RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Satuan
Pendidikan : MTs
Mata
Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas / Semester : IX/ Ganjil
Pertemuan
Ke- : 1
Alokasi
Waktu : 15menit
Kompetensi INTI
1. MENDENGARKAN/ISTIMA’
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentangخالق العالم/
Kompetensi Dasar
1.1
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan
sederhana tentangخالق
العالمdenganmenggunakan fiil madhi (فعل الماضى) dasar atau
kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah.
Indikator:
Dapat:
Dapat:
§ Mendengarkan wacana lisan tentang خالق العالم
§ Melengkapi kalimat rumpang dengan kata
yang tepat secara mandiri dan berfikir logis
§ Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan
wacana lisan dengan kreatif dan berfikir logis
§
Menyebutkan kosakata baru tentang perayaan dari wacana lisan secara mandiri
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
§ Mendengarkan wacana lisan tentang pembentukan
kepanitiaan
§ Melengkapi kalimat rumpang dengan kata
yang tepat secara mandiri dan berfikir logis
§ Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan
wacana lisan dengan kreatif dan berfikir logis
§ Menyebutkan kosakata baru tentang
perayaan dari wacana lisan secara mandiri
B.
Materi Pembelajaran
§ Menjawab pertanyaan wacana lisan tentang
خالق العالم
C.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang even even keagamaan
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang خالق العالم
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang خالق العالم (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang خالق العالم (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang خالق العالم (Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan خالق العالم
(Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
3
10
2
|
Pemahaman Konsep
|
E.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas IX
§ Teks wacana tentang perayaan
§ Media audio visul lain
F.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat
sesuai dengan isi wacana lisan tentang خالق العالم
§ Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan wacana lisan
tentang خالق
العالم
|
§ Tes tulis dan lisan
§ Tanya jawab
|
Uraian
|
§ Tulislah paragraf sederhana tentang خالق العالم
denganmenggunakan fiil madhi (فعل الماضى) dasar atau
kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah
|
Mengetahui
Kepala
Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru
Bidang Studi Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Satuan
Pendidikan : MTs
Mata
Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas / Semester : IX/ Ganjil
Pertemuan
Ke- : 2
Alokasi
Waktu : 15 menit
A.
Kompetensi INTI
1. MENDENGARKAN/ISTIMA’
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang خالق العالم
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Memberikan
tanggapan/ respons yang terdapat pada
wacana lisan atau dialog sederhana tentang خالق العالم
dengan menggunakan fiil
madhi (فعل الماضى) dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah
idhofah
Indikator:
Dapat:
§ Mendengarkan wacana lisan tentang خالق العالم
§ Menjawab pertanyaan isi wacana tentang خالق العالم secara
komunikatif dan berfikir logis
§ Menuliskan pokok-pokok pikiran dan wacan
lisan tentang خالق العالم dengan kreatif
C.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Mendengarkan wacana lisan tentang خالق العالم
§ Menjawab pertanyaan isi wacana tentang خالق العالم secara
komunikatif dan berfikir logis
§ Menuliskan pokok-pokok pikiran dan wacan
lisan خالق العالم dengan kreatif
D.
Materi Pembelajaran
§ Mengungkapkan pokok-pokok pikiran dari
wacana lisan tentang خالق
العالم
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang even even keagamaan
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang خالق العالم
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang خالق العالم
(eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang خالق العالم (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang دينيةمناسبات(Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan خالق العالم (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
3
7
2
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas IX
§ Teks wacana tentang خالق العالم
§ Kamus
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjawab pertanyaan tentang kegiatan خالق العالم
sesuai isi wacana lisan yang didengar
§ Mengungkapkan pokok pokok isi kandungan wacana lisan
tentang خالق
العالم
|
§ Berdiskusi
§ Tanya jawab
|
Uraian
|
§ Jawablah pertanyaan tentang kegiatan خالق العالم
sesuai isi wacana lisan yang didengar !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
.............. ,
...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Satuan
Pendidikan : MTs
Mata
Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas / Semester : IX/ Ganjil
Pertemuan
Ke- : 3
Alokasi
Waktu : 15 menit
Kompetensi INTI
1. MENDENGARKAN/ISTIMA’
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang خالق العالم
Kompetensi Dasar
1.3 Mengungkapkan
kembali cerita yang telah didengar tentang خالق العالم
dengan menggunakan fiil
madhi (فعل الماضى) dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlahidhofah
Indikator:
Dapat:
§ Mendengarkan kisah singkat narasumber
tentang kegiatan ibadah haji
§ Menjawab pertanyaan tentang pengalaman narasumber dalam
pelaksanaan ibadah hajidengan kreatif
dan komunikatif
§ Menyebutkan kata kerja yang digunakan
dalam pelaksanaan ibadah hajidengan berfikir logis
§ Menceritakan kembali kisah narasumber
tentang pelaksanaan ibadah hajidengan kreatif
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Mendengarkan kisah singkat narasumber
tentang خالق العالم Menjawab pertanyaan tentang pengalaman narasumber dalam خالق العالم kreatif dan
komunikatif
§ Menyebutkan kata kerja yang digunakan
dalam خالق العالم berfikir logis
§
Menceritakan kembali kisah narasumber tentang خالق العالم
dengan kreatif
B.
Materi Pembelajaran
1.
Menceritakan kembali kisah singkat tentang خالق العالم
narasumber
C.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran
terutama untuk kegiatan awal.
2.
Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang خالق العالم
3.
Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan
dengan materi kegiatan pembelajaran
4.
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling
mengomentari pajangan
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
1.
Menanyakan kepada siswa tentang خالق العالم
2.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
3.
Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang خالق العالم
(eksplorasi)
4.
Siswa membaca
berbagai sumber tentang خالق العالم (Eksplorasi)
5.
Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang خالق العالم (Elaborasi)
6.
Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
7.
Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan خالق العالم (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
8.
Guru melaksanakan penilaian lisan
9.
Memberikan tugas pengayaan
|
3
10
2
|
Pemahaman Konsep
|
E.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku paket Bahasa Arab kelas IX
2.
Teks wacana tentang kegiatan
3.
Rekaman cerita
F.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
1.
Menyebutkan
kata kerja yang digunakan narasumber dalam bercerita
2.
Menceritakan
kembali kisah singkat yang telah didengar dari narasumber
|
3.
Bercerita
|
Uraian
|
4.
Sebutkan
kata kerja yang digunakan narasumber dalam bercerita !
|
Mengetahui
Kepala
Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|