SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VII
(tujuh)
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI-1 :Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :Menghayati
dan mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong,
kerja sama, toleran,damai), santun, responsif,
proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI-3 :Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya, dan
humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
proseduralpada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI-4 :Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yangdiwujudkan dalam semangat belajar.
|
- Membiasakan peserta didik untuk menyadari bahwa kemampuan berbicara
adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah
|
Afektif:
- Guru membiasakan peserta didik agar menyadari
bahwa kemampuan membaca adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh
Allah
- Guru memotivasi peserta didik untuk santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
|
· Pengamatan
· Penilaian
diri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
20
menit
|
·
Guru
·
Lks Bahasa Arab kelas VII
·
Notebook/
proyektor
·
Papan tulis
·
Spidol
·
Penghapus
·
Kertas folio
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
pedulidalam melaksanakan komunikasi antarpribadi dengan guru dan teman.
|
- Memberi motivasi peserta didik untuk santun dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
- Membiasakan perilaku peduli dalam melaksanakan komunikasi antar
pribadi dengan sesama .
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
|||
3.1 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan البيت
|
- Bacaan tentang topic البيت
- pengenalan qowaid
(النعت و المنعوت)
|
Mengamati :
-
Mengamati teks البيت dan dapat mengetahui na’at dan man’ut yang ada pada
teks tersebut.
-
Mencari النعت و المنعوت didalam teks البيت.
Mengeksplorasi
-
merangkai kata menggunakan النعت و المنعوت sesuai dengan kaidah yang ada.
-
Menyusun kata, dan kalimat sederhana tentang
tema/topic identitas pribadi sesuai kaidahالنعت و
المنعوت .
-
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan النعت و المنعوت
Mengasosiasikan:
-
Mampu menemukan na’at dan man’ut yang ada di
teksالبيت .
-
Menjelaskan arti dari kosa kata teks dengan temaالبيت
|
· Tes tulis
|
||
4.1 menyampaikan berbagai informasi baik secara
lisan maupun tertulis dengan sederhana serta memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks secara benar dan sesuai koteks yang berkaitan dengan: البيت.
|
|