Sunday, 24 June 2018

Contoh Buku Ajar Bahasa Arab




الباب الأول

التعريف بالنفس
KOMPETENSI INTI
K1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam.
K2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
K3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
K4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa arab sebagai bahasa pengantar  komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam    melakasanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam    melakasanakan komunikasi fungsional.
3.1 Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :  التعريف بالنفسي dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.2 Memahami cara memeritahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait topic: التعريف بالنفسي dengan memperhatikan unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3 Memahami secara sederhana unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya dari teks terkait topic : التعريف بالنفسي yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimuli terkait topic : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topic : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan unsure kebahasaan, struktur teks dan unsure budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan : التعريف بالنفسي dengan memperhatikan unsure kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
INDIKATOR
1.                  Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: التعريف بالنفسي
2.                  Menerapkan percakapan terkait topik: ا التعريف بالنفسي
3.                  Menerangkan isi teks bacaan yang terkait topik: التعريف بالنفسي
4.                  Menyusun teks tulis yang terkait topik : التعريف بالنفسي

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu mendengar, bercakap, membaca dan menulis dengan bahasa Arab yang berkaitan dengan topik: ا التعريف بالنفسي
PETUNJUK GURU
Pembelajaran Istima’
 1. Pendahuluan
a. Siswa melihat mufradat, dan guru menanyakan makna yang terdapat pada gambar.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu mengenalkan mufradat yang berkaitan dengan.
c. Guru menyuruh siswa melihat mufradat yang ada, kemudian menanyakan mufradat yang telah diketahui.
 2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak siswa mendiskusikan makna yang terdapat dalam mufradat
b. Guru memerintahkan siswa mencari arti mufradat yang belum diketahui dalam kamus atau di buku
c. Guru memerintahkan siswa menutup buku, kemudian membacakan mufradat dan siswa menirukan
d. Guru membacakan mufradat dan siswa mengartikan makna mufradat yang dibacakan guru
e. Guru memerintahkan siswa untuk membaca mufradat dengan tepat beserta maknanya.
f. Guru memberi latihan (tadrib)untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap mufradat baru
g. Guru membuat penilaian terhadap kemampuan penguasaan mufradat siswa
 3. Penutup
a. Guru memberi kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah dilaksanaka
b. Guru memberikan pesan dan penugasan kepada siswa
c. Guru menutup pembelajaran mufradat
B. Pembelajaran Hiwar (Percakapan)
 1. Pendahuluan
a. Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah dipelajari
Bahasa Arab - Kelas VII
b. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu melakukan percakapan tentang 
c. Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran hiwar yang akan diberikan
 2. Kegiatan inti
a. Guru menanyakan siswa tentang tema dan siswa menjawab sesuai dengan
kemampuannya
b. Guru membenarkan jawaban siswa yang mengalami kesalahan
c. Guru memberi contoh percakapan tentang tema , disertai dengan penjelasan
mengenai arti kata yang masih belum difahami sisawa.
d. Siswa mempraktekkan hiwar (percakapan) tentang
e. Guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
 3. Penutup
a. Siswa diminta mengerjakan latihan-latihan membuat konsep hiwar secara tertulis
b. Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
c. Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
d. Guru menutup pembelajaran
C. Pembelajaran Tarkib
 1. Pendahuluan
a. Siswa diminta menyebutkan isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk), kemudian guru menanyakan isim tersebut.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu mengenalkan isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk).
c. Guru menanyakan mengapa bisa terjadi perbedaan.
 2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak siswa mendiskusikan perbedaan antara isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk)
b. Guru menjelaskan kepada siswa perbedaan antara isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk)
c. Guru memerintahkan siswa untuk memperhatikan isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk) di Buku Siswa Madrasah Tsanawiyah
d. Guru menyampaikan kesimpulan
e. Guru memerintahkan siswa untuk menjawab.
f. Guru memberi latihan (tadrib) untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap isim dhomir (kata ganti) dan isim isyaroh (kata petunjuk).
g. Guru membuat penilaian terhadap kemampuan penguasaan siswa terhadap materi yang ada
 3. Penutup
a. Guru memberi kunci jawaban dari tadribyang diberikan.
b. Guru menutup pembelajaran
D. Pembelajaran Qiraah (Membaca)
 1. Pendahuluan
a. Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah dipelajari sebagai persiapan pembelajaran qira’ah
b. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu membaca teks bacaan tentang:
c. Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran qira’ah yang akan diberikan
 2. Kegiatan inti
a. Guru menunjukkan kepada siswa bahwa pembelajaran qira’ah ini berkaitan dengan pembelajaran hiwar, yaitu tentang التعريف بالنفسي
b. Guru membacakan teks qira’ah dengan benar dan fasih
c. Siswa disuruh membaca teks qira’ah dengan benar dan fasih
d. Guru dan siswa mendiskusikan kepada siswa mengenai isi yang terkandung dalam teks qira’ah.
e. Siswa diminta mencari makna mufradat dalam teks qira’ah yang belum diketahui.
f. Guru menunjukkan arti mufradat yang belum dapat ditemukan siswa
g. Guru memerintahkan siswa menterjemahkan arti teks bacaan
h. Guru membenarkan kesalahan-kesalahan siswa dalam mengartikan teks qira’ah.
i. Guru memberi latihan-latihan untuk menguji kemampuan siswa terhadappenguasaan teks qira’ah Bahasa Arab - Kelas VIII
 3. Penutup
a. Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
b. Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
c. Guru menutup pembelajaran
E. Pembelajaran Kitabah (Menulis)
 1. Pendahuluan
a. Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah dipelajari sebagai persiapan pembelajaran qira’ah
b. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu membuat kalimat yang berkaitan dengan tarkib yang telah dipelajari
c. Guru memberi penjelasan mengenai teknik pembelajaran kitabah yang akan diberikan
 2. Kegiatan inti
a. Guru menunjukkan kepada siswa bahwa pembelajaran kitabah ini berkaitan dengan pembelajaran tarkib tentang macam- macam isim.
b. Siswa disuruh membuat kalimat dengan arahan yang berupa contoh
c. Guru menunjukkan macam- macam isim.
d. Guru memerintahkan siswa menterjemahkan arti kitabah yang telah ditulis. 
 3. Penutup
a. Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
b. Guru membenarkan kesalahan-kesalahan siswa dalam membuat kitabah.
c. Guru menutup pembelajaran.











