Saturday 17 December 2016

MAKALAH Institusi Pendidikan Islam Pra-Madrasah- MAKALAH Institusi Pendidikan Islam Pra-Madrasah


 MAKALAH
    “Institusi  Pendidikan  Islam  Pra-Madrasah”
    Untuk  memuhi  tugas  mata  kuliah Sejarah  pendidikan  Islam”
                                      Dosen  Pengampu: Zainudin  Syarif  M.Pd.I
                                             Disusun Oleh:

Imam Hanafi


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
KATA  PENGANTAR

Segala  puji dan syukur bagi Allah tuhan semesta alam yang telah memeberikan  rahmat  dan  hidayahnya  kepada  kita semua. Shalawat  serta  salam semoga  tetap  tercurah  limpahkan  kepada  junjungan kita nabi besar  Muhammad Saw.
            Pendidikan   Islam  merupakan   suatu   proses   untuk   mengubah   tingkah  laku  pada   kehidupan   masyarakat  dan  alam  sekitarnya yang  berfungsi  merealisasikan  dan  mengaktualisasikan   potensi  mahasiswa   baik  yang   berupa  ilmu  umum   maupun  agama, serta  untuk  meningkatkan   kualitas  keimanan  seseorang   terhadap  Allah  dan   menambah  wawasan     ilmu  pengetahuan  yang  luas  bagi  masyarakat.
Setiap  insan   berkepentingan   mengoptimalkan  diri  meraih  hikmah  dalam proses pembelajaran supaya dapat memperoleh ilmu agama yang bermanfaat   baik  bagi  dirinya  sendiri   maupun  masyarakat  dan   memiliki ilmu yang  berwawasan luas  baik  ilmu  agama  maupun intelektual, untuk itu kami dari  kelompok   lima  membuat   makalah  tentang   materi  sejarah pendidikan   Islam   yang   membahas   tentang  institusi   pendidikan   Islam    pra-madrasah   guna  menambah   wawasan  ilmu  pengetahuan  tentang  agama Islam.
Kesempurnaan  hanya  milik  Allah  khilaf  dan  salah  hanya  milik penulis   sebagai   hamba-Nya.  Penulis  sangat   menyadari   bahwa  isi  makalah ini   masih   jauh   dari  kesempurnaan,   oleh   karena  itu  penulis   meminta   maaf  atas  segala  kesalahan   penulisan  baik  dalam  penulisan  kalimat  tanda  baca dan penempatan  huruf besar.  Semoga pembaca maupun penulis mendapatkan  syafa’at  dan  rahmat.

                                                                       Pamekasan, 07  Desember 2016

                                                                                                Penyusun
DAFTAR ISI

 HALAMAN JUDUL........................................................................................................................ i
 KATA PENGANTAR..................................................................................................................... ii
 DAFTAR ISI................................................................................................................................... iii  
A.. Institusi  Pendidikan  Islam  pra-Madrasah. ...............................................................................3
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................................................... 11












    BAB I
                                                   PENDAHULUAN
                        Dalam  menjalankan  kehidupan  yang   bermakna  dan manfaat  diperlukan  adanya  upaya  untuk   membuat   waktu   yang  dimiliki secara efisien, karenanya manusia akan memperoleh keuntungan sesuai yang ia harapkan.  Manusia   secara  instiktif    adalah  makhluk   sosial,   dimana  ia   tidak  dapat   hidup   tanpa   bantuan  orang   lain.   Karenanya   ia   membutuhkan teman  serta   masyarakat  untuk  berinteraksi baik pergaulan bersifat batin ataupun  lahiriyah  sesuai   yang  dibutuhkan.
            Setiap  manusia  yang  telah   di bekali  dengan  rasa   ingin   tahu   terhadap  berbagai macam ilmu, baik itu  berupa  ilmu umum maupun ilmu agama,  dalam   pendidikan  ilmu  agama sangat penting untuk mengetahui tentang  ilmu  sejarah pendidikan Islam  yang merupakan suatu ilmu yang membahas   tentang    institusi   pendidikan   Islam  pra-Madrasah  di   mulai   pada   masa   Rasulullah  dan  sesudahnya.
                                 Diantara  pembahasan yang   terkandung   dalam  suatu  ilmu sejarah  pendidikan   Islam   ialah   tentang  pendidikan  Islam  pra  madrasah   yang    pada  umumnya  lembaga   pendidikan   Islam   sebelum  masa  periode   madrasah  disebut    juga   periode  klasik  dan   di  klasifikasikan  atas  dasar  muatan   kurikulum  yang  diajarkan.
                        Mengerti  dan   memahami  secara  luas tentang  sejarah  pendidikan  Islam  baik  pada  masa  kepemimpinan  rasulullah dan  sesudahnya sangat penting   bagi   kehidupan  manusia,  maka  dari  itu  kami   dari   kelompok   enam  membuat   makalah  dengan   judul “institusi   pendidikan   Islam   pra-Madrasah ” agar  dapat  menambah   wawasan  ilmu  pengetahuan bagi semua para  pembaca.
B.   Rumusan  Masalah
Rumusan  makalah  yang  terdapat  makalah  ini  adalah:
1.    Institusi  Pendidikan  Islam  pra-Madrasah
2.    Lembaga   Institusi  Pendidikan  pra-Madrasah

C.       Tujuan
 Tujuan   pembuatan  dari  makalah  ini  adalah  untuk  mengetahui:
1.      Institusi  Pendidikan  Islam  pra-Madrasah
2.      Lembaga  Institusi  Pendidikan  pra-Madrasah




























