PENGARUH PERHATIAN
ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLIAN SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM
KRAMAT TLANAKAN
PAMEKASAN
SKRIPSI
Diajukan Kepada
Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya
Untuk memenuhi
Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan
Program Sarjana
Strata satu (S1) Ilmu Pendidikan Agama
Oleh :
NURAINI
NIM/NIMKO :
2014870270797/2014.4.087.0027.1.00071
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM (STAI)
YAYASAN PENDIDIKAN
BHAKTI WANITA ISLAM (YPBWI)
SURABAYA
APRIL 2016
HALAMAN PERSETUJUAN
Kepada
Yth, ketua STAI YPBWI
Surabaya
Assalamualaikum Wr. Wb
Bersama
ini kami mengajukan bahwa setelah membaca, meneliti memberi petunjuk dan
mengadakan perbaikan, maka skripsi dari :
Nama :
NURAINI
Nim :
2014.4870.270.797
Nimko :
2014.4.087.0027.1.00071
Jurusan :
PAI
Judul :Pengaruh Perhatian Orang Tua
Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI. Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan.
Telah
memenuhi syarat untuk diajukan dalam munagosyah Skripsi sesuai dengan waktu
yang telah diprogramkan
Demikian
atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih wassalamualaikum Wr. Wb
Surabaya, 13 Mei
2016
Drs.
H. Kaswandi, M. Pd
HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi berjudul
“Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap
Kedisiplinan Siswa
Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan” disusun Oleh
Nuraini Telah,dipertahankan di depan dewan penguji Skripsi Pada Tanggal 13 Mei
2016, dan diterima untuk memenuhi sebagian
syarat-syarat guna
memperoleh gelar Serjana Agama Islam
Mengesahkan :
Ketua Sekolah
Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya
Drs.TOHA
MACHSUN, M.Pd.I
NIP.
..............................................
Dewan Penguji :
- Drs. H. Kawandi, M. Pd. (Ketua) ( )
- Drs. H. Yoyon Mujiono, M. Si (Sekretaris) ( )
- Dra. Hj. Muamaroh Hamim, M. Pd. (Penguji) ( )
MOTO
MOTTO :
TIGA KATA
ONE FOR ALL
HALAMAN PERSEMBAHAN
Kupersembahkan special
buah penaku ini kepada :
Pertama, ayahanda tercinta
(Kholilurrohman) dan Ibunda terkasih (Jatim)
Kedua, Suamiku
ter...sayang yang selalu memberi perhatian dan kasih sayang
Ketiga, saudara-saudariku
yang kuncinta sayangi
Keempat, dosen-dosenku
yang membimbigku, semoga menjadi amal shaleh
Kelima, al-mamaterku
tercinta
Dan yang terakhir all
civitas akademika STAI YPBWI Surabaya
ABSTRAK
Nuraini, 2016, Pengaruh
Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidika Agama Islam, Program Strata Satu (S1) STAI YPBWI
Surabaya. Pembimbing. Drs. H. Kaswandi, M. Pd.
Kata-kata kunci : Perhatian
orang tua, kedisiplinan siswa.
Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang
tentang pentingnya perhatian orang tua dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
pendidikan agama islam. Partisipasi dan peran serta orang tua dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam sangat besar
manfaatnya dalam mengantarka anak didik pada pencapaian tujuan pendidikan islam
dan tujuan pendidikan nasioanal. Dalam hal ini penulis perlu mengemukakan
indikator-indikator yang dipandang penting sebagai tolak ukur pelaksanaan
penelitian, seperti merumuskan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah (1) Apa
sajakah pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MI.
Miftahul Ulum Kramat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan? (2) adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap
kedisiplinan siswa di MI Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan? (3) seberapa
besar pengaruh perhatuan orang tua terhadap kedisplina siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan? Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada dan seberapa besar pengaruh perhatian orang tua
terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat
Tlanakan Pamekasan.
