Monday 17 September 2018

DESAIN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF




KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan tugas makalah mata kuliah Bemain dan Permainan AUD tentang Terapi Bermain dan Tahapan Bermain Pada AUD.
Harapan kami makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi siapa saja dan bermanfaat untuk mengembangkan wawasan serta peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Namun demikian makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk di masa yang akan datang.














DESAIN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF

Makalah
Disusun untuk memenuhi tugas makalah mata kuliah APE Terapan yang diampu oleh Dosen MULIATUL MAGHFIRAH M.PD.I


Oleh


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
                                                              2018                      




DAFTAR ISI

SAMPUL ...................................................................................................... I
KATA PENGANTAR ............................................................................... II
DAFTAR ISI ............................................................................................. III
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.............................................................................. 1
B. Rumusan Masalah.......................................................................... 1
C. Tujuan Pembahasan....................................................................... 1...     
BAB II PEMBAHASAN                       
A. Pengertian Alat Permainan Edukatif............................................. 2
B. Tujuan Alat Permainan Edukatif................................................... 2
C. Karakteristik Alat Permainan Edukatif......................................... 3
D. Desain Pembuatan Alat Edukatif.................................................. 3
BAB III PENUTUP                               
A. Kesimpulan.................................................................................... 5 
DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan kepada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini member kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Tentunya lembaga PAUD sebagai penyelenggara perlu menyediakan sebagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti; kreativitas, kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik, dan motorik anak.
Untuk dapat meningkatkan kreatifitas anak perlu diberikan alat permainan yang sesuai dengan usia anak dan dapat merangsang kreativitas anak. Salah satu alat permainan yang dapat diberikan kepada anak untuk mengembangkan kreativitasnya adalah alat permainan edukatif.
B.     Rumusan Masalah
a.       Apa Definisi Alat Permainan Edukatif?
b.      Apa Saja Tujuan Alat Permainan Edukatif Bagi AUD?
c.       Apa Saja Karakteristik Alat Permaiana Edukatif?
d.      Bagaimana Cara Desain, Pembuatan Alat Permainan Edukatif?
C.     Tujuan
a.       Memahami Alat Permainan Edukatif Secara Luas.
b.      Mengetahui Tujuan Dari APE Bagi AUD.
c.       Mengetahui Karakteristik APE.
d.      Mengetahui Cara Desain, Pembuatan APE.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Desain dan Alat Permainan Edukatif
Desain merupakan suatu sistem untuk segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan dengan melihat segala sesuatu persoalan tidah secara terpisah atau tersendiri. Namun secara khusus desain merupakan sesuatu yang berkaitan dengan kegunaan atau fungsi benda dan ketetapan pemilihan bahan serta memperhatikan segi keindahan.[1]
Istlah alat permainan edukatif memiliki dua makna pokok, yaitu alat permainan dan edukatif. Alat permainan adalah alat yang digunakan untuk memenuhi naluri bermainnya. Sedangkan kata edukatif adalah nilai-nilai pendidikan. Maka kedua makna tersebut dapat disimpulkan bahwa alat permainan alat edukatif merupakan segala sesuatu (alat) yang dapat dijadikan sebagai sarana bermain yang sekaligus bermanfaat bagi perkembangan anak.[2]
Mayke Sugianto, mengemukakan bahwa alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang sengaja dirancang khusus untuk kepentingan pendidikan.[3] Dari pengertian ini menunjukkan alat permaiana edukatif pada pengembangan dan pemanfaatannya tidak semua alat permainan yang digunakan anak usia dini itu dirancang secara khusus untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak.
B.     Tujuan Alat Permainan Edukatif
Adapun tujuan dari alat prmainan edukatif baik itu kepada pendidik (guru) maupun pada anak usia dini. dalam tujuan ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu
a.       Tujuan untuk anak, meliputi: untuk memudahkan anak belajar, untuk melatih konsentrasi anak, untuk media kreativitas dan imajenasi anak, untuk menghilangkan kejenuhan anak, untuk menambah ingatan anak, dan untuk bahan percobaan anak.
b.      Tujuan untuk pendidik, meliputi: untuk mempermudah menyampaikan materi, untuk melatih kreativitas pendidik, untuk mengatasi keterbatasan waktu, tempat maupun bahasa.
C.     Karakteristik Alat Permaiana Edukatif
Sebagaimana yang sudah dijelaskan tentang pengertian alat permainan edukatif diatas, penting bagi pendidik (guru dan orang tua) untuk memilih dan memilah alat permainan yang cocok dan mendidik serta dapat bermanfaat bagi anak usia dini.
Terdapat beberapa cirri alat permainan edukatif, diantaranya;
a.       Dapat digunakan dalam berbagai cara.
b.      Ditujukan terutama untuk anak-anak usia dini dan berfungsi untuk mengembangkan berbagai perkembangan, kecerdasan, serta motorik anak.
c.       Segi keamanan sangat diperhatikan baik itu dari bentuk, penggunaan cat (warna), maupun pemilihan bahannya.
d.      Membuat anak terlibat secara aktif
e.       Sifatnya konstruktif
f.       Alat permainan harus mudah digunakan oleh guru maupun anak.
g.      Alat permainan hendaknya menarik, menyenangkan dan tidak membosankan.[4]
D.    Desain, Pembuatan Alat Permainan Edukatif
Dalam mendesain suatu alat permainan untuk anak usia dini, maka diharapakan dapat melakukan dengan persiapan dan perencanaan yang teliti. Secara umum langkah-langkah sistematis yang perlu dilakukan pada saat membuat rancangan (mendesain) alat permainan diantaranya;
a.       Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa.
b.      Merumuskan tujuan intruksional dengan operasional dan khas.
c.       Mengembangkan alat pengukur keberhasilan.
Dalam pembuatan alat permainan edukatif ada beberapa prinsip yang harus diprhatikan. Diantanya;
a.       Alat permainan yang dibuat hendaknya multi guna.
b.      Bahan mudah di dapat.
c.       Tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi anak.
d.      Dapat menimbulkan kreativitas.
e.       Sesuai dengan tujuan dan fungsi sarana.
f.       Dapat digunakan secara individual, kelompok, dan klasikal.
g.      Dibuat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.[5]