BAB II
PEMBAHASAN
A.      Institusi  Pendidikan  Islam  Pra-Madrasah
Sebagaimana  di maklumi bahwa di dunia Islam sebelum  muncul  lembaga pendidikan formal (madrasah dan universitas) sebenarnya telah  berkembang  lembaga   pendidikan   Islam  yang   di  kategorikan  sebagai lembaga pendidikan  nonformal.  Lembaga-lembaga ini  berkembang terus bersamaan dengan  tumbuh  dan  berkembangnya  bentuk-bentuk lembaga pendidikan  formal.  Berdirinya  institusi-institusi  pendidikan  dalam  Islam   merupakan  instrumens  dalam   menyebarkan  agama   Islam.
 Adapun kronologi  periode-periode  perkembangan  Islam  menurut  Zuhairini  (1997)  sebagai  berikut:
1.    Periode  pembinaan  pendidikan  Islam:  pada  masa  Rasulullah  saw.
2.    Periode   pertumbuhan   pendidikan   Islam: pada  masa  Rasulullah sampai bani  Umayyah
3.    Periode  kejayaan  pendidikan  Islam: pada   masa   Abbasiyah  sampai jatuhnya   Baghdad  yang  diwarnai  dengan  berdirinya  madrasah  dan   puncak   kejayaan  Islam.
4.    Periode  kemunduran pendidikan Islam: masa jatuhnya Baghdad sampai jatuhnya  Mesir   ketangan  Napoleon 
5.    Periode  pembaruan  pendidikan  Islam: masa Mesir di  pegang  oleh   Napoleon  sampai kini.
Pada  awal  tumbuhnya  Islam  yaitu  masa  rasulullah  saw tahun  610 M (periode  pertama dan  kedua) ditemukan  bahwa proses kegiatan pendidikan Islam  di mulai  sejak  wahyu  pertama  turun,  yaitu  surat  al-Alaq  ayat 1-5). Dengan  turunnya  surat  diatas  (sebagai  landasan fundamental dalam pendidikan)  Allah swt  melalui  rasulnya  yakni  nabi   Muhammad telah  memerintahkan  umat  Islam  untuk  belajar  membaca dan  menulis. Pada hakikatnya, perintah “bacalah” ini memiliki makna filosofi  mendalam bila ditinjau  dari  aspek  pendidikan.
Institusi pertama yang digunakan sebagai tempat kegiatan belajar membaca,  menulis,  dan  menghafal  al-Qur’an yaitu Darul Arqam (sebuah  rumah  sahabat:  Arqam  diluar  Mekah). Pada saat itu, rasulullah  sendiri bertindak sebagai guru dalam mengajar, dan membimbing mereka dalam memahami  al-Qur’an.  Selanjutnya  setelah  hijrah  ke   Madinah  (Yastrib)   maka kegiatan  (pendidikan)  belajar  dipusatkan  di  masjid  Nabawi.
B.       Lembaga   Institusi  Pendidikan  pra-Madrasah
Selain  masjid, ada  beberapa  istilah  institusi  pendidikan  yang  digunakan   pada periode   pertama  dan  kedua,  menurut  Syalabi  (1973) dan Mehdi (2003) sebagai  berikut:
1.    Kuttab
Istilah  “kuttab”  menurut  A.L. Tibawi   sama dengan  “maktab”, keduanya   merupakan  derivasi   dari  kata   dasar  “kataba  (menulis)”  hanya  saja istilah  “maktab”  lebih  modern  dari  pada  kata  “kuttab”.[1] Namun, keduanya  merupakan  lembaga pendidikan  dasar dalam Islam. Adapun yang dimaksud   dengan  “kuttab”  atau  “maktab” adalah tempat untuk belajar membaca  dan  menulis  yang  ada  dirumah  guru, sedangkan  para  siswa    datang  berkumpul  untuk   belajar.
Secara  historis,  kuttab  adalah sejenis tempat belajar yang mula-mula lahir di dunia Islam. Kuttab sebenarnya sudah ada di negara Arab sebelum datangnya   Islam,  tetapi   belum  dikenal.   Diantara    penduduk    Mekkah   yang  mula-mula  belajar  menulis   huruf  arab  di   kuttab   ialah   Sufyan ibn Umayyah ibn  Abd  al-Syams  dan  Abu   Qais  ibn  Abd al-Manaf  ibn  Zuhrah ibn  Kilab. Keduanya  belajar  dari   Bisyr  ibn Abd al-Malik yang  dan   mempelajarinya  dari  Hirah.
Pada  awal  perkembangan  Islam,  kuttab  tersebut  dilaksanakan di rumah-rumah guru yang bersangkutan, kemudian pada akhir abad pertama hijriyah,   mulai  muncul  jenis  kuttab,  yang   disamping   memberikan    pelajaran  baca  tulis,  juga  mengajarkan  al-Qur’an  dan  pokok-pokok  agama.
Kepandaian  baca tulis   dalam   kehidupan   sosial   dan  politik umat Islam  ternyata  memegang   peranan  penting,   digunakan   sebagai    media   komunikasi dakwah kepada dunia diluar Arab serta dalam menuliskan   perjanjian-perjanjian,  karena  kepentingan   inilah   maka    kuttab  sebagai  tempat  belajar  menulis  dan  membaca  semakin  pesat.
Perubahan  terjadi  di  akhir  abad   pertama   hijriyah, dimana dalam kuttab  ini   telah   diberikan   juga   materi   al-Qur’an  dan   pokok-pokok    ajaran  agama,  seperti  pokok-pokok  nahwu  dan  shorrof.   Pada  mulanya  kuttab  jenis ini  merupakan pemindahan  dari pengajaran al-Qur’an  yang berlangsung   masjid  dan  semua  kalangan
2.    Sekolah  istana
Sesuai  dengan  namanya,  sekolah   istana  merupakan  sebuah   tempat  pendidikan  yang  di  laksanakan  di  istana. Perbedaannya  dengan   maktab   yaitu  selain  diberikan   keterampilan  menulis   dan  membaca, ia  juga   diberikan  pelajaran sosial dan kebudayaan sebagai persiapan  kependidikan tinggi,  memasuki  pergaulan  di  masyarakat  dan  untuk  bekerja  di istana.
3.    Sebuah  kedai  buku
 tempat ini bisa dimaknai sebagai tempat-tempat tinggal pribadi cendekiawan  muslim,  atau  disebut  juga  sebagai  salon  sastra.
4.    Shuffah
Ia merupakan institusi pendidikan untuk aktivitas belajar pada masa rasulullah  saw,  ketika  berada  di  kota  Madinah.   Lembaga ini di dirikan sebagai  tempat  untuk   mempelajari,   membaca  dan  menghafal  al-Qur’an  yang  langsung  di  bimbing  oleh  nabi.  Disamping  itu, ada  beberapa   materi    lainnya  juga  diajarkan  antara  lain  ilmu   dasar  berhitung,   kedokteran, dan ilmu  fonetik
5.    Halaqah
Sesuai maknanya merupakan tempat belajar dimana siswanya  duduk melingkari  seorang  guru.  Bentuk  pelajaran  ini  bisa  dijumpai  di  setiap pondok  pesantren,  ketika  seorang kiayi  memberikan pengajian di Aula, musolla, atau  masjid.
6.    Manazilul  al-Ulama’
Tipe  tempat  pendidikan  ini termasuk dalam kategori yang  tertua,  bahkan  lebih  dahulu  ada  sebelum  halaqah  di  masjid. Nabi saw dan para sahabatnya, menjadikan rumah sahabat al-Arqam ibn Abi al-Arqam  sebagai markas  gerakan.  Salah  satu  aktivitasnya  adalah   pengajaran poko-pokok akidah  dan penyampaian  wahyu-wahyu ilahi  yang turun kepada nabi Muhammad  saw. 
Pada  masa  kejayaan   pendidikan   Islam,   rumah-rumah  para  ulama  dan  para  ahli   ilmu   pengetahuan  menjadi  tempat   belajar  dan  pengembangan ilmu   pengetahuan. Hal  ini  pada   umumya  disebabkan   karena   ulama  dan   ahli yang bersangkutan  tidak  mungkin memberikan  pelajaran di masjid, sedangkan  pelajar banyak yang berminat untuk mempelajari pengetahuan kepadanya.  Diantara  rumah  ulama  terkenal   yang  menjadi  tempat belajar adalah  rumah   ibn  Sina,  al-Ghazali,  dan  Ali  ibn  Muhammad  al-Fasihi, Ya’qub  ibn  Killis, Wazir   Khalifah   al-Aziz  bi  Allah  al-Fatimiy  dan  lain-lain[2]
7.    Masjid  dan  Jami’
