Pengertian alat indera
Panca indra adalah alat-alat tubuh yang
mempunyai fungsi untuk mengetahui keadaan luar. Alat indra manusia sering
disebut juga dengan panca indra, karena terdiri dari lima indra yakni indra
penglihat (mata), indra pendengar (telinga), indra pembau/pencium (hidung),
indra pengecap (lidah) dan indra peraba (kulit).
Indra atau indria yaitu sebuah antarmuka,
kontak antara jiwa dalam bentuk spiritual kesadaran diri dengan materi
lingkungan. Didalam agama Hindu ada jenis sebelas rasa dan disebut sebagai eka
dasa indriya.
1. Mata
Mata ialah indera yang yang
fungsinya untuk melihat lingkungan sekitarnya dalam bentuk
gambar, sehingga dengan mata bisa mengenali benda-benda yang ada di
sekitarnya dengan cepat. Mata adalah indra penglihat yang menerima sebuah
rangsang berupa cahaya (fotooreseptor). Mata tersusun dari alat
tambahan mata, bola mata, otot bola mata, dan saraf optik II.
Alat tambahan
mata ini mempunyai fungsi untuk melindungi mata dari gangguan pada
lingkungan. Alis mata ini fungsinya untuk melindungi mata dari keringat,
sedangkan pada kelopak mata untuk melindungi mata dari benturan dan pada bulu
mata berfungsi untuk melindungi mata dari cahaya yang kuat, debudan kotoran.
Adapun bagian-bagian mata beserta fungsinya, yaitu
sebagai brikut :
- Kornea mata, mempunyai
fungsi untuk menerima sebuah rangsangan cahaya dan meneruskannya pada
bagian mata yang lebih dalam.
- Lensa mata mempunyai
fungsi untuk meneruskan dan memfokuskan pada cahaya agar bayangan
benda jatuh ke lensa mata.
- Iris mempunyai
fungsi untuk mengatur banyak sedikitnya sebuah cahaya yang masuk ke
mata.
- Pupil mempunyai
fungsi sebagai saluran masuknya sebuah cahaya.
- Retina mempunyai
fungsi untuk membentuk sebuah bayangan benda yang kemudian dikirim
oleh saraf mata ke otak
- Otot mata mempunyai
fungsi untuk mengatur suatu gerakan bola mata.
- Saraf mata, mempunyai
fungsi untuk meneruskan sebuah rangsangan cahaya dari retina ke otak.
Cara kerja mata adalah sebagai berikut :
Cahaya menuju ke aqueous humor lalu
menuju pupil terus menuju lensa lalu menuju vetreous humor lalu menuju retina
lalu menuju saraf optik dan yang terakhir menuju otak
2. Telinga
Telinga
merupakan alat indra yang berfungsi untuk mendengar suara yang ada di sekitar
kita. Telinga ialah indra pendengaran yang menerima sebuah rangsangan
berupa suara (fonoreseptor). fungsi lain dari telinga
yaitu telinga berfungsi sebagai alat keseimbangan.
Bagian-Bagian
Telinga, Yaitu sebagai berikut :
- Telinga bagian luar yakni
terdiri dari daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran.
- Telinga bagian tengah yakni
terdiri dari gendang telinga, 3 tulang pendengar ( martil, landasan
dansanggurdi) dan saluran eustachius.
- Telinga bagian dalam yakni
terdiri dari alat keseimbangan tubuh, tiga saluran setengah lingkaran,
tingkap jorong, tingkap bundar dan rumah siput (koklea)
Fungsi bagian-bagian indra pendengar :
- Daun telinga,lubang
telinga dan liang pendengaran mempunyai fungsi
untuk menangkap dan mengumpulkan suatu gelombang bunyi.
- Gendang telinga ini
mempunyai fungsi untuk menerima sebuah rangsang bunyi dan meneruskannya ke
bagian yang lebih dalam.
- Tiga tulang pendengaran ( tulang martil,
landasan dan sanggurdi) mempunyai
fungsi untuk memperkuat sebuah getaran dan meneruskannya ke koklea
atau rumah siput.
- Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga
saluran setengah lingkaran dan koklea (rumah siput) mempunyai
fungsi untuk mengubah impuls dan diteruskan ke otak. pada Tiga
saluran setengah lingkaran juga mempunyai fungsi untuk menjaga
keseimbangan tubuh.
- Saluran eustachius fungsi
nya untuk menghubungkan suatu rongga mulut dengan telinga bagian luar.
Cara kerja telinga adalah sebagai berikut.
Getara suara menuju daun telinga lalu menuju
saluran telinga lalu menuju gendang telinga lalu menuju tiga tulang pendengaran
lalu menuju rumah siput lalu menuju sel-sel rambut dalam organ korti lalu
menuju sel saraf audiotori dan yang terakhir menuju otak.
3. Indra Pembau
(Hidung)
Hidung ialah indera yang kita gunakan untuk
mengenali suatu lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Serabut-serabut
pada saraf penciuman terdapat pada bagian atas selaput lendir hidung.
Serabut-serabut olfaktori ini mempunyai fungsi untuk mendeteksi rangsang
zat kimia dalam bentuk gas di udara (kemoreseptor).
Bagian – bagian hidung, yaitu sebagai berikut :
- Lubang
hidung mempunyai fungsi untuk keluar
masuknya sebuah udara
- Rambut
hidung mempunyai fungsi untuk
menyaring sebuah udara yang masuk ketika bernapas
- Selaput
lendir mempunyai fungsi sebagai tempat
menempelnya sebuah kotoran dan sebagai indra pembau.
- Serabut
saraf ini mempunyai fungsi untuk
mendeteksi zat kimia yang ada pada udara pernapasan
- Saraf
pembau ini mempunyai fungsi untuk
mengirimkan bau-bauan ke bagian otak.
Cara kerja
hidung adalah sebagai berikut.
Rangsang (bau) menuju ke lubang hidung lalu
menuju ke epitelium olfaktori lalu menuju ke mukosa olfaktori lalu menuju ke
saraf olfaktori lalu menuju ke talamus lalu menuju ke hipotalamus dan terakhir
menuju ke otak.
4. Indra Pengecap (Lidah)
Lidah yaitu salah satu jenis indera yang
mempunyai fungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari makanan yang masuk
ke dalam suatu mulut kita.Lidah bisa merespon berbagai jenis dan berbagai macam
rasa seperti rasa manis, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin.Pada lidah
terdapat dua kelompok otot, yakni otot intrinsik (melakukan sebuah gerakan
halus) dan otot ekstrinsik (melakukan sebuah gerakan kasar saat mengunyah
dan menelan serta mengaitkan lidah pada bagian sekitarnya).
Pada bagian
lidah yang berbintil-bintil disebut dengan papila yaitu ujung saraf
pengecap. Setiap bintil-bintil saraf pengecap tersebut memiliki kepekaan
terhadap rasa tertentu yang berdasarkan letaknya pada lidah. Pada Pangkal
lidah dapat mengecap rasa pahit, pada tepi lidah untuk mengecap rasa asin dan
asam serta pada ujung lidah fungsiny untuk mengecap rasa manis.
Pada permukaan
lidah yang ditutupi oleh tiga macam papila yaitu sebagai berikut.
- Papila sirku valata
- Papila filiformis
- Papila Fungiformis
Cara kerja
lidah sebagai berikut :
Makanan/larutan berasa menuju ke papila lidah
lalu menuju ke saraf gustatori lalu menuju medula oblongata lalu menuju talamus
dan yang terakhir menuju otak.
5. Indra Peraba (Kulit)
Kulit ialah
salah satu alat indera yang mampu untuk menerima sebuah rangsangan
temperatur suhu, sentuhan,rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lain sebagainya. Pada
kulit terdapat sebuah reseptor yang peka terhadap sebuah rangsangan fisik (mekanoreseptor).
