الباب
الأول
التعريف بالنفس
KOMPETENSI INTI
K1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama islam.
K2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai) santun,
responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan.
K3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan.
K4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melakasanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melakasanakan komunikasi fungsional.
3.1 Memahami
cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks
penggunaannya.
3.2 Memahami
cara memeritahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait topic:
التعريف بالنفسي dengan memperhatikan unsure kebahasaan,
struktur teks dan unsure budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3 Memahami
secara sederhana unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya dari teks terkait topic : التعريف بالنفسي yang sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimuli terkait topic : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan
unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya secara benar dan sesuai
konteks.
4.2 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta,
perasaan dan sikap terkait topic : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan
unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya secara benar dan sesuai
konteks.
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan
unsure kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
dengan konteks.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: التعريف بالنفسي
2.
Menerapkan percakapan terkait topik: ا التعريف بالنفسي
3.
Menerangkan isi teks bacaan yang terkait topik: التعريف بالنفسي
4.
Menyusun teks tulis yang terkait topik : التعريف بالنفسي
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu mendengar, bercakap, membaca dan menulis dengan
bahasa Arab yang berkaitan dengan topik: ا التعريف بالنفسي
PETUNJUK GURU
Pembelajaran Istima’
1. Pendahuluan
a. Siswa melihat mufradat, dan guru menanyakan makna yang terdapat pada
gambar.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu mengenalkan
mufradat yang berkaitan dengan.
c. Guru menyuruh siswa melihat mufradat yang ada, kemudian menanyakan
mufradat yang telah diketahui.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak siswa mendiskusikan makna yang terdapat dalam mufradat
b. Guru memerintahkan siswa mencari arti mufradat yang belum diketahui
dalam kamus atau di buku
c. Guru memerintahkan siswa menutup buku, kemudian membacakan mufradat dan
siswa menirukan
d. Guru membacakan mufradat dan siswa mengartikan makna mufradat yang
dibacakan guru
e. Guru memerintahkan siswa untuk membaca mufradat dengan tepat beserta
maknanya.
f. Guru memberi latihan (tadrib)untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap
mufradat baru
g. Guru membuat penilaian terhadap kemampuan penguasaan mufradat siswa
3. Penutup
a. Guru memberi kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah dilaksanaka
b. Guru memberikan pesan dan penugasan kepada siswa
c. Guru menutup pembelajaran mufradat
B. Pembelajaran Hiwar
(Percakapan)
1. Pendahuluan
a. Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah
dipelajari
Bahasa Arab - Kelas VII
b. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu melakukan
percakapan tentang
c. Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran hiwar yang akan
diberikan
2. Kegiatan inti
a. Guru menanyakan siswa tentang tema dan siswa menjawab sesuai dengan
kemampuannya
b. Guru membenarkan jawaban siswa yang mengalami kesalahan
c. Guru memberi contoh percakapan tentang tema , disertai dengan penjelasan
mengenai arti kata yang masih belum difahami sisawa.
d. Siswa mempraktekkan hiwar (percakapan) tentang
e. Guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
3. Penutup
a. Siswa diminta mengerjakan latihan-latihan membuat konsep hiwar secara
tertulis
b. Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
c. Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
d. Guru menutup pembelajaran
C. Pembelajaran Tarkib
1. Pendahuluan
a. Siswa diminta menyebutkan isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh
(kata petunjuk), kemudian guru menanyakan isim tersebut.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu mengenalkan isim
dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk).
c. Guru menanyakan mengapa bisa terjadi perbedaan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak siswa mendiskusikan perbedaan antara isim dhomir (kata
ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk)
b. Guru menjelaskan kepada siswa perbedaan antara isim dhomir (kata ganti)
dan isim isyaroh (kata petunjuk)
c. Guru memerintahkan siswa untuk memperhatikan isim dhomir (kata ganti)
dan isim isyaroh (kata petunjuk) di Buku Siswa Madrasah Tsanawiyah
d. Guru menyampaikan kesimpulan
e. Guru memerintahkan siswa untuk menjawab.
f. Guru memberi latihan (tadrib) untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap
isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk).
g. Guru membuat penilaian terhadap kemampuan penguasaan siswa terhadap materi yang ada
3. Penutup
a. Guru memberi kunci jawaban dari tadribyang diberikan.
b. Guru menutup pembelajaran
D. Pembelajaran Qiraah
(Membaca)
1. Pendahuluan
a. Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah
dipelajari sebagai persiapan pembelajaran qira’ah
b. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu membaca teks
bacaan tentang:
c. Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran qira’ah yang akan
diberikan
2. Kegiatan inti
a. Guru menunjukkan kepada siswa bahwa pembelajaran qira’ah ini berkaitan
dengan pembelajaran hiwar, yaitu tentang التعريف بالنفسي
b. Guru membacakan teks qira’ah dengan benar dan fasih
c. Siswa disuruh membaca teks qira’ah dengan benar dan fasih
d. Guru dan siswa mendiskusikan kepada siswa mengenai isi yang terkandung
dalam teks qira’ah.