Pendidikan Islam dan masjid merupakan  satu kesatuan yang integral, dimana  masjid  merupakan  pusat  dan  urat  nadi kegiatan keislaman, yang meliputi  aktivitas  keagamaan,  politik,  budaya  dan  yudikatif.[3] Mulai zaman nabi  saw  dengan   masjid  Quba  dan   Nabawi,  masjid   selalu  menjadi alternatif utama dalam penyelenggaraan pendidikan Islam. Dan adapun  kurikulum  pembelajarannya  lebih  ditekankan  pada  aktivitas  menghafal.
Pada masa Abbasiyah dan masa perkembangan kebudayaan  Islam, masjid-masjid  yang  di dirikan  oleh para penguasa  pada umumnya di perlengkapi  dengan  berbagai  macam  sarana  dan tempat-tempat untuk pengajian   dari  ulama-ulama   yang  merupakan   kelompok-kelompok  (halaqah), tempat  untuk   berdiskusi  dan  juga  munazarah  dalam  berbagai   ilmu    pengetahuan,  dan   dilengkapi   dengan  ruang   perpustakaan   dengan  buku-buku  dari  berbagai  macam  ilmu  pengetahuan.
Seperti  halnya  masjid,  pada  masa itu bermunculan  dan berkembang pula  jami’  sebagai  pusat   pendidikan,   hanya  saja  perkembangannya  sedikit lamban  di bandingkan  dengan   masjid.  Beberapa   jami’  yang  terkenal  sebelum Abbasiyah,  antara  lain  jami’  Amr  ibn  Ash,  jami’ Ahmad  ibn  Thulun.
Disamping  itu,  terdpat   masjid   khan,   yang   juga  dilengkapi  dengan bangunan  (asrama,  pemondokan)   yang   masih  bergandengan   dengan   masjid. Berbeda  dengan  masjid  biasa,  masjid  khan   menyediakan   tempat   penginapan  yang cukup  representatif bagi para pelajar  yang datang dari  berbagai  kota. Tahap  ini  mencapai  perkembangan  yang  sangat  pesat pada abad  ke 10 M.
8.    Hawanit  al-Warraqin  (toko-toko kitab)
            Pada  masa  pemerintahan Abbasiyah, dimana ilmu pengetahuan dan kebudayaan  Islam  sudah tumbuh dan berkembang dan di ikuti oleh penulisan kitab-kitab  dalam   berbagai  cabang  ilmu   pengetahuan,  maka   berdirilah   toko-toko  kitab.  Pada  mulanya   toko  kitab  itu berfungsi sebagai tempat  berjual  beli  kitab  yang  telah  ditulis  dalam  berbagai  macam  ilmu pengetahuan.  Mereka  membeli   dari  penulisnya  kemudian  menjualnya   kepada  siapa  yang  berminat  untuk  mempelajarinya.
            Saudagar-saudagar kitab bukanlah orang yang mencari  keuntungan semata, tetapi kebanyakan  mereka adalah  sastrawan-sastrawan  yang cerdas,  yang  telah  memlih  usaha  sebagai  pedagang  kitab  tersebut, agar mereka mendapatkan  kesempatan  yang  baik untuk membaca dan menelaah, serta bergaul  dengan  para  ulama  dan  pujangga.  Mereka  juga   menyalin   kitab-kitab yang penting dan juga menyodorkannya kepada mereka yang  memerlukannya  dengan  mendapat  imbalan.
            Dengan  demikian,  toko  kitab  tersebut telah berkembang fungsinya bukan  hanya   sebagai  tempat  berjual  beli  kitab   tetapi  sekaligus   juga  sebagai  lembaga  pendidikan yang merupakan  tempat berkumpulnya para  ulama,  pujangga   dan  ahli-ahli  ilmu  pengetahuan  lainnya,  untuk  berdiskusi,  berdebat,  bertukar  fikiran  dalam  berbagai   masalah  ilmiah.
9.    Maktabat  (perpustakaan)
            Perpustakaan  memegang  peranan   penting  dalam   menyukseskan  tugas-tugas  lembaga  pendidikan  dalam  bentuk   yang  lebih   sempurna, dan juga  membantu  berlangsungnya  terus-menerus    pelajaran,  prestasi,   penelitian   perorangan  serta   memudahkan  cara-cara   memperoleh    pendidikan   dari orang   banyak.  Perpustakaan   tersebut   telah   banyak   tersebar  dalam   bentuk   yang  belum  pernah  dikenal  sebelum  itu, dan  lagi  ia merupakan  satu   keistimewaan   khusus  bagi   lembaga-lembaga   pendidikan  Islam.
            Berkaitan  dengan  perkembanga   perpustakaan  itu,   kita   temukan  beberapa pendapat  ilmuwan  yang   menelaah  jenis  dan  perkembangan  perpustakaan.  Perpustakaan  umum  biasanya   berhubungan  dengan   sekolah,   sekolah  tinggi atau  masjid  serta  terbuka  untuk   umum.  Perpustakaan   semi terbuka   untuk  satu  kelompok  yang  terpilih, dan  perpustakaan  pribadi   dimiliki   oleh  cendekiawan  untuk   kebutuhan  pribadinya.
            Al-Maqrisi menyebutkan  perpustakaan-perpustakaan besar yang di dirikan disamping  masjid  dan juga dar  al-Hikmah yang dibuka bagi para  peminatnya    yang   terdiri  dari  pembaca dan  penyali   bermacam-macam cabang  ilmu   pengetahuan,  dimana di dalamnya juga di sediakan tinta  dan kertas  tulis.  Demikian  pula ia  menyebutkan   perpustakaan   yang  di   dirikan  di  samping  madrasah  al-Fadiliyyah  yang  mempunyai koleksi  sejumlah 100.000  kitab.  Padahal  saat itu belum ada  mesin cetak. Ibn al-Qifti menyebutkan  bahwa  disana  juga terdapat 6500 kitab tentang ilmu falak disamping  memiliki  dua   buah  globe,  dimana   asumsi  bangsa  Eropa   pada saat  itu  bahwa  bumi  bentuknya  datar. [4]
10.    Al-Badiyah  (Daerah  Pedalaman)
            Bahasa arab sampai menjelang kedatanga Islam tetap terpelihara kemurniannya, tetapi kemudian terkontaminasi  oleh bahasa-bahasa jiran (tetangga) sebagai akibat  dari interaksi  perdagangan yang mereka jalin. Pencemaran  bahasa yang tidak  bisa di hindari ini lazim  disebut lahn. Masyarakat  paling  banyak   bermunculan lahn, karena frekuensi interaksi  mereka  yang  dimiliki  tinggi  dengan  para  pendatang, ataupun sebaliknya, mereka   yang   menjadi   pendatang   di  daerah-daerah  tetangga. Fenomena sosial  ini sangat  kontras  jika  dibandingkan  dengan masyarakat badui (pedesaan)   yang  bahasa  mereka  relatif   lebih  murni  dan  terjaga. Realitas inila yang kemudian mendorong para pelajar yang peduli akan orisinalitas kebahasaan   mereka,  untuk    pergi   belajar   bahasa  yang  fasih  lagi   murni, dan   mempelajari  pula  syair-syair  serta   sastra   arab   ke   sumbernya  yang asli,  yakni  badiyah  (pedalaman),  bahkan tidak  sedikit yang  memutuskan  untuk  tinggal  sementara  waktu  di  sana[5].
            Kemampuan dalam menyesuaikan materi pelajaran  dengan potensi masyarakat yang dimiliki, rasulullah saw juga telah menerapkan aspek manajemen, yaitu  sistem rekrutmen guru sebagai  pengajar di institusi  pendidikan   Islam  karena    semakin   tinggi  antusias   masyarakat  untuk   belajar agama  Islam, dan rasulullah sendiri  tidak  mungkin mengajar, membimbing   mereka  pada  waktu   bersamaan  di  tempat  yang   berbeda,  maka  rasul  telah   merekrut  guru   untuk di tetapkan sebagai pengajar di beberapa institusi   pendidikan   Islam. Tercatat  dalam  sejarah   bahwa   Ubaid  bin  al-Samit   sebagai  guru   yang   diangkat oleh    rasulullah   saw.  pada sekolah  al-Shuffah di  Madinah  (sebuah ruangan  yang di gunakan sebagai tempat  belajar dan menyantuni  anak  yatim  piatu  yang   berada  di dalam  masjid  Nabawi-Madinah)















