Monday, 16 May 2016

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLIAN SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM KRAMAT TLANAKAN PAMEKASAN




PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLIAN SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM
KRAMAT TLANAKAN PAMEKASAN


SKRIPSI

Diajukan Kepada Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya
Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan
Program Sarjana Strata satu (S1) Ilmu Pendidikan Agama  








Oleh :
NURAINI
NIM/NIMKO : 2014870270797/2014.4.087.0027.1.00071


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
YAYASAN PENDIDIKAN BHAKTI WANITA ISLAM (YPBWI)
SURABAYA
APRIL 2016


HALAMAN PERSETUJUAN
Kepada
Yth, ketua STAI YPBWI
            Surabaya
Assalamualaikum Wr. Wb
                        Bersama ini kami mengajukan bahwa setelah membaca, meneliti memberi petunjuk dan mengadakan perbaikan, maka skripsi dari :
Nama               : NURAINI
Nim                 : 2014.4870.270.797
Nimko             : 2014.4.087.0027.1.00071
Jurusan            : PAI
Judul               :Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI. Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan.
                        Telah memenuhi syarat untuk diajukan dalam munagosyah Skripsi sesuai dengan waktu yang telah diprogramkan
                        Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih wassalamualaikum Wr. Wb




Surabaya, 13 Mei 2016





Drs. H. Kaswandi, M. Pd
HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi berjudul “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap
Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan” disusun Oleh Nuraini Telah,dipertahankan di depan dewan penguji Skripsi Pada Tanggal 13 Mei 2016, dan diterima untuk memenuhi sebagian
syarat-syarat guna memperoleh gelar Serjana Agama Islam


Mengesahkan :
Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya


Drs.TOHA MACHSUN, M.Pd.I
NIP. ..............................................




Dewan Penguji :

  1. Drs. H. Kawandi, M. Pd.                    (Ketua)            (                                )
  2. Drs. H. Yoyon Mujiono, M. Si           (Sekretaris)      (                                )
  3. Dra. Hj. Muamaroh Hamim, M. Pd.   (Penguji)          (                                )


MOTO



MOTTO :
                  

TIGA KATA


ONE FOR  ALL









HALAMAN PERSEMBAHAN





Kupersembahkan special buah penaku ini kepada :

Pertama, ayahanda tercinta (Kholilurrohman) dan Ibunda terkasih (Jatim)
Kedua, Suamiku ter...sayang yang selalu memberi perhatian dan kasih sayang
Ketiga, saudara-saudariku yang kuncinta sayangi
Keempat, dosen-dosenku yang membimbigku, semoga menjadi amal shaleh
Kelima, al-mamaterku tercinta
Dan yang terakhir all civitas akademika STAI YPBWI Surabaya














ABSTRAK
Nuraini, 2016, Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidika Agama Islam, Program Strata Satu (S1) STAI YPBWI Surabaya. Pembimbing. Drs. H. Kaswandi, M. Pd.

Kata-kata kunci : Perhatian orang tua, kedisiplinan siswa.
Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang pentingnya perhatian orang tua dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam. Partisipasi dan peran serta orang tua dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam sangat besar manfaatnya dalam mengantarka anak didik pada pencapaian tujuan pendidikan islam dan tujuan pendidikan nasioanal. Dalam hal ini penulis perlu mengemukakan indikator-indikator yang dipandang penting sebagai tolak ukur pelaksanaan penelitian, seperti merumuskan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa sajakah pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MI. Miftahul Ulum Kramat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan? (2) adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MI Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan? (3) seberapa besar pengaruh perhatuan orang tua terhadap kedisplina siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan.
Pada bagian berikutnya penulis perlu melengkapi kajian pustaka untuk memperkaya wawasan baik bagi peneliti sendiri maupun bagi para pembaca yang dimaksudkan untuk mempermudah penulis dan pembaca dalam mengkaji serta memahami isi skripsi ini, sehingga diharapkan para pembaca dengan mudah dapat memberikan respond da pertimbangan pemikiran terhadap temuan-temuan penelitian, disamping untuk penemuan konsep baru. Landasan teori dalam skripsi ini difokuskan pada kajian tentang subtansi perhatian orang tua dan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam yang meliputi pengertian, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi serta usaha-usaha yang perlu dilakukan.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian sampel. Untuk mempermudah bagi peneliti dalam melaksanakan penelitian, maka ada studi pendekatan yang digunakan oleh peneliti, misalnya membuat rancagan penelitian, penentuan sampel “Proportional Stratified Random Sampling” menyusun instrumen angket sebagai teknik primer dalam penggalian data yang ditambah dengan teknik-teknik lain (teknik skunder) sebagai pelengkap validitas data temuan penelitian seperti teknik dokumentasi, observasi, dan interview, juga tentang teknik analisisi data denga teknik analisis statistik “Product Moment”.
Dari seluruh isi skripsi kemudian peneliti memberikan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, yaitu bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum kramat Tlanakan Pamekasan, sedangkan pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kramat Tlanakan pamekasan dalah rendah, sekaligus memberikan saran kepada pihak-pihak yang terkait dengan variabel-variabel yang telah diteliti. Sehingga usaha-usaha yang perlu dilakukan harus lebih luas dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan variabel-variabel yang telah diteliti.
Untuk menunjukka kualitas skripsi ini, maka penulis perlu menunjukkan validitas temuan dan kreteria sikap ilmiyah peneliti, sehingga pada bagian berikutnya peneliti melengkapi skripsi ini dengan beberapa lampiran yang dipandang penting sebagai bukti konkrit terhadap objektifitas pelaksanaan penelitian.
KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmaanirrahiim
            Segala puji dan syukur bagi Allah SWT, serta shalawat dan salam senantiasa penulis haturkan kepada Rasulullah SAW, keluarga, dan sahabatnya.
            Selanjutnya penulis haturkan banyak terima kasih kepada :
1.    Allah SWT. Tuhan Semesta Alam, yang telah memberikan jalan yang baik atas setiap usaha yang dilakukan oleh penulis.
2.    Bpk Drs. Toha Machsun, M.Pd.I Selaku Ketua STAI YPBWI Surabaya.
3.    Bapak Drs. H. Kaswadi, M. Pd., selaku pembimbimg dari penulisan skripsi ini, atas segala bimbingan, arahan, petunjuk yang telah diberikan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dengan sempurna.
4.    Kepala dan dewan guru MI. Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan, yang telah memberikan stimulus kepada penulis ingga rampungnya skripsi ini, semoga Allah memberikan balasan yang berlipat ganda atas amal baik dan keiklasannya yang telah diberikan. Amin, Yaa rabbal alamin. Dalam penulisan skripsi ini penulis sadari masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, adanya saran, dan kritik konstruktif sangat penulis harapakan demi lebih baiknya kualitas karya ilmiyah selanjutnya. Semoga penulisan skripsi ini dapat bermanfaat dan sebagai amal ibadah. Amin Yaa rabbal Alamin.
                     Pamekasan,    Mei 2016

