PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN
METODE TILAWATI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUD DHALAM NYALABU DAYA PAMEKASAN
PROPOSAL
Oleh
KHAIRUL AHMADI
NIM. 180 911 235
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN
2016
HALAMAN PERSETUJUAN
Proposal berjudul Penerapan Pembelajaran
Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya
Pamekasan, yang disusun oleh Khairul Ahmadi telah disetujui dan siap untuk
mengikuti ujian proposal
Pamekasan,
12 April 2016
Pembimbing
Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag.
NIP
. 19690215 1997031 005
HALAMAN
PENGESAHAN
Proposal berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode
Tilawati Di TamanKanak-Kanak Nurud Dhalan Nyalabu Daya Pamekasan telah di uji
dan di revisi
Di Susun Oleh
Khairul Ahmadi
NIM. 180 911 235
Telah disetujui tanggal 4 Mei 2016
Mengetahui
Dosen Pembimbing Dosen Penguji
Dr. H. M. Muchlis Solichin,
M.Ag. Dr.
H. Zainuddin Syarif , M.Ag NIP. 196902151997031005 NIP.107207092005011002
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan mengucapkan rasa puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan proposal
skripsi yang berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode
Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah
limpahkan kepada junjungan kita, insan tauladan kita yaitu baginda Nabi
Muhammad saw, para keluarga, shahabat dan para pengikutnya, yang telah membawa petunjuk
kebenaran bagi seluruh umat manusia yaitu dengan adanya Islam dan yang
kita harapkan hanya syafa’atnya di dunia dan di akhirat.
Dengan segala kekurangan, kelemahan serta keterbatasan ilmu yang
dimiliki oleh penulis, maka penulis sangat mengharapkan adanya kontribusi
pemikiran dari semua pihak demi kesempurnaan proposal ini.
Dan akhirnya, semoga proposal ini dapat
memberikan manfa’at utamanya kepada penulis sendiri maupun pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaiku m Wr. Wb
Pamekasan, 07 April 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ……………………………………………… i
HALAMAN
PERSETUJUAN ……………………………………… ii
HALAMAN
PENGESAHAN ……………………….……………… iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………. iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………… v
A. Judul Proposal ………………………………………………… 1
B. Konteks Penelitian…………………………………………… 1
C. Fakus Penelitian……………………………………………… 4
D. Tujuan Penelitian……………………………………………. 4
E. Kegunaan Penelitian…………………………………………… 4
F. Definisi Istilah …………………………………………………. 6
G. Kajian Pustaka………………………………………………… 7
1.
Tinjauan
Tentang Pembelajaran …………………………… 7
a.
Definisi
Pembelajaran………………………………… 7
b.
Prinsip-Prinsip
Pembelajaran…………………………. 9
c.
Strategi
dan Metode Pembelajaran…………………… 13
d.
Pembelajaran
Al-Qur’an ……………………………… 14
e.
Tujuan Pembelajaran
Al-Qur’an……………………… 15
2.
Metode
Tilawati ………………………………………… 16
a.
Pengertian Metode Tilāwatī…………………………… 16
b.
Target Pembelajaran Tilāwatī ………………………… 18
c.
Tujuan Metode Tilāwati ……………………………… 20
d.
Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati …… 21
H.
Kajian Penelitian Terdahulu. ………………………………… 28
I.
Metode Penelitian ………………………………………….................. 30
1.
Pendekatan
dan Jenis Penelitian ………………………............ 30
2.
Kehadiran
Peneliti ...................................................................... 30
3.
Lokasi
Penelitian ........................................................................ 31
4.
Sumber
Data .............................................................................. 31
5.
Prosedur
Pengumpulan Data ...................................................... 32
6.
Tehnik Analisis Data................................................................... 35
7.
Pengecekan
Keabsahan Data ..................................................... 35
8.