BAB II
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Kesimpulan  yang  terdapat  dalam  makalah  ini  adalah
1.    Pada  sejarah   perkembangan   Islam  sebelum  pendidikan  islam menuju  pada  periode  pendidika  Islam  di  madrasah,  pendidika  Islam   melalui   masa  periode  pra-Madrasah  yang  mana  pada  masa   ini  banyak  berdiri lembaga-lembaga  pendidikan  dalam  Islam,  diantaranya  yaitu  Kuttab  atau   Maktab,  Halaqah  dan  Masjid dan Faktor yang mendorong munculnya lembag-lembaga tersebut yaitu  dikarenakan oleh faktor motifasi demi berkembangnya keilmuan dan  terdorong  oleh  berkembangnya  kebutuhan  pada  masa  awal  Islam.
B.       Saran
1.    Berdasarkan isi  pembahasan dari  makalah  ini  dalam  menjalani  kehidupan di  dunia  ini  hendaknya  lebih   memperluas  dalam    memahami   tentang   hal  yang   berkaitan  dengan  pendidikan  Islam  seperti   halnya  pendidikan   Islam   pada  masa  rasulullah.
2.    Dalam  pembuatan  makalah  ini  apabila  terdapat   beberapa  kesalahan   dalam cara penulisan baik  penempatan   kalimat huruf  besa   maupun  pembahasan, penulis meminta maaf dan sekiranya pembaca dapat   memperbaiki  kesalahan  dalam  pembuatan  makalah.








DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. Suwito, MA. Et al./ Sejarah  sosial  Pendidikan  Islam. 13220. Jakarta, Kencana 2005
Dr. Siswanto, M. Pd. I./ Dinamika  Pendidikan  Islam  Perspektif  Historis. Surabaya
Abudin  Nata,  Sejarah  Pendidikan  Islam  pada  Periode  Klasik dan  pertengahan,  Jakarta:  Rajawali  Pers, 2013



[1]  A.L. Tibawi, Islamic  Education: Its Tradition and  Modernization into the Arab National System  (London:  Luzac  and  company  Ltd, 1979),  hlm 26
[2] Zuhairini, Sejarah  Pendidikan  Islam  (Jakarta:  Bumi  Aksara,  2000),  hlm 95
[3] Muhammad Munir Mursi, al-Tarbiyah al-Islamiyah ushuluha wa Tathawwuruha fi al-Bilad al-Arabiyyah (Kairo: Alam al-Kutub, 1977), hlm.93
[4] Al-Baghdadi,  Sistem  pendidikan  di  masa  khalifah  Islam (Bangil: al-Izzah, 1996), hlm.107-108
[5]  Syalabi,  al-Tarbiyah  wa  al-Ta’lim, hlm. 100-104


    BAB I
                                                   PENDAHULUAN
                        Dalam  menjalankan  kehidupan  yang   bermakna  dan manfaat  diperlukan  adanya  upaya  untuk   membuat   waktu   yang  dimiliki secara efisien, karenanya manusia akan memperoleh keuntungan sesuai yang ia harapkan.  Manusia   secara  instiktif    adalah  makhluk   sosial,   dimana  ia   tidak  dapat   hidup   tanpa   bantuan  orang   lain.   Karenanya   ia   membutuhkan teman  serta   masyarakat  untuk  berinteraksi baik pergaulan bersifat batin ataupun  lahiriyah  sesuai   yang  dibutuhkan.
            Setiap  manusia  yang  telah   di bekali  dengan  rasa   ingin   tahu   terhadap  berbagai macam ilmu, baik itu  berupa  ilmu umum maupun ilmu agama,  dalam   pendidikan  ilmu  agama sangat penting untuk mengetahui tentang  ilmu  sejarah pendidikan Islam  yang merupakan suatu ilmu yang membahas   tentang    institusi   pendidikan   Islam  pra-Madrasah  di   mulai   pada   masa   Rasulullah  dan  sesudahnya.
                                 Diantara  pembahasan yang   terkandung   dalam  suatu  ilmu sejarah  pendidikan   Islam   ialah   tentang  pendidikan  Islam  pra  madrasah   yang    pada  umumnya  lembaga   pendidikan   Islam   sebelum  masa  periode   madrasah  disebut    juga   periode  klasik  dan   di  klasifikasikan  atas  dasar  muatan   kurikulum  yang  diajarkan.
                        Mengerti  dan   memahami  secara  luas tentang  sejarah  pendidikan  Islam  baik  pada  masa  kepemimpinan  rasulullah dan  sesudahnya sangat penting   bagi   kehidupan  manusia,  maka  dari  itu  kami   dari   kelompok   enam  membuat   makalah  dengan   judul “institusi   pendidikan   Islam   pra-Madrasah ” agar  dapat  menambah   wawasan  ilmu  pengetahuan bagi semua para  pembaca.
B.   Rumusan  Masalah
Rumusan  makalah  yang  terdapat  makalah  ini  adalah:
1.    Institusi  Pendidikan  Islam  pra-Madrasah
2.    Lembaga   Institusi  Pendidikan  pra-Madrasah

C.       Tujuan
 Tujuan   pembuatan  dari  makalah  ini  adalah  untuk  mengetahui:
1.      Institusi  Pendidikan  Islam  pra-Madrasah
2.      Lembaga  Institusi  Pendidikan  pra-Madrasah




