e. Siswa diminta mencari makna mufradat dalam teks qira’ah yang belum
diketahui.
f. Guru menunjukkan arti mufradat yang belum dapat ditemukan siswa
g. Guru memerintahkan siswa menterjemahkan arti teks bacaan
h. Guru membenarkan kesalahan-kesalahan siswa dalam mengartikan teks
qira’ah.
i. Guru memberi latihan-latihan untuk menguji kemampuan siswa
terhadappenguasaan teks qira’ah Bahasa Arab - Kelas VIII
3. Penutup
a. Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
b. Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
c. Guru menutup pembelajaran
E. Pembelajaran Kitabah
(Menulis)
1. Pendahuluan
a. Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah
dipelajari sebagai persiapan pembelajaran qira’ah
b. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu membuat
kalimat yang berkaitan dengan tarkib yang telah dipelajari
c. Guru memberi penjelasan mengenai teknik pembelajaran kitabah yang akan
diberikan
2. Kegiatan inti
a. Guru menunjukkan kepada siswa bahwa pembelajaran kitabah ini berkaitan
dengan pembelajaran tarkib tentang macam- macam isim.
b. Siswa disuruh membuat kalimat dengan arahan yang berupa contoh
c. Guru menunjukkan macam- macam isim.
d. Guru memerintahkan siswa menterjemahkan arti kitabah yang telah ditulis.
3. Penutup
a. Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
b. Guru membenarkan kesalahan-kesalahan siswa dalam membuat kitabah.
c. Guru menutup pembelajaran.
الدرس الاول
التعريف
بالنفس
1. مهارة اللإستماع
v ألمفردات
الرقم
|
الفظ
|
المعنى
|
1
|
من
|
Siapa
|
2
|
طالب
|
Siswa
|
3
|
طالبة
|
Siswi
|
4
|
اسمي
|
Namaku
|
5
|
صديقي
|
Temanku
(laki-laki)
|
6
|
صديقتي
|
Temanku
(perempuan)
|
7
|
مدرس
|
Guru
(laki-laki)
|
8
|
مدرسة
|
Guru
(perempuan)
|
v التدريبات على اللإستماع
Ø Dengarkan salah
satu bunyi lafadz hijaiyah yang di dalam kotak اatau بsetelah
itu tarjamah ke bahasa indonesia dan tulis dalam kotak jawaban yang tersedia.
الأجوبة
|
الفظ
|
الرقم
|
|
ب
|
أ
|
||
Siswi
|
طالب
|
طالبة
|
1
|
......
|
صديقتي
|
صديقي
|
2
|
......
|
مدرسة
|
مدرس
|
3
|
......
|
من
|
من
|
4
|
......
|
اسم
|
اسمي
|
5
|
Ø Dengarkan salah
satu bunyi kalimat hijaiyah yang di dalam kotak اatau بsetelah
itu cocokkah dan tulis dalam kotak jawaban yang tersedia.
الأجوبة
|
الكلمة
|
الرقم
|
|
ب
|
أ
|
||
انا طالب
|
انا طالبة
|
انا طالب
|
1
|
......
|
هذه صديقتي
|
هذا صديقي
|
2
|
......
|
تلك مدرسة
|
ذلك مدرس
|
3
|
......
|
اسمي حسنة
|
اسمي حسن
|
4
|
......
|
هي طالبة
|
هو طالب
|
5
|
......
|
اسمها حميدة
|
اسمه حميد
|
6
|
......
|
من
تلك؟
|
من
ذلك؟
|
7
|
......
|
هذه اختي
|
هذا اخي
|
8
|
......
|
المدرسة
العالية
|
المدرسة
الثناوية
|
9
|
......
|
مدرسة
اللغة العربية
|
مدرس
اللغة العربية
|
10
|
2. مهارة الكلام
الحوار
مريم :
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
محمود : وعليكم ورحمة الله وبركاته
مريم :
من انت؟
محمود : انا طالب، اسمي محمود. ومن انت؟
مريم :
انا طالبة، اسمي مريم. ومن هذا؟
محمود : هذا طالب، هو صديقي اسمه حسن. ومن هذه؟
مريم :
هذه طالبة، هي صديقتي اسمها فريدا
v
التدريبات
على الكلام
أ.
إختر أصح الأجوبة وفقا لنص القرأة السابق!
1.
انا
.....، اسمي محمود ؟
(أ)
صديقي (ب) طالب (د) صدقتي (ج) طالبة
2.
انا
طالبة، اسمي ......؟
(أ)
فريدا ( ب) مريم (د)
حسن (ج) محمود
3.
من
هذا ؟
(أ)
هذا طالب (ب) هذه طالبة (د) هو صدقتي (ج) هي صديقي
4.
هو
صديقي ....... حسن ؟
(أ)
اسمي (ب) اسمه (د) اسمها (ج) اسمك
5.