                 NURAINI

DAFTAR ISI

           
COVER/SAMPUL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING …….…………………… i
HALAMAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI ......................................  ii
MOTTO .....................................................................................................    iii
HALAMAN PERSEMBAHAN ...............................................................    iv
ABSTRAK ................................................................................................    v
KATA PENGANTAR ..............................................................................    vi
DAFTAR ISI ............................................................................................     vii

BAB I PENDAHULUAN .......................................................................     1
A.    Latar Belakang Masalah …………........................……………..      1
B.     Fokus Penelitian ..……………………............………………       9
C.     Tujuan penelitian ……………………….............………………       9
D.    Maafaat Penelitian ...…………………………..............……..      10
E.     Definisi Oprasional ……………........……..................................      10
F.      Hipotesa ……...................……………………………................      11
G.    Sistematika Pembahasan ........…………………………..............      12

BAB II KAJIAN PUSTAKA ........................................….....…….....     13
A.    Tujuan Tentang Perhatian Orang tua ...........................................      13
1.  Pengertian Perhatian Orang Tua .............................................      13
2.  Pentingnya Perhatian Orang Tua ............................................      14
3.  Tanggung Jawab Orang Tua ...................................................      16
4.  Peranan Orang Tua Terhadap Anak .......................................       17
a) Peranan Ibu .........................................................................      18
b) Peranan Ayah .....................................................................       19
B.     Tinjauan Tentang Kedisiplinan siswa ..........................................      21
1.      Pengertian Kedisiplinan Siswa ..............................................      21
2.      Fungsi Disiplin .......................................................................      23
a)      Menata Kehidupan ...........................................................     23
b)      Melatih Kepribadian ........................................................      23
c)      Pemaksaan .......................................................................      24
d)     Hukuman .........................................................................      24
e)      Menciptakan Lingkungan Kondusif ...............................       24
C.     Tujuan Dan Macam-Macam Disiplin .........................................        25
a)      Tujuan Disiplin .....................................................................        25
1.      Tujuan Jangka Pendek ....................................................       25
2.      Tujuan Jangka Panjang ...................................................       26
b)      Macam-Macam Disiplin .......................................................        26
1.      Disiplin Otoritarian .........................................................       26
2.      Disiplin Permisif .............................................................       27
3.      Disiplin Demokratis ........................................................       27

BAB III METODE PENELITIAN .....................…….....……….............   50
A.    Pendekatan, Jenis dan Rancangan ..……....................……….......   50
B.     Kehadiran Peneliti di lapangan ......................................................   51
C.     Tempat dan Subyek Penelitian ......................................................   51
D.    Jenis Data, Sumber Data dan Instrumen Penelitian ......................    53
E.     Teknik Pengumpulan Data ............................................................    59
F.      Tehnik Analisa Data ……………………………………….....….   60
G.    Pengecekan keabsahan Data .........................................................    61

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .....           ...................     62
A.    Hasil Penelitian .............................................................................     62
1.      Profil Tempat Penelitian .........................................................     62
2.      Penyajian Data ........................................................................     64
a)      Tahap Persiapan ................................................................     64
b)      Tahap Pelaksanaan .............................................................    65
c)      Tahap Penyajian Data ........................................................    65
B.     Pembahasan ...................................................................................    71

BAB V PENUTUP ..................................................................................     75
A.    Kesimpulan ....................................................................................    75
B.     Saran ..............................................................................................    76

DAFTAR PUSTAKA ...............................................................................    77
LAMPIRAN - LAMPIRAN
a)      Instrumen Penelitian
b)      Surat Keterangan Bimbingan Skripsi
c)      Surat Ijin Penelitian Dari STAI
d)     Surat Keterangan Dari Tempat Penelitian
e)      Fotocopy Piagam Akreditasi Sekolah Ttempat Penelitian
f)       Fotocopy Sertifikat :
1)      Sertifikat Ospek
2)      Sertifikat PPL Jkt
3)      Sertifikat KKN
4)      Sertifikat PPL Daerah