BAB II
PEMBAHASAN
A.      Institusi  Pendidikan  Islam  Pra-Madrasah
Sebagaimana  di maklumi bahwa di dunia Islam sebelum  muncul  lembaga pendidikan formal (madrasah dan universitas) sebenarnya telah  berkembang  lembaga   pendidikan   Islam  yang   di  kategorikan  sebagai lembaga pendidikan  nonformal.  Lembaga-lembaga ini  berkembang terus bersamaan dengan  tumbuh  dan  berkembangnya  bentuk-bentuk lembaga pendidikan  formal.  Berdirinya  institusi-institusi  pendidikan  dalam  Islam   merupakan  instrumens  dalam   menyebarkan  agama   Islam.
 Adapun kronologi  periode-periode  perkembangan  Islam  menurut  Zuhairini  (1997)  sebagai  berikut:
1.    Periode  pembinaan  pendidikan  Islam:  pada  masa  Rasulullah  saw.
2.    Periode   pertumbuhan   pendidikan   Islam: pada  masa  Rasulullah sampai bani  Umayyah
3.    Periode  kejayaan  pendidikan  Islam: pada   masa   Abbasiyah  sampai jatuhnya   Baghdad  yang  diwarnai  dengan  berdirinya  madrasah  dan   puncak   kejayaan  Islam.
4.    Periode  kemunduran pendidikan Islam: masa jatuhnya Baghdad sampai jatuhnya  Mesir   ketangan  Napoleon 
5.    Periode  pembaruan  pendidikan  Islam: masa Mesir di  pegang  oleh   Napoleon  sampai kini.
Pada  awal  tumbuhnya  Islam  yaitu  masa  rasulullah  saw tahun  610 M (periode  pertama dan  kedua) ditemukan  bahwa proses kegiatan pendidikan Islam  di mulai  sejak  wahyu  pertama  turun,  yaitu  surat  al-Alaq  ayat 1-5). Dengan  turunnya  surat  diatas  (sebagai  landasan fundamental dalam pendidikan)  Allah swt  melalui  rasulnya  yakni  nabi   Muhammad telah  memerintahkan  umat  Islam  untuk  belajar  membaca dan  menulis. Pada hakikatnya, perintah “bacalah” ini memiliki makna filosofi  mendalam bila ditinjau  dari  aspek  pendidikan.
Institusi pertama yang digunakan sebagai tempat kegiatan belajar membaca,  menulis,  dan  menghafal  al-Qur’an yaitu Darul Arqam (sebuah  rumah  sahabat:  Arqam  diluar  Mekah). Pada saat itu, rasulullah  sendiri bertindak sebagai guru dalam mengajar, dan membimbing mereka dalam memahami  al-Qur’an.  Selanjutnya  setelah  hijrah  ke   Madinah  (Yastrib)   maka kegiatan  (pendidikan)  belajar  dipusatkan  di  masjid  Nabawi.
B.       Lembaga   Institusi  Pendidikan  pra-Madrasah
Selain  masjid, ada  beberapa  istilah  institusi  pendidikan  yang  digunakan   pada periode   pertama  dan  kedua,  menurut  Syalabi  (1973) dan Mehdi (2003) sebagai  berikut:
1.    Kuttab
Istilah  “kuttab”  menurut  A.L. Tibawi   sama dengan  “maktab”, keduanya   merupakan  derivasi   dari  kata   dasar  “kataba  (menulis)”  hanya  saja istilah  “maktab”  lebih  modern  dari  pada  kata  “kuttab”.[1] Namun, keduanya  merupakan  lembaga pendidikan  dasar dalam Islam. Adapun yang dimaksud   dengan  “kuttab”  atau  “maktab” adalah tempat untuk belajar membaca  dan  menulis  yang  ada  dirumah  guru, sedangkan  para  siswa    datang  berkumpul  untuk   belajar.
Secara  historis,  kuttab  adalah sejenis tempat belajar yang mula-mula lahir di dunia Islam. Kuttab sebenarnya sudah ada di negara Arab sebelum datangnya   Islam,  tetapi   belum  dikenal.   Diantara    penduduk    Mekkah   yang  mula-mula  belajar  menulis   huruf  arab  di   kuttab   ialah   Sufyan ibn Umayyah ibn  Abd  al-Syams  dan  Abu   Qais  ibn  Abd al-Manaf  ibn  Zuhrah ibn  Kilab. Keduanya  belajar  dari   Bisyr  ibn Abd al-Malik yang  dan   mempelajarinya  dari  Hirah.
Pada  awal  perkembangan  Islam,  kuttab  tersebut  dilaksanakan di rumah-rumah guru yang bersangkutan, kemudian pada akhir abad pertama hijriyah,   mulai  muncul  jenis  kuttab,  yang   disamping   memberikan    pelajaran  baca  tulis,  juga  mengajarkan  al-Qur’an  dan  pokok-pokok  agama.
Kepandaian  baca tulis   dalam   kehidupan   sosial   dan  politik umat Islam  ternyata  memegang   peranan  penting,   digunakan   sebagai    media   komunikasi dakwah kepada dunia diluar Arab serta dalam menuliskan   perjanjian-perjanjian,  karena  kepentingan   inilah   maka    kuttab  sebagai  tempat  belajar  menulis  dan  membaca  semakin  pesat.
Perubahan  terjadi  di  akhir  abad   pertama   hijriyah, dimana dalam kuttab  ini   telah   diberikan   juga   materi   al-Qur’an  dan   pokok-pokok    ajaran  agama,  seperti  pokok-pokok  nahwu  dan  shorrof.   Pada  mulanya  kuttab  jenis ini  merupakan pemindahan  dari pengajaran al-Qur’an  yang berlangsung   masjid  dan  semua  kalangan
2.    Sekolah  istana
Sesuai  dengan  namanya,  sekolah   istana  merupakan  sebuah   tempat  pendidikan  yang  di  laksanakan  di  istana. Perbedaannya  dengan   maktab   yaitu  selain  diberikan   keterampilan  menulis   dan  membaca, ia  juga   diberikan  pelajaran sosial dan kebudayaan sebagai persiapan  kependidikan tinggi,  memasuki  pergaulan  di  masyarakat  dan  untuk  bekerja  di istana.
3.    Sebuah  kedai  buku
 tempat ini bisa dimaknai sebagai tempat-tempat tinggal pribadi cendekiawan  muslim,  atau  disebut  juga  sebagai  salon  sastra.
4.    Shuffah
Ia merupakan institusi pendidikan untuk aktivitas belajar pada masa rasulullah  saw,  ketika  berada  di  kota  Madinah.   Lembaga ini di dirikan sebagai  tempat  untuk   mempelajari,   membaca  dan  menghafal  al-Qur’an  yang  langsung  di  bimbing  oleh  nabi.  Disamping  itu, ada  beberapa   materi    lainnya  juga  diajarkan  antara  lain  ilmu   dasar  berhitung,   kedokteran, dan ilmu  fonetik
5.    Halaqah
Sesuai maknanya merupakan tempat belajar dimana siswanya  duduk melingkari  seorang  guru.  Bentuk  pelajaran  ini  bisa  dijumpai  di  setiap pondok  pesantren,  ketika  seorang kiayi  memberikan pengajian di Aula, musolla, atau  masjid.
6.    Manazilul  al-Ulama’
Tipe  tempat  pendidikan  ini termasuk dalam kategori yang  tertua,  bahkan  lebih  dahulu  ada  sebelum  halaqah  di  masjid. Nabi saw dan para sahabatnya, menjadikan rumah sahabat al-Arqam ibn Abi al-Arqam  sebagai markas  gerakan.  Salah  satu  aktivitasnya  adalah   pengajaran poko-pokok akidah  dan penyampaian  wahyu-wahyu ilahi  yang turun kepada nabi Muhammad  saw. 
Pada  masa  kejayaan   pendidikan   Islam,   rumah-rumah  para  ulama  dan  para  ahli   ilmu   pengetahuan  menjadi  tempat   belajar  dan  pengembangan ilmu   pengetahuan. Hal  ini  pada   umumya  disebabkan   karena   ulama  dan   ahli yang bersangkutan  tidak  mungkin memberikan  pelajaran di masjid, sedangkan  pelajar banyak yang berminat untuk mempelajari pengetahuan kepadanya.  Diantara  rumah  ulama  terkenal   yang  menjadi  tempat belajar adalah  rumah   ibn  Sina,  al-Ghazali,  dan  Ali  ibn  Muhammad  al-Fasihi, Ya’qub  ibn  Killis, Wazir   Khalifah   al-Aziz  bi  Allah  al-Fatimiy  dan  lain-lain[2]
7.    Masjid  dan  Jami’