هي
......... اسمها فريدا ؟
(أ)
صديقي (ب) طالب (د) صدقتي (ج) طالبة
ب.
إملإ الفراغ بكلمة مناسبة!
(هو.
انا. فريدا. طالب. صديقي. اسمه. صديقتي. طالبة. هذا. اسمها. هي. حسن. محمود. هذه. اسمي)
1.
.....
طالب، ..... محمود.
2. .....هذا ؟ ..... طالب.
3.
من
..... ؟ انا طالبة.
4.
هذا
........ اسمه .......
5. .... صديقتي....... فريدا.
3.
التركيب
أ.
اسم
ضمير (kata ganti)
الرقم
|
الفظ
|
المعنى
|
المثال
|
|
1
|
انا
|
Saya
|
انا طالب/ طالبة
|
|
2
|
انت
|
Kamu (Lk/مذكر)
|
من انت؟
|
|
3
|
انت
|
Kamu (Pr/مؤنث)
|
من انت؟
|
|
4
|
هو
|
Dia (Lk/مذكر)
|
هو طالب
|
|
5
|
هي
|
Dia (Pr/مؤنث)
|
هي طالبة
|
|
ب.
اسم
اشارة (kata petunjuk)
الرقم
|
الفظ
|
المعنى
|
المثال
|
1
|
هذا
|
Ini
(Lk/مذكر)
|
هذا
صديقي
|
2
|
هذه
|
Ini
(Pr/مؤنث)
|
هذه
صديقتي
|
3
|
ذلك
|
Guru
(Lk/مذكر)
|
ذلك
مدرس
|
4
|
تلك
|
Guru
(Pr/مؤنث)
|
تلك
مدرسة
|
Keterangan : هذا،
هذه untuk jarak dekat sedangkan ذلك، تلك untuk jarak jauh.
v
العبارات/المثال
الرقم
|
السؤل
|
الأجوبة
|
1
|
من
انت؟
|
انا
طالب، اسمي حميد
|
2
|
من
انت؟
|
انا
طالبة، اسمي عائشة
|
3
|
من
هذا؟
|
هذا
صديقي، هو طالب
|
4
|
من
هذه؟
|
هذه
صديقتي، هي طالبة
|
5
|
من
ذلك؟
|
ذلك
مدرس، اسمه عبد الله
|
|
من
تلك؟
|
تلك
مدرسة، اسمها ستي أمنة
|
v
التدريبات
على التركيب
إملإ
الفراغ باسم الضمير او باسم الإشارة
1.
من انت؟ ..... طالب.
2.
من ......؟ ...... طالبة
3.
...... صديقتي، ..... طالبة
4.
...... مدرس، اسمه عبد الله
5.
...... مدرسة، اسمها ستي أمنة
4.
مهارة القرأة
اسمي
حسنة، انا طالبة في المدرسة الثناوية الإسلامية. وهذه اختي اسمها لطيفة، هي طالبة
في المدرسة الإبتدائية الإسلامية. وهذا اخي اسمه حميد، هو طالب في المدرسة العالية الإسلامية.
اسمي
قاسيم، . انا طالب في هذا المدرسة الثناوية الإسلامية. وهذا ابي اسمه عبدالله هو
فلاح. وهذه امي اسمها فاطمة هي طبيبة الأطفال. وهذه جدتي اسمها زينب هي بائعة.
اسمي
فوزا، انا طالب في المدرسة الثناوية الإسلامية. وهذه صديقتي اسمها عائشة هي طالبة في
المدرسة الثناوية الإسلامية ايضا. وذلك ألاستاذ عبد الفتاح هو ناظر المدرسة. تلك
مدرستي اسمها ستي نبيلة هي مدرسة اللغة العربية.
v
التدريبات
على القرأة
اجب
وقفا لنص القرأة
1.
من صديقة فوزا ؟ 6.
من حميد؟
2.
من ستي نبيلة؟ 7. ما اسم اخت حسنة؟
3.
ما اسم طبيبة الأطفال؟ 8.
من قاسيم؟
4.
ما اسم بائعة؟ 9.
ما اسم اخو حسنة؟
5.
من ألاستاذ عبد الفتاح؟ 10.
مااسم ابو القاسم؟
5.
مهارة الكتابة
اكتب
الكلمات الاتية
o
من
هذه؟ هذه طالبة، هي عائشة، هي صديقتي.
o
من
انت؟ انا طالب، اسمي فاروق.
o
انت
صديقتي يا حسنة! وانت صديقي يا حميد
o
هذا
حميد، هو طالب، هو صديقي
o
اسمي
حسنة، انا طالبة
v
التدريبات
على الكتابة
رتب
الكلمات الاتية
1.
يا صديقي - صديقتي - انت - حسين - يا - خديجة - انت – و
2.
طالبة - حسنة - صديقتي - هذه - هي - هي
3.
حسن - انا - اسمي - طالبة
4.
هو - هو - حسين - طالب - صديقي – هذا
5.
هذا - هذا - حسن - من - ؟ - طالب - هو