Pada bagian berikutnya penulis perlu melengkapi kajian
pustaka untuk memperkaya wawasan baik bagi peneliti sendiri maupun bagi para
pembaca yang dimaksudkan untuk mempermudah penulis dan pembaca dalam mengkaji
serta memahami isi skripsi ini, sehingga diharapkan para pembaca dengan mudah
dapat memberikan respond da pertimbangan pemikiran terhadap temuan-temuan
penelitian, disamping untuk penemuan konsep baru. Landasan teori dalam skripsi
ini difokuskan pada kajian tentang subtansi perhatian orang tua dan kualitas
pembelajaran pendidikan agama islam yang meliputi pengertian, faktor-faktor apa
saja yang mempengaruhi serta usaha-usaha yang perlu dilakukan.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian
sampel. Untuk mempermudah bagi peneliti dalam melaksanakan penelitian, maka ada
studi pendekatan yang digunakan oleh peneliti, misalnya membuat rancagan
penelitian, penentuan sampel “Proportional Stratified Random Sampling” menyusun
instrumen angket sebagai teknik primer dalam penggalian data yang ditambah
dengan teknik-teknik lain (teknik skunder) sebagai pelengkap validitas data
temuan penelitian seperti teknik dokumentasi, observasi, dan interview, juga
tentang teknik analisisi data denga teknik analisis statistik “Product
Moment”.
Dari seluruh isi skripsi kemudian peneliti memberikan
kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, yaitu
bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum kramat Tlanakan Pamekasan, sedangkan pengaruh
perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Ulum Kramat Tlanakan pamekasan dalah rendah, sekaligus memberikan saran kepada
pihak-pihak yang terkait dengan variabel-variabel yang telah diteliti. Sehingga
usaha-usaha yang perlu dilakukan harus lebih luas dengan melibatkan pihak-pihak
yang terkait dengan variabel-variabel yang telah diteliti.
Untuk menunjukka kualitas skripsi ini, maka penulis perlu
menunjukkan validitas temuan dan kreteria sikap ilmiyah peneliti, sehingga pada
bagian berikutnya peneliti melengkapi skripsi ini dengan beberapa lampiran yang
dipandang penting sebagai bukti konkrit terhadap objektifitas pelaksanaan
penelitian.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmaanirrahiim
Segala puji dan syukur
bagi Allah SWT, serta shalawat dan salam senantiasa penulis haturkan kepada
Rasulullah SAW, keluarga, dan sahabatnya.
Selanjutnya penulis haturkan banyak terima kasih kepada :
1.
Allah SWT. Tuhan Semesta Alam, yang telah
memberikan jalan yang baik atas setiap usaha yang dilakukan oleh penulis.
2.
Bpk Drs. Toha Machsun, M.Pd.I Selaku Ketua STAI
YPBWI Surabaya.
3.
Bapak Drs. H. Kaswadi, M. Pd., selaku pembimbimg
dari penulisan skripsi ini, atas segala bimbingan, arahan, petunjuk yang telah
diberikan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dengan
sempurna.
4.
Kepala dan dewan guru MI. Miftahul Ulum Kramat
Tlanakan Pamekasan, yang telah memberikan stimulus kepada penulis ingga
rampungnya skripsi ini, semoga Allah memberikan balasan yang berlipat ganda
atas amal baik dan keiklasannya yang telah diberikan. Amin, Yaa rabbal alamin. Dalam
penulisan skripsi ini penulis sadari masih banyak kekurangan. Oleh karena itu,
adanya saran, dan kritik konstruktif sangat penulis harapakan demi lebih
baiknya kualitas karya ilmiyah selanjutnya. Semoga penulisan skripsi ini dapat
bermanfaat dan sebagai amal ibadah. Amin Yaa rabbal Alamin.