Pendidikan Islam dan masjid merupakan  satu kesatuan yang integral, dimana  masjid  merupakan  pusat  dan  urat  nadi kegiatan keislaman, yang meliputi  aktivitas  keagamaan,  politik,  budaya  dan  yudikatif.[3] Mulai zaman nabi  saw  dengan   masjid  Quba  dan   Nabawi,  masjid   selalu  menjadi alternatif utama dalam penyelenggaraan pendidikan Islam. Dan adapun  kurikulum  pembelajarannya  lebih  ditekankan  pada  aktivitas  menghafal.
Pada masa Abbasiyah dan masa perkembangan kebudayaan  Islam, masjid-masjid  yang  di dirikan  oleh para penguasa  pada umumnya di perlengkapi  dengan  berbagai  macam  sarana  dan tempat-tempat untuk pengajian   dari  ulama-ulama   yang  merupakan   kelompok-kelompok  (halaqah), tempat  untuk   berdiskusi  dan  juga  munazarah  dalam  berbagai   ilmu    pengetahuan,  dan   dilengkapi   dengan  ruang   perpustakaan   dengan  buku-buku  dari  berbagai  macam  ilmu  pengetahuan.
Seperti  halnya  masjid,  pada  masa itu bermunculan  dan berkembang pula  jami’  sebagai  pusat   pendidikan,   hanya  saja  perkembangannya  sedikit lamban  di bandingkan  dengan   masjid.  Beberapa   jami’  yang  terkenal  sebelum Abbasiyah,  antara  lain  jami’  Amr  ibn  Ash,  jami’ Ahmad  ibn  Thulun.
Disamping  itu,  terdpat   masjid   khan,   yang   juga  dilengkapi  dengan bangunan  (asrama,  pemondokan)   yang   masih  bergandengan   dengan   masjid. Berbeda  dengan  masjid  biasa,  masjid  khan   menyediakan   tempat   penginapan  yang cukup  representatif bagi para pelajar  yang datang dari  berbagai  kota. Tahap  ini  mencapai  perkembangan  yang  sangat  pesat pada abad  ke 10 M.
8.    Hawanit  al-Warraqin  (toko-toko kitab)
            Pada  masa  pemerintahan Abbasiyah, dimana ilmu pengetahuan dan kebudayaan  Islam  sudah tumbuh dan berkembang dan di ikuti oleh penulisan kitab-kitab  dalam   berbagai  cabang  ilmu   pengetahuan,  maka   berdirilah   toko-toko  kitab.  Pada  mulanya   toko  kitab  itu berfungsi sebagai tempat  berjual  beli  kitab  yang  telah  ditulis  dalam  berbagai  macam  ilmu pengetahuan.  Mereka  membeli   dari  penulisnya  kemudian  menjualnya   kepada  siapa  yang  berminat  untuk  mempelajarinya.
            Saudagar-saudagar kitab bukanlah orang yang mencari  keuntungan semata, tetapi kebanyakan  mereka adalah  sastrawan-sastrawan  yang cerdas,  yang  telah  memlih  usaha  sebagai  pedagang  kitab  tersebut, agar mereka mendapatkan  kesempatan  yang  baik untuk membaca dan menelaah, serta bergaul  dengan  para  ulama  dan  pujangga.  Mereka  juga   menyalin   kitab-kitab yang penting dan juga menyodorkannya kepada mereka yang  memerlukannya  dengan  mendapat  imbalan.
            Dengan  demikian,  toko  kitab  tersebut telah berkembang fungsinya bukan  hanya   sebagai  tempat  berjual  beli  kitab   tetapi  sekaligus   juga  sebagai  lembaga  pendidikan yang merupakan  tempat berkumpulnya para  ulama,  pujangga   dan  ahli-ahli  ilmu  pengetahuan  lainnya,  untuk  berdiskusi,  berdebat,  bertukar  fikiran  dalam  berbagai   masalah  ilmiah.
9.    Maktabat  (perpustakaan)
            Perpustakaan  memegang  peranan   penting  dalam   menyukseskan  tugas-tugas  lembaga  pendidikan  dalam  bentuk   yang  lebih   sempurna, dan juga  membantu  berlangsungnya  terus-menerus    pelajaran,  prestasi,   penelitian   perorangan  serta   memudahkan  cara-cara   memperoleh    pendidikan   dari orang   banyak.  Perpustakaan   tersebut   telah   banyak   tersebar  dalam   bentuk   yang  belum  pernah  dikenal  sebelum  itu, dan  lagi  ia merupakan  satu   keistimewaan   khusus  bagi   lembaga-lembaga   pendidikan  Islam.
            Berkaitan  dengan  perkembanga   perpustakaan  itu,   kita   temukan  beberapa pendapat  ilmuwan  yang   menelaah  jenis  dan  perkembangan  perpustakaan.  Perpustakaan  umum  biasanya   berhubungan  dengan   sekolah,   sekolah  tinggi atau  masjid  serta  terbuka  untuk   umum.  Perpustakaan   semi terbuka   untuk  satu  kelompok  yang  terpilih, dan  perpustakaan  pribadi   dimiliki   oleh  cendekiawan  untuk   kebutuhan  pribadinya.
            Al-Maqrisi menyebutkan  perpustakaan-perpustakaan besar yang di dirikan disamping  masjid  dan juga dar  al-Hikmah yang dibuka bagi para  peminatnya    yang   terdiri  dari  pembaca dan  penyali   bermacam-macam cabang  ilmu   pengetahuan,  dimana di dalamnya juga di sediakan tinta  dan kertas  tulis.  Demikian  pula ia  menyebutkan   perpustakaan   yang  di   dirikan  di  samping  madrasah  al-Fadiliyyah  yang  mempunyai koleksi  sejumlah 100.000  kitab.  Padahal  saat itu belum ada  mesin cetak. Ibn al-Qifti menyebutkan  bahwa  disana  juga terdapat 6500 kitab tentang ilmu falak disamping  memiliki  dua   buah  globe,  dimana   asumsi  bangsa  Eropa   pada saat  itu  bahwa  bumi  bentuknya  datar. [4]
10.    Al-Badiyah  (Daerah  Pedalaman)
            Bahasa arab sampai menjelang kedatanga Islam tetap terpelihara kemurniannya, tetapi kemudian terkontaminasi  oleh bahasa-bahasa jiran (tetangga) sebagai akibat  dari interaksi  perdagangan yang mereka jalin. Pencemaran  bahasa yang tidak  bisa di hindari ini lazim  disebut lahn. Masyarakat  paling  banyak   bermunculan lahn, karena frekuensi interaksi  mereka  yang  dimiliki  tinggi  dengan  para  pendatang, ataupun sebaliknya, mereka   yang   menjadi   pendatang   di  daerah-daerah  tetangga. Fenomena sosial  ini sangat  kontras  jika  dibandingkan  dengan masyarakat badui (pedesaan)   yang  bahasa  mereka  relatif   lebih  murni  dan  terjaga. Realitas inila yang kemudian mendorong para pelajar yang peduli akan orisinalitas kebahasaan   mereka,  untuk    pergi   belajar   bahasa  yang  fasih  lagi   murni, dan   mempelajari  pula  syair-syair  serta   sastra   arab   ke   sumbernya  yang asli,  yakni  badiyah  (pedalaman),  bahkan tidak  sedikit yang  memutuskan  untuk  tinggal  sementara  waktu  di  sana[5].
            Kemampuan dalam menyesuaikan materi pelajaran  dengan potensi masyarakat yang dimiliki, rasulullah saw juga telah menerapkan aspek manajemen, yaitu  sistem rekrutmen guru sebagai  pengajar di institusi  pendidikan   Islam  karena    semakin   tinggi  antusias   masyarakat  untuk   belajar agama  Islam, dan rasulullah sendiri  tidak  mungkin mengajar, membimbing   mereka  pada  waktu   bersamaan  di  tempat  yang   berbeda,  maka  rasul  telah   merekrut  guru   untuk di tetapkan sebagai pengajar di beberapa institusi   pendidikan   Islam. Tercatat  dalam  sejarah   bahwa   Ubaid  bin  al-Samit   sebagai  guru   yang   diangkat oleh    rasulullah   saw.  pada sekolah  al-Shuffah di  Madinah  (sebuah ruangan  yang di gunakan sebagai tempat  belajar dan menyantuni  anak  yatim  piatu  yang   berada  di dalam  masjid  Nabawi-Madinah)















