Monday 6 June 2016

Tembakau sebagai Harapan Para Petani Mandala Rubaru Sumenep Madura dalam Menyambung Kebutuhan Sehari-hari



Dimadura, maupun di beberapa wilayah lainnya terdapat tanaman yang sangat umum diketahui yakni "tembakau". tembakau yang dikenal sebagai tanaman pokok dari diproduksinya rokok di indonesia maupun di belahan dunia lainnya diproses dalam beberapa tahap. Seperti:

1. Pembuatan lahan untuk bibit tembakau.
2. Penaburan putik sari (biji dari daun tembakau yang sudah dikeringkan.
3. Pemupukan bibit tembakau
4. Pemindahan bibit tembakau dari tempat penampungan ke ladang yg sudah dicangkul.
5. Hingga proses perawatan hingga tumbuh tinggi dan siap di petik daunnya. 

Proses selanjutkan akan dipasat dan dijemurkan hingga kering sehingga menghasilan aroma  tembakau pilihan yang siap untuk dijual ke pedagang untuk dikirim ke gudang-gudang tembakau tertentu untuk diolah sehingga menjadi rokok.

Proses yang tidak mudah dan dengan waktu yang tidak cepat para petani sangat berharap hasil panen tembakau mendapat banyak keuntungan. Karena di madura khususnya masyarakat berasumsi bahwa tembakau adalah usaha pertanian yang sangat besar modalnya dan apabila rugi besar pula ruginya. Sebaliknya jika panennya bagus dan harganya bagus keuntungannyapun besar pula.
Musim ini tepatnya di Desa Mandala Kec. Rubaru Kab. Sumenep Madura sedang musim tembakau dimana 60% dari masyarakat mandala sudah membuka ladangnya untuk bertani temabau. Dengan harapan hasil tani tembakau bisa menjadi penyambung hidup untuk kebutuhan sehari-hari.