3. Alasan ali sering terlambat adalah tidak ada yang mengingatkan ali untuk bangun pagi karena ali tinggal di KOS. Selain itu, ali mempunyain kebiasaan buruk yaitu sulit tidur di malam hari (insommia) sebentar lagi ali akan menghadapi ujian semester dan persiapan memasuki UN. Untuk itu ali di haruskan bangun pagi untuk datang ke sekolah dan belajar mempersiapkan UN.
Pertanyaan:
Sebagai guru BK usaha apa yang akan anda lakukan untuk membantu permasalahan ali?
Jawaban:
Kedisiplinan memang sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik serta akan memberikan kenyamanan bagi siswa. Disiplin bisa dilakukan dari hal yang mudah yaitu displin dengan datang kesekolah tepat waktu. Akan tetapi, masih banyak siswa yang melanggar kedisplinan salah satunya yaitu siswa datang terlambat kesekolah. Untuk itu, sebagai guru BK harus mencegah permasalahan tersebut dengan berbagai usaha agar siswa tidak terlambat lagi. Usaha yang harus dilakukan yaitu;
1.      Siswa yang terlambat langsung dipertemukan dengan guru BK dan ditanyakan sebab keterlambatannya, guru BK memantau siswa tersebut.
2.      Melakukan layanan konseling individual pendekatan behavioristik dengan teknik shaping
Salah satu layanan bimbingan dan konseling yaitu konseling individual, yang dimana suatu proses yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang konselor kepada individu yang memiliki masalah yang berkelanjutan untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi untuk memandirikan diri klien. Digunakannya layanan konseling individual ini karena akar dari permasalahan siswa datang terlambat itu dari individu masing-masing. Konseling individual memiliki beberapa macam pendekatan yang dapat digunakan untuk usaha penanganan kasus yang di hadapi klien. Konseling individual melalui pendekatan behavioristik paling sesuai untuk mengatasi permasalahan siswa yang datang terlambat. Pendekatan behavioristik ini lebih fokus pada perilaku individu. Pendekatan ini digunakan untuk menyelesaikan masalah tingkah laku yang ditimbulkan oleh dorongan dari dalam dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup yang dilakukan melalui proses belajar agar orang tersebut bisa bertindak dan bertingkah laku lebih efektif dan efisien. Dari pendekatan ini siswa bisa belajar dari tingkah laku yang negatif atau kebiasaan-kebiasaan yang negatif bisa berubah menjadi ke tingkah laku yang positif. Teknik yang digunakan dalam pendekatan behavioristik yaitu teknik shaping. Karena didalam teknik shaping terdapat reinforcement (penguatan) untuk memunculkan dan mengembangkan perilaku yang diinginkan. Perilaku yang diinginkan yaitu datang tepat waktu kesekolah. Shaping ini memungkinkan kita untuk memunculkan perilaku baru dengan memulai penguatan pada perilaku yang sudah dimiliki seseorang akan berkembang menjadi bentuk respon yang secara bertahap berubah menuju perilaku yang diingkinkan.
3.      Mengakrabi siswa yang bermasalah, setelah akrab baru memberikan nasehat-nasehat yang baik.
Jika mempunyai siswa yang sering terlambat datang kesekolah, guru BK harus mengakrabi siswa sehingga siswa merasa nyaman dengan gurunya, baru diberikan nasehat-nasehat yang baik.
4.      Bekerja sama dengan guru kelas untuk menetapkan aturan dan memantau siswa tersebut.
5.      Bekerja sama dengan orang terdekatnya
Ali harus bisa bekerja sama dengan orang terdekatnya seperti teman dekatnya/ teman sekamarnya minta bantuan untuk dibangunin pagi hari agar tidak terlambat kesekolah. Dengan meminta bantuan kepada teman dekat, kemungkinan Ali tersebut bisa bangun dipagi hari. Misal: tolong bangunin saya jam 05.00, kalau saya belum bangun kalian bisa menyiram saya dengan air atau dengan cara yang lain. dan bisa menyuruh teman untuk menelponnya.
6.      Setiap mau tidur diharuskan untuk memasangkan Alarm

Setidaknya Ali diharuskan memasangkan alarm agar bangun pagi. Tetapi, cara mengatur waktu alarmnya harus jauh sebelum waktu untuk mandi. Misal: jika waktu mandinya jam 05.30 sebaiknya mengatur waktunya jam 05.00 . Agar siswa bisa mengerjakan aktivitas lainnya dan tidak terburu-buru dalam persiapan berangkat kesekolahnya.