BAB II
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Kesimpulan  yang  terdapat  dalam  makalah  ini  adalah
1.    Pada  sejarah   perkembangan   Islam  sebelum  pendidikan  islam menuju  pada  periode  pendidika  Islam  di  madrasah,  pendidika  Islam   melalui   masa  periode  pra-Madrasah  yang  mana  pada  masa   ini  banyak  berdiri lembaga-lembaga  pendidikan  dalam  Islam,  diantaranya  yaitu  Kuttab  atau   Maktab,  Halaqah  dan  Masjid dan Faktor yang mendorong munculnya lembag-lembaga tersebut yaitu  dikarenakan oleh faktor motifasi demi berkembangnya keilmuan dan  terdorong  oleh  berkembangnya  kebutuhan  pada  masa  awal  Islam.
B.       Saran
1.    Berdasarkan isi  pembahasan dari  makalah  ini  dalam  menjalani  kehidupan di  dunia  ini  hendaknya  lebih   memperluas  dalam    memahami   tentang   hal  yang   berkaitan  dengan  pendidikan  Islam  seperti   halnya  pendidikan   Islam   pada  masa  rasulullah.
2.    Dalam  pembuatan  makalah  ini  apabila  terdapat   beberapa  kesalahan   dalam cara penulisan baik  penempatan   kalimat huruf  besa   maupun  pembahasan, penulis meminta maaf dan sekiranya pembaca dapat   memperbaiki  kesalahan  dalam  pembuatan  makalah.








DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. Suwito, MA. Et al./ Sejarah  sosial  Pendidikan  Islam. 13220. Jakarta, Kencana 2005
Dr. Siswanto, M. Pd. I./ Dinamika  Pendidikan  Islam  Perspektif  Historis. Surabaya
Abudin  Nata,  Sejarah  Pendidikan  Islam  pada  Periode  Klasik dan  pertengahan,  Jakarta:  Rajawali  Pers, 2013


[1]  A.L. Tibawi, Islamic  Education: Its Tradition and  Modernization into the Arab National System  (London:  Luzac  and  company  Ltd, 1979),  hlm 26
[2] Zuhairini, Sejarah  Pendidikan  Islam  (Jakarta:  Bumi  Aksara,  2000),  hlm 95
[3] Muhammad Munir Mursi, al-Tarbiyah al-Islamiyah ushuluha wa Tathawwuruha fi al-Bilad al-Arabiyyah (Kairo: Alam al-Kutub, 1977), hlm.93
[4] Al-Baghdadi,  Sistem  pendidikan  di  masa  khalifah  Islam (Bangil: al-Izzah, 1996), hlm.107-108
[5]  Syalabi,  al-Tarbiyah  wa  al-Ta’lim, hlm. 100-104