  








BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari pembahasan di atas, dapat disimpulakn bahawa desain merupakan sesuatu yang berkaitan dengan kegunaan atau fungsi benda dan ketetapan pemilihan bahan serta memperhatikan segi keindahan. Sedangkan alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang sengaja dirancang khusus untuk kepentingan pendidikan dengan tujuan untuk memudahkan anak belajar, melatih konsentrasi anak, media kreativitas dan imajenasi anak, menghilangkan kejenuhan anak, dan menambah ingatan anak dan juga untuk mempermudah menyampaikan materi bagi pendidik,  melatih kreativitas pendidik, mengatasi keterbatasan waktu, tempat maupun bahasa dalam mengajar.
Terdapat beberapa cirri alat permainan edukatif, diantaranya; Dapat digunakan dalam berbagai cara, Ditujukan terutama untuk anak-anak usia dini dan berfungsi untuk mengembangkan berbagai perkembangan. Dalam mendesain suatu alat permainan untuk anak usia dini, maka diharapakan dapat melakukan dengan persiapan dan perencanaan yang teliti. Baik itu dari segi bahan, manfaat dan lain sebagainya.







DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar.  Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Fadlillah, Bermain dan Permainan AUD, Jakarta: KENCANA, 2017.
Mulyani, Novi.  Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini , Yogyakarta: KALIMEDIA, 2016.




[1] https://definisi-desain, diakses tanggal 2018/09/17, pukul: 11:37
[2] M. Fadlillah, Bermain dan Permainan AUD (Jakarta: KENCANA, 2017), hlm. 56.
[3] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), hlm. 38.
[4] Novi Mulyani, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Yogyakarta: KALIMEDIA, 2016), hlm. 128-130.
[5] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran,,,,,,,,,.hlm. 29-31.