Monday, 16 May 2016

PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TILAWATI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUD DHALAM NYALABU DAYA PAMEKASAN




PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TILAWATI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUD DHALAM NYALABU DAYA PAMEKASAN


PROPOSAL



Oleh
KHAIRUL AHMADI
NIM. 180 911 235












 


















PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2016
HALAMAN PERSETUJUAN



Proposal  berjudul Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan, yang disusun oleh Khairul Ahmadi telah disetujui dan siap untuk mengikuti ujian proposal

















                                                Pamekasan, 12 April 2016
                                    Pembimbing




                                                            Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag. 
                                                                        NIP . 19690215 1997031 005




HALAMAN PENGESAHAN



Proposal berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di TamanKanak-Kanak Nurud Dhalan Nyalabu Daya Pamekasan telah di uji dan di revisi


Di Susun Oleh

Khairul Ahmadi
 NIM. 180 911 235

Telah disetujui tanggal 4 Mei 2016













Mengetahui


Dosen Pembimbing                                         Dosen Penguji



Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag.               Dr. H.  Zainuddin Syarif , M.Ag  NIP. 196902151997031005                                                                                        NIP.107207092005011002









KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bismillahirrahmanirrahim

Dengan mengucapkan rasa puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal skripsi yang berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita, insan tauladan kita yaitu baginda Nabi Muhammad saw, para keluarga, shahabat dan para pengikutnya, yang telah membawa petunjuk kebenaran bagi seluruh umat manusia yaitu dengan adanya Islam dan yang kita harapkan hanya syafa’atnya di dunia dan di akhirat.
Dengan segala kekurangan, kelemahan serta keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh penulis, maka penulis sangat mengharapkan adanya kontribusi pemikiran dari semua pihak demi kesempurnaan proposal ini.
Dan akhirnya, semoga proposal ini dapat memberikan manfa’at utamanya kepada penulis sendiri maupun pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaiku m Wr. Wb

Pamekasan, 07 April 2016

Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ………………………………………………         i
HALAMAN PERSETUJUAN ………………………………………         ii
HALAMAN PENGESAHAN ……………………….………………         iii
KATA PENGANTAR ……………………………………………….         iv
DAFTAR ISI …………………………………………………………         v
A.    Judul Proposal …………………………………………………        1
B.     Konteks Penelitian……………………………………………          1
C.     Fakus Penelitian………………………………………………          4
D.    Tujuan Penelitian…………………………………………….           4
E.     Kegunaan Penelitian……………………………………………       4
F.      Definisi Istilah            ………………………………………………….       6
G.    Kajian Pustaka…………………………………………………        7
1.    Tinjauan Tentang Pembelajaran ……………………………         7
a.       Definisi Pembelajaran…………………………………         7
b.      Prinsip-Prinsip Pembelajaran………………………….          9
c.       Strategi dan Metode Pembelajaran……………………         13       
d.      Pembelajaran Al-Qur’an ………………………………         14
e.       Tujuan Pembelajaran Al-Qur’an………………………          15
2.      Metode Tilawati …………………………………………          16
a.       Pengertian Metode Tilāwatī……………………………        16
b.      Target Pembelajaran Tilāwatī …………………………         18
c.       Tujuan Metode Tilāwati ………………………………         20
d.      Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati ……        21
H.    Kajian Penelitian Terdahulu. …………………………………          28
I.       Metode Penelitian ………………………………………….................. 30
1.         Pendekatan dan Jenis Penelitian ………………………............ 30
2.         Kehadiran Peneliti ...................................................................... 30
3.         Lokasi Penelitian ........................................................................ 31
4.         Sumber Data .............................................................................. 31
5.         Prosedur Pengumpulan Data ...................................................... 32
6.         Tehnik Analisis Data................................................................... 35
7.         Pengecekan Keabsahan Data ..................................................... 35
8.         Tahapan-tahapan Penelitian ....................................................... 37
DAFTAR PUSTAKA





PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TILAWATI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUD DHALAM NYALABU DAYA PAMEKASAN


PROPOSAL



Oleh
KHAIRUL AHMADI
NIM. 180 911 235











 


















PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2016
HALAMAN PERSETUJUAN



Proposal  berjudul Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan, yang disusun oleh Khairul Ahmadi telah disetujui dan siap untuk mengikuti ujian proposal

















                                                Pamekasan, 12 April 2016
                                    Pembimbing




                                                            Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag. 
                                                                        NIP . 19690215 1997031 005




HALAMAN PENGESAHAN



Proposal berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di TamanKanak-Kanak Nurud Dhalan Nyalabu Daya Pamekasan telah di uji dan di revisi


Di Susun Oleh

Khairul Ahmadi
 NIM. 180 911 235

Telah disetujui tanggal 4 Mei 2016













Mengetahui


Dosen Pembimbing                                         Dosen Penguji



Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag.               Dr. H.  Zainuddin Syarif , M.Ag  NIP. 196902151997031005                                                                                        NIP.107207092005011002









KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bismillahirrahmanirrahim

Dengan mengucapkan rasa puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal skripsi yang berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita, insan tauladan kita yaitu baginda Nabi Muhammad saw, para keluarga, shahabat dan para pengikutnya, yang telah membawa petunjuk kebenaran bagi seluruh umat manusia yaitu dengan adanya Islam dan yang kita harapkan hanya syafa’atnya di dunia dan di akhirat.
Dengan segala kekurangan, kelemahan serta keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh penulis, maka penulis sangat mengharapkan adanya kontribusi pemikiran dari semua pihak demi kesempurnaan proposal ini.
Dan akhirnya, semoga proposal ini dapat memberikan manfa’at utamanya kepada penulis sendiri maupun pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaiku m Wr. Wb

Pamekasan, 07 April 2016

Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ………………………………………………         i
HALAMAN PERSETUJUAN ………………………………………         ii
HALAMAN PENGESAHAN ……………………….………………         iii
KATA PENGANTAR ……………………………………………….         iv
DAFTAR ISI …………………………………………………………         v
A.    Judul Proposal …………………………………………………        1
B.     Konteks Penelitian……………………………………………          1
C.     Fakus Penelitian………………………………………………          4
D.    Tujuan Penelitian…………………………………………….           4
E.     Kegunaan Penelitian……………………………………………       4
F.      Definisi Istilah            ………………………………………………….       6
G.    Kajian Pustaka…………………………………………………        7
1.    Tinjauan Tentang Pembelajaran ……………………………         7
a.       Definisi Pembelajaran…………………………………         7
b.      Prinsip-Prinsip Pembelajaran………………………….          9
c.       Strategi dan Metode Pembelajaran……………………         13       
d.      Pembelajaran Al-Qur’an ………………………………         14
e.       Tujuan Pembelajaran Al-Qur’an………………………          15
2.      Metode Tilawati …………………………………………          16
a.       Pengertian Metode Tilāwatī……………………………        16
b.      Target Pembelajaran Tilāwatī …………………………         18
c.       Tujuan Metode Tilāwati ………………………………         20
d.      Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati ……        21
H.    Kajian Penelitian Terdahulu. …………………………………          28
I.       Metode Penelitian ………………………………………….................. 30
1.         Pendekatan dan Jenis Penelitian ………………………............ 30
2.         Kehadiran Peneliti ...................................................................... 30
3.         Lokasi Penelitian ........................................................................ 31
4.         Sumber Data .............................................................................. 31
5.         Prosedur Pengumpulan Data ...................................................... 32
6.         Tehnik Analisis Data................................................................... 35
7.         Pengecekan Keabsahan Data ..................................................... 35
8.         Tahapan-tahapan Penelitian ....................................................... 37
DAFTAR PUSTAKA