Contohnya yaitu pada sentuhan, tekanan, panan, dingin, dan nyeri. Reseptor ini
juga berupa ujung saraf yang bebas ataupun ujung saraf yang diselubungi sebuah
kapsul jaringat ikat. Umumnya pada setiap jenis reseptor hanya bisa menerima
satu jenis rangsang saja.
Kulit mempunyai fungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya pada otot dan tulang, dan sebagai alat peraba dengan dilengkapi berbagai macam reseptor yang peka terhadap berbagai suatu rangsangan yaitu sebagai alat ekskresi serta untuk pengatur suhu tubuh.
Kulit mempunyai fungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya pada otot dan tulang, dan sebagai alat peraba dengan dilengkapi berbagai macam reseptor yang peka terhadap berbagai suatu rangsangan yaitu sebagai alat ekskresi serta untuk pengatur suhu tubuh.
Bagian-Bagian
Kulit Beserta Fungsinya :
- Kulit ari mempunyai
fungsi untuk mencegah masuknya sebuah bibit penyakit dan untuk
mencegah penguapan air dari dalam tubuh.
- Kelenjar
keringat mempunyai fungsi untuk menghasilkan
suatu keringat
- Lapisan
lemak mempunyai fungsi untuk
menghangatkan suatu tubuh
- Otot
penggerak rambut mempunyai fungsi untuk mengatur
sebuah gerakan rambut
- Pembuluh
darah mempunyai fungsi untuk
mengalirkan darah keseluruh tubuh.
Panca indera merupakan salah satu anugrah dari
Tuhan untuk manusia. dan mempunyai kelebihan nya masing-masing dari makhluk
hidup lainnya.
1.
Tingkatan kata-kata indikator menurut revisi
taksonomi bloom yang dibagi menurut tingkatan kognitif, afektif dan
psikomotorik.
KOGNITIF
Mengingat (Remember)
|
Memahami
(Understand)
|
Mengaplikasikan
(Apply)
|
Menganalisis
(Analyze)
|
Mengavaluasi (Evaluate)
|
Mencipta
(Create)
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Memasangkan
Membaca
Memberi
indeks
Memberi
kode
Memberi
label
Membilang
Memilih
Mempelajari
Menamai
Menandai
Mencatat
Mendaftar
Menelusuri
Mengenali
Menggambar
Menghafal
Mengidentifikasi
Mengulang
Mengutip
Meninjau
Meniru
Mentabulasi
Menulis
Menunjukkan
Menyadari
Menyatakan
Menyebutkan
Mereproduksi
Menempatkan
|
Melakukan
inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Membedakan
Memberi
contoh
Membeberkan
Memperkirakan
Memperluas
Mempertahankan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mencontohkan
Mendiskusikan
Menerangkan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengasosiasikan
Mengekstrapilasi
Mengelompokkan
Mengemukakan
Menggali
Menggeneralisasikan
Menggolong-golongkan
Menghitung
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasikan
Mengkategorikan
Mengklasifikasi
Mengkontraskan
Mengubah
Menguraikan
Menjabarkan
Menjalin
Menjelaskan
Menterjemahkan
Mentranslasi
Menunjukkan
Menyimpulkan
Merangkum
Meringkas
Mengidentifikasi
|
Melaksanakan
Melakukan
Melatih
Membiasakan
Memodifikasi
Mempersoalkan
Memproses
Mencegah
Menentukan
Menerapkan
Mengadaptasi
Mengaitkan
Mengemukakan
Menggali
Menggambarkan
Menggunakan
Menghitung
Mengimplementasikan
Mengkalkulasi
Mengklasifikasi
Mengkonsepkan
Mengoperasikan
Mengurutkan
Mensimulasikan
Mentabulasi
Menugaskan
Menyelidiki
Menyesuaikan
Menyusun
Meramalkan