Tahapan-tahapan
Penelitian ....................................................... 37
DAFTAR
PUSTAKA
PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN
METODE TILAWATI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUD DHALAM NYALABU DAYA PAMEKASAN
PROPOSAL
Oleh
KHAIRUL AHMADI
NIM. 180 911 235
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN
2016
HALAMAN PERSETUJUAN
Proposal berjudul Penerapan Pembelajaran
Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya
Pamekasan, yang disusun oleh Khairul Ahmadi telah disetujui dan siap untuk
mengikuti ujian proposal
Pamekasan,
12 April 2016
Pembimbing
Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag.
NIP
. 19690215 1997031 005
HALAMAN
PENGESAHAN
Proposal berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode
Tilawati Di TamanKanak-Kanak Nurud Dhalan Nyalabu Daya Pamekasan telah di uji
dan di revisi
Di Susun Oleh
Khairul Ahmadi
NIM. 180 911 235
Telah disetujui tanggal 4 Mei 2016
Mengetahui
Dosen Pembimbing Dosen Penguji
Dr. H. M. Muchlis Solichin,
M.Ag. Dr.
H. Zainuddin Syarif , M.Ag NIP. 196902151997031005 NIP.107207092005011002
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan mengucapkan rasa puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan proposal
skripsi yang berjudul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode
Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah
limpahkan kepada junjungan kita, insan tauladan kita yaitu baginda Nabi
Muhammad saw, para keluarga, shahabat dan para pengikutnya, yang telah membawa petunjuk
kebenaran bagi seluruh umat manusia yaitu dengan adanya Islam dan yang
kita harapkan hanya syafa’atnya di dunia dan di akhirat.
Dengan segala kekurangan, kelemahan serta keterbatasan ilmu yang
dimiliki oleh penulis, maka penulis sangat mengharapkan adanya kontribusi
pemikiran dari semua pihak demi kesempurnaan proposal ini.
Dan akhirnya, semoga proposal ini dapat
memberikan manfa’at utamanya kepada penulis sendiri maupun pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaiku m Wr. Wb
Pamekasan, 07 April 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ……………………………………………… i
HALAMAN
PERSETUJUAN ……………………………………… ii
HALAMAN
PENGESAHAN ……………………….……………… iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………. iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………… v
A. Judul Proposal ………………………………………………… 1
B. Konteks Penelitian…………………………………………… 1
C. Fakus Penelitian……………………………………………… 4
D. Tujuan Penelitian……………………………………………. 4
E. Kegunaan Penelitian…………………………………………… 4
F. Definisi Istilah …………………………………………………. 6
G. Kajian Pustaka………………………………………………… 7
1.
Tinjauan
Tentang Pembelajaran …………………………… 7
a.
Definisi
Pembelajaran………………………………… 7
b.
Prinsip-Prinsip
Pembelajaran…………………………. 9
c.
Strategi
dan Metode Pembelajaran…………………… 13
d.
Pembelajaran
Al-Qur’an ……………………………… 14
e.
Tujuan Pembelajaran
Al-Qur’an……………………… 15
2.
Metode
Tilawati ………………………………………… 16
a.
Pengertian Metode Tilāwatī…………………………… 16
b.
Target Pembelajaran Tilāwatī ………………………… 18
c.
Tujuan Metode Tilāwati ……………………………… 20
d.
Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati …… 21
H.
Kajian Penelitian Terdahulu. ………………………………… 28
I.
Metode Penelitian ………………………………………….................. 30
1.
Pendekatan
dan Jenis Penelitian ………………………............ 30
2.
Kehadiran
Peneliti ...................................................................... 30
3.
Lokasi
Penelitian ........................................................................ 31
4.
Sumber
Data .............................................................................. 31
5.
Prosedur
Pengumpulan Data ...................................................... 32
6.
Tehnik Analisis Data................................................................... 35
7.
Pengecekan
Keabsahan Data ..................................................... 35
8.
Tahapan-tahapan
Penelitian ....................................................... 37
DAFTAR
PUSTAKA