الدرس الاول
التعريف بالنفس
1. مهارة اللإستماع
v  ألمفردات
الرقم
الفظ
المعنى
1
من
Siapa
2
طالب
Siswa
3
طالبة
Siswi
4
اسمي
Namaku
5
صديقي
Temanku (laki-laki)
6
صديقتي
Temanku (perempuan)
7
مدرس
Guru (laki-laki)
8
مدرسة
Guru (perempuan)
v  التدريبات على  اللإستماع
Ø  Dengarkan salah satu bunyi lafadz hijaiyah yang di dalam kotak  اatau  بsetelah itu tarjamah ke bahasa indonesia dan tulis dalam kotak jawaban yang tersedia.
الأجوبة
الفظ
الرقم
ب
أ
Siswi
طالب
طالبة
1
......
صديقتي
صديقي
2
......
مدرسة
مدرس
3
......
من
من
4
......
اسم
اسمي
5
Ø Dengarkan salah satu bunyi kalimat hijaiyah yang di dalam kotak  اatau  بsetelah itu cocokkah dan tulis dalam kotak jawaban yang tersedia.
                الأجوبة
الكلمة
الرقم
ب
أ
انا طالب
انا طالبة
انا طالب
1
......
هذه صديقتي
هذا صديقي
2
......
تلك مدرسة
ذلك مدرس
3
......
اسمي حسنة
اسمي حسن
4
......
هي طالبة
هو طالب
5
......
اسمها حميدة
اسمه حميد
6
......
من تلك؟
من ذلك؟
7
......
هذه اختي
هذا اخي
8
......
المدرسة العالية
المدرسة الثناوية
9
......
مدرسة اللغة العربية
مدرس اللغة العربية
10

2. مهارة الكلام
الحوار
مريم                : السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
محمود      : وعليكم ورحمة الله وبركاته
مريم                : من انت؟
محمود      : انا طالب، اسمي محمود. ومن انت؟
مريم                : انا طالبة، اسمي مريم. ومن هذا؟
محمود      : هذا طالب، هو صديقي اسمه حسن. ومن هذه؟
مريم                : هذه طالبة، هي صديقتي اسمها فريدا
v    التدريبات على الكلام
أ. إختر أصح الأجوبة وفقا لنص القرأة  السابق!
                                1.       انا .....، اسمي محمود ؟
(أ) صديقي     (ب) طالب           (د) صدقتي     (ج) طالبة
                                2.       انا طالبة، اسمي ......؟
(أ) فريدا      ( ب) مريم            (د) حسن      (ج) محمود
                                3.       من هذا ؟
(أ) هذا طالب  (ب) هذه طالبة        (د) هو صدقتي         (ج) هي صديقي
                                4.       هو صديقي ....... حسن ؟
(أ) اسمي                (ب) اسمه              (د) اسمها      (ج) اسمك
                                5.       هي ......... اسمها فريدا ؟
(أ) صديقي     (ب) طالب           (د) صدقتي     (ج) طالبة
ب. إملإ الفراغ بكلمة مناسبة!
(هو. انا. فريدا. طالب. صديقي. اسمه. صديقتي. طالبة. هذا. اسمها. هي. حسن. محمود. هذه. اسمي)
1.   ..... طالب، ..... محمود.
2.   .....هذا ؟ ..... طالب.
3.   من ..... ؟ انا طالبة.
4.   هذا ........ اسمه .......
5.   .... صديقتي....... فريدا.
3. التركيب
أ‌.         اسم ضمير (kata ganti)
الرقم
الفظ
المعنى
المثال
1
انا
Saya
انا طالب/ طالبة
2
انت
Kamu (Lk/مذكر)
من انت؟
3
انت
Kamu (Pr/مؤنث)
من انت؟
4
هو
Dia (Lk/مذكر)
هو طالب
5
هي
Dia (Pr/مؤنث)
هي طالبة