Menjalankan
Mempraktekkan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan
|
Melatih
Memadukan
Memaksimalkan
Membagankan
Membeda-bedakan
Membuat
struktur
Memecahkan
Memerintah
Memfokuskan
Memilih
Menata
Mencerahkan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Mendiagramkan
Menegaskan
Menelaah
Menetapkan
sifat/ciri
Mengaitkan
Menganalisis
Mengatribusikan
Mengaudit
Mengedit
Mengkorelasikan
Mengorganisasikan
Menguji
Menguraikan
Menjelajah
Menominasikan
Mentransfer
Menyeleksi
Merasionalkan
Merinci
|
Membuktikan
Memilih
Memisahkan
Memonitor
Memperjelas
Mempertahankan
Mempresiksi
Memproyeksikan
Memutuskan
Memvalidasi
Menafsirkan
Mendukung
Mengarahkan
Mengecek
Mengetes
Mengkoordinasikan
Mengkritik
Mengkritisi
Menguji
Mengukur
Menilai
Menimbang
Menugaskan
Merinci
Membenarkan
Menyalahkan
|
Memadukan
Membangun
Membatas
Membentuk
Membuat
Membuat
rancangan
Memfasilitasi
Memperjelas
Memproduksi
Memunculkan
Menampilkan
Menanggulangi
Menciptakan
Mendikte
Menemukan
Mengabstraksi
Menganimasi
Mengarang
Mengatur
Menggabungkan
Menggeneralisasi
Menghasilkan
karya
Menghubungkan
Mengingatkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengkombinasikan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Mengumpulkan
Mengusulkan
hipotesis
Menyiapkan
Menyusun
Merancang
Merekonstruksi
Merencanakan
Mereparasi
Merumuskan
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
|
Menerima
(A1)
|
Merespon
(A2)
|
Menghargai
(A3)
|
Mengorganisasikan
(A4)
|
Karakterisasi
Menurut Nilai (A5)
|
Mengikuti
|
Mengompromikan
|
Mengasumsikan
|
Mengubah
|
Membiasakan
|
Menganut
|
Menyenangi
|
Meyakini
|
Menata
|
Mengubah perilaku
|
Mematuhi
|
Menyambut
|
Meyakinkan
|
Mengklasifikasikan
|
Berakhlak mulia
|
Meminati
|
Mendukung
|
Memperjelas
|
Mengombinasikan
|
Mempengaruhi
|
Menyetujui
|
Memprakarsai
|
Mempertahankan
|
Mengkualifikasi
|
|
Menampilkan
|
Mengimani
|
Membangun
|
Melayani
|
|
Melaporkan
|
Menekankan
|
Membentuk
pendapat
|
Membuktikan
|
|
Memilih
|
Menyumbang
|
Memadukan
|
Memecahkan
|
|
Mengatakan
|
Mengelola
|
Membiasakan
|
||
Memilah
|
Menegosiasi
|
|||
Menolak
|
Merembuk
|
|||
Mengompromikan
|
||||
Menyenangi
|
||||
Menyambut
|
||||
Mendukung
|
AFEKTIF
SPIKOMOTORIK
MENIRU (PI)
|
MANIPULASI (P2)
|
PRESISI (P3)
|
ARTIKULASI (P4)
|
NATURALISASI (P5)
|
Menyalin
|
Kembali membuat
|
Melengkapi
|
Membangun
|
Mendesain
|
Mengikuti
|
Membangun
|
Menunjukkan,
|
Mengatasi
|
Menentukan
|
Mereplikasi
|
MelakukaN
|
Menyempurnakan
|
Menggabungkan Koordinat
|
Mengelola
|
Mengulangi
|
Melaksanakan
|
Mengkalibrasi
|
Mengembangkan Merumuskan
|
|
Mematuhi
|
Menerapkan
|
Mengendalikan
|
Memodifikasi
|
|
|
Master
|
|
||
Mengintegrasikan Beradaptasi
|
|
|||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
INDIKATOR
MENJELASKAN
FUNGSI ALAT INDERA
UJIAN TENGAH SEMESTER
Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran IPA MI/SD
yang di ampu oleh bapak Mohammad Imam
Sufiyanto,S.SI,M.Pd
Disusun Oleh :
Abd Hamid
18201501050001
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN
TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2017