Sunday 29 October 2017

Cara Membuat Jadwal Mikrotik Restart dengan sendiri nya


Pada kesempatan ini saya akan menulis dan share bagaimana cara membuat mikrotik agar dapat restart dengan sendirinya, sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Sebagai teknisi atau seorang yang menggunakan routerboard mikrotik adakalanya akan mereboot atau merestart system mikrotik nya. Dengan beberapa alasan sebagai merefresh perangkat mikrotik nya dan mengurangi adanya stuck pada perangkatnya.

Benar dengan alasan seperti itu, dikarenakan jika perangkat mikrotik nya tidak pernah mati akan mengakibatkan beban yang terlalu berat. biasa nya perangkat mikrotik di restart dikarena terjadinya lambat pada jaringan dengan di restart maka akan kembali pulih seperti semula. dan bisa saja CPU yang terlalu tinggi diakibatkan terlalu lama On Line.

Adapun dengan alasan lain dengan merestart perangkat mikrotik dengan menjaga umur nya perangkat mikrotik itu sendiri. ya bayangin aja jika perangkat tidak pernah mati, kan kasihan :) . Apa lagi jika perangkat mikrotik nya lebih dari satu, kita tidak akan reboot secara manual dengan satu persatu untuk refresh perangkat mikrotik kita.

Nah, kali ini kita akan membuat bagaimana cara perangkat mikrotik kita akan restart dengan sendirinya sesuai jadwal yang kita tentukan,  Dimana hal ini sangat membantu para admin di pengguna mikrotik akan merasa terbantu dengan adanya ini. 

Adapun caranya step by step sebagai berikut :
1. Siapkan Software Winbox anda,Software ini berguna untuk kita mengatur mikrotik yang kita miliki dan login pada mikrotik anda.
2. Klick pada Menu system lalu sceduler


Maka akan muncul tampilan kota dialog seperti dibawah ini dan klick + :


Lalu akan muncul kotak dialog New Scheduler

Penjelesan Gambar diatas :
+ Nama : isi nama sesuai yang anda ingin kan sebagai namanya
+ Start Time : 06:00:00 (isi sesuai kapan dan jam berapa mikrotik ini akan direstart)
+ Interval : perintah ini akan berjalan dan berlangsung selama yang anda ingin. keterangan 1d 00:00:00 artinya adalah dalam kurung waktu 1 hari. jika anda ingin 2 hari sekali untuk direstart maka anda tulis 2d 00:00:00.
  - 1d 00:00:00 = 1 hari
  - 2d 00:00:00 = 2 hari
  - 1w 00:00:00 = 1 Minggu
  - 1m 00:00:00 = 1 Bulan
  - 1y 00:00:00 = 1 tahun (tidak direkomendasikan, jika anda gunakan ini, mending g usah buat :) )
+ On Event : isi dengan perintah [system reboot]

Jika anda merasa kesulitan anda dapat menyaksikan vidio yang saya buat dibawah ini dan jangan disubscribe :D . semoga tutorial ini dapat membantu anda.


Jika ada pertanyaan yang ingin anda ungkap kan seputaran ini anda dapat mencoret-coret dibawah ini. Terimakasih atas kunjungannya anda semoga dapat membantu.