ب‌.  اسم اشارة (kata petunjuk)
الرقم
الفظ
المعنى
المثال
1
هذا
Ini (Lk/مذكر)
هذا صديقي
2
هذه
Ini (Pr/مؤنث)
هذه صديقتي
3
ذلك
Guru (Lk/مذكر)
ذلك مدرس
4
تلك
Guru (Pr/مؤنث)
تلك مدرسة
Keterangan : هذا، هذه  untuk jarak dekat sedangkan ذلك، تلك   untuk jarak jauh.
v    العبارات/المثال
الرقم
السؤل
الأجوبة
1
من انت؟
انا طالب، اسمي حميد
2
من انت؟
انا طالبة، اسمي عائشة
3
من هذا؟
هذا صديقي، هو طالب
4
من هذه؟
هذه صديقتي، هي طالبة
5
من ذلك؟
ذلك مدرس، اسمه عبد الله

من تلك؟
تلك مدرسة، اسمها ستي أمنة

v    التدريبات على  التركيب
إملإ الفراغ باسم الضمير او باسم الإشارة
1. من انت؟ ..... طالب.
2. من ......؟ ...... طالبة
3. ...... صديقتي، ..... طالبة
4. ...... مدرس، اسمه عبد الله
5. ...... مدرسة، اسمها ستي أمنة
4. مهارة القرأة
اسمي حسنة، انا طالبة في المدرسة الثناوية الإسلامية. وهذه اختي اسمها لطيفة، هي طالبة في المدرسة الإبتدائية الإسلامية. وهذا اخي اسمه حميد،  هو طالب في المدرسة العالية الإسلامية.
اسمي قاسيم، . انا طالب في هذا المدرسة الثناوية الإسلامية. وهذا ابي اسمه عبدالله هو فلاح. وهذه امي اسمها فاطمة هي طبيبة الأطفال. وهذه جدتي اسمها زينب هي بائعة.
اسمي فوزا، انا طالب في المدرسة الثناوية الإسلامية. وهذه صديقتي اسمها عائشة هي طالبة في المدرسة الثناوية الإسلامية ايضا. وذلك ألاستاذ عبد الفتاح هو ناظر المدرسة. تلك مدرستي اسمها ستي نبيلة هي مدرسة اللغة العربية.
v    التدريبات على القرأة
اجب وقفا لنص القرأة
1. من صديقة فوزا ؟                         6. من حميد؟
2. من ستي نبيلة؟                            7. ما اسم اخت حسنة؟
3. ما اسم طبيبة الأطفال؟                    8. من  قاسيم؟
4. ما اسم بائعة؟                             9. ما اسم اخو حسنة؟
        5. من ألاستاذ عبد الفتاح؟                   10. مااسم  ابو القاسم؟
5. مهارة الكتابة
اكتب الكلمات الاتية
o        من هذه؟ هذه طالبة، هي عائشة، هي صديقتي.
o        من انت؟ انا طالب، اسمي فاروق.
o        انت صديقتي يا حسنة! وانت صديقي يا حميد
o        هذا حميد، هو طالب، هو صديقي
o        اسمي حسنة، انا طالبة
v    التدريبات على الكتابة
رتب الكلمات الاتية
1. يا  صديقي - صديقتي - انت -  حسين - يا - خديجة - انت – و
2.  طالبة - حسنة - صديقتي - هذه - هي  - هي
3. حسن - انا - اسمي - طالبة
4. هو - هو - حسين - طالب - صديقي – هذا
5. هذا - هذا - حسن - من - ؟ - طالب - هو