Pamekasan, Mei
2016
NURAINI
DAFTAR
ISI
COVER/SAMPUL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING …….…………………… i
HALAMAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI ...................................... ii
MOTTO ..................................................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN ............................................................... iv
ABSTRAK ................................................................................................ v
KATA PENGANTAR .............................................................................. vi
DAFTAR ISI
............................................................................................ vii
BAB I PENDAHULUAN
....................................................................... 1
A.
Latar Belakang Masalah …………........................…………….. 1
B.
Fokus Penelitian …..……………………............……………… 9
C.
Tujuan penelitian ……………………….............……………… 9
D.
Maafaat Penelitian …...…………………………..............…….. 10
E.
Definisi Oprasional ……………........…….................................. 10
F.
Hipotesa ……...................……………………………................ 11
G.
Sistematika Pembahasan ........………………………….............. 12
BAB II KAJIAN PUSTAKA …........................................….....……..... 13
A. Tujuan Tentang Perhatian Orang
tua ........................................... 13
1. Pengertian Perhatian Orang Tua
............................................. 13
2. Pentingnya Perhatian Orang Tua
............................................ 14
3. Tanggung Jawab Orang Tua
................................................... 16
4. Peranan Orang Tua Terhadap Anak
....................................... 17
a) Peranan Ibu
......................................................................... 18
b) Peranan Ayah
..................................................................... 19
B. Tinjauan Tentang Kedisiplinan
siswa .......................................... 21
1. Pengertian
Kedisiplinan Siswa .............................................. 21
2. Fungsi
Disiplin ....................................................................... 23
a) Menata
Kehidupan ........................................................... 23
b) Melatih
Kepribadian ........................................................ 23
c) Pemaksaan
....................................................................... 24
d) Hukuman
......................................................................... 24
e) Menciptakan
Lingkungan Kondusif ............................... 24
C. Tujuan Dan Macam-Macam Disiplin ......................................... 25
a) Tujuan
Disiplin ..................................................................... 25
1. Tujuan
Jangka Pendek .................................................... 25
2. Tujuan
Jangka Panjang ................................................... 26
b)
Macam-Macam
Disiplin
....................................................... 26
1.
Disiplin
Otoritarian ......................................................... 26
2.
Disiplin Permisif
............................................................. 27
3. Disiplin Demokratis
........................................................ 27
BAB III METODE PENELITIAN .....................…….....………............. 50
A.
Pendekatan, Jenis dan Rancangan ..……....................………....... 50
B.
Kehadiran Peneliti di lapangan ...................................................... 51
C. Tempat
dan Subyek Penelitian ...................................................... 51
D. Jenis
Data, Sumber Data dan Instrumen Penelitian ...................... 53
E. Teknik
Pengumpulan Data ............................................................ 59
F.
Tehnik Analisa Data ……………………………………….....…. 60
G. Pengecekan
keabsahan
Data ......................................................... 61
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ..... ................... 62
A. Hasil
Penelitian
............................................................................. 62
1. Profil
Tempat Penelitian ......................................................... 62
2. Penyajian
Data ........................................................................ 64
a) Tahap
Persiapan ................................................................ 64
b) Tahap
Pelaksanaan ............................................................. 65
c) Tahap
Penyajian Data ........................................................ 65
B. Pembahasan ................................................................................... 71
BAB V PENUTUP .................................................................................. 75
A. Kesimpulan
.................................................................................... 75
B. Saran
.............................................................................................. 76
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................... 77
LAMPIRAN - LAMPIRAN
a)
Instrumen Penelitian
b)
Surat Keterangan Bimbingan Skripsi
c)
Surat Ijin Penelitian Dari STAI
d)
Surat Keterangan Dari Tempat Penelitian
e)
Fotocopy Piagam Akreditasi Sekolah Ttempat
Penelitian
f)
Fotocopy Sertifikat :
1)
Sertifikat Ospek
2)
Sertifikat PPL Jkt
3)
Sertifikat KKN
4)
Sertifikat PPL Daerah