Monday 17 September 2018

HAKIKAT TEKNOLOGI INFORMASI



HAKIKAT TEKNOLOGI INFORMASI

MAKALAH

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Tinggi
Dosen Pengampu Iskandar


Disusun Oleh :




JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
2018




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah penulis senantiasa memanjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah SWT. yang telah banyak mengaruniakan kenikmatan berupa kesehatan, semangat dan kesempatan sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini dengan baik. Sholawat serta salam semoga senantiasa teralir deras kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai penuntun terbaik untuk ummat dalam mencari ridho Allah SWT. untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.
Selanjutnya, penulis sampaikan banyak terima kasih kepada para pihak yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis yakin dalam penulisan ini masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi, hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan penulis sendiri dan minimnya bahan-bahan yang memang menjadi acuan dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, saran dan kritikan penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan selanjutnya.




Pamekasan, 17 September 2018


Penulis








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR ISI  .................................................................................................  iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
A.  Latar Belakang........................................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah ..................................................................................... 1
C.  Tujuan........................................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 2
A.  Pengertian Teknologi Informasi.............................................................. .. 2
B.  Pemanfaatan Teknologi Informasi.......................................................... .. 4
BAB III PENUTUP......................................................................................... 10
A.  Kesimpulan ............................................................................................ 10
B.  Saran ...................................................................................................... 10
 BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemajuan yang dicapai oleh manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang dengan pesat. Pola hidup manusia dengan kemajuan ilmu dan teknologi mempunyai hubungan yang erat, pendidikan mungkin wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Dalam rangka kegiatan pendidikan, ada beberapa media TIK yang dapat digunakan dalam pembelajaran, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih. Beberapa media yang paling akrab hampir semua sekolah memanfaatkan adalah media cetak (buku). Selain itu banyak juga sekolah yang telah
memanfaatkan jenis media lain, seperti gambar, model, dan over head projector (OHP) dan objek-objek nyata. Sedangkan media TIK yang telah diketahui seperti televisi, radio, komputer dan internet, program pembelajaran komputer dan internet masih jarang digunakan guru meskipun sebenarnya media TIK tersebut sudah tidak asing lagi bagi sebahagian guru.

B.     Rumusan Masalah
1.      Pengertian Teknologi Informasi?
2.      Bagaimana Pemanfaatan Teknologi Informasi?

C.    Tujuan
1.      Untuk Mengetahui Pengertian Teknologi Infformasi.
2.      Untuk Mengetahui Manfaat Tekonogi Informasi.



BAB II
PENDAHULUAN
A.    Hakikat Teknologi Informasi
1.      Teknologi Informasi
Perkebangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya dikenal dengan istilah (Teknoogi Informasi ). Pada awal ya Teknolog i Informasi dikembangkan manusia pada masa prasejarah dan berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk -bentuk yang mereka kenal, mereka meggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Sampai saat ini teknolog i informasi terus berkebang tetapi penyampaikan dan bentuk yang sudah lebih modern.
Menur t Bambang War ita (2008:15) teknologi informasi adalah sarana dan praarana hardwar , software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan , menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan mengguakan data makna. Di era teknologi informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari gaya hidup, apalagi dalam dunia akademik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasilteknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yangdapat disediakan dan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.Di samping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya. apabilamedianya belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran. Dalam komunikasi pembelajaran, mediapembelajaran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pencapaian tujuanpembelajaran .
Dengan menggunakan media, interaksi antara guru dan siswa tidak lagi hanya dilakukanmelalui hubungan tatap muka. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapanlangsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yangluas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakankomputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebutcyber teaching atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan denganmenggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu modelpembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi berupa (hardware, software, useware) yang digunakan untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna untuk memperoleh informasi yang berkualitas.
2.      Perangkat-Perangkat Teknologi Informasi
Dalam memanfaatkan TI diperlukan peralatan/perangkat yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu informasi, berikut menurut Jamal M.A (2011:164-166) perangkat-perangkat teknologi informasi :
1) Komputer
Komputer adalah perangkat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.
2) Laptop/Notebook
Laptop/notebook adalah perangkat canggih yang fungsinya sama dengan komputer, tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan dibawa kemana-mana.
3) Deskbook
Deskbook adalah perangkat sejenis komputer dengan bentuknya yang jauh lebih praktis, yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakkan di atas meja tanpa memakan banyak tempat.
4) Personal Digital Assistant (PDA)/Komputer Genggam
PDA adalah perangkat sejenis komputer, tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukkan dalam saku. Walaupun begitu, fungsinya hampir sama dengan komputer pribadi yang dapat mengolah data.
5) Flashdisk, CD, DVD, Disket, Memorycard
Flashdisk adalah media penyimpanan data yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar.
Aplikasi TI di dunia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari TI, belajar jarak jauh, informasi dan pengetahuan tentang pendidikan. Menurut Davies (dalam Suyanto: 326), penggunaan perangkat lunak TI dalam proses pembelajaran akan meningkatkan efisiensi, meningkatkan motivasi, memberi fasilitas belajar aktif memfasilitasi belajar eksprimental, konsisten dengan belajar yang berpusat pada siswa dan memandy untuk belajar lebih baik.
Teknologi Informasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagai berikut. Interaksi antara dosen dan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Dosen dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan mahasiswa. Demikian pula mahasiswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan computer dan internet. Hal yang paling mutakhir adalah perkembangan apa yang disebut “cyber space” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
B.     Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar
Istilah pemanfaatan berasal dari kata faedah atau guna dan mendapat imbuhan pe-an. Menurut Bambang Warsita (2008: 37) pemanfaatan adalah tindakan menggunakan metode dan model instruksional, bahan dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran. Hal yang sama disampaikan oleh Seel dan Richey (2005: 50) bahwa pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber belajar adalah proses mendayagunakan atau memanfaatkan sumber-sumber belajar guna mencapai tujuan yang diinginkan. Jika dikaitakan dengan TI dapat dimengerti bahwa
pemanfaatan sebagai sumber belajar adalah memanfaatkan TI untuk membantu dalam belajar atau dijadikan sebagai alternatif sumber belajar.
Teknologi Informasi bisa dikatakan sebagai sumber belajar karena mempunyai kemudahan dalam mengakses informasi dan pengetahuan secara luas, cepat, dan mudah. Setiap orang dapat mengakses informasi dari mana saja, kapan saja, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Kecanggihan-kecanggihan yang dimiliki TI telah menunjang kebutuhan setiap orang menjadi lebih efektif dan efisien untuk memperoleh informasi terbaru sesuai dengan kebutuhan.
Jenis media digunakan dalam penyampaian informasi dan pesan-pesan pembelajaransangat banyak jumlahnya yang masing-masing kemudian dikelompokkan sesuai dengankarakteristik dan sifat-sifat media tersebut. Bermacam-macam peralatan dapat digunakan olehguru untuk menyampaikan pesan ajaran kepada siswa melalui penglihatan dan pendengaranuntuk menghindari verbalisme yang masih mungkin terjadi kalau hanya digunakan alat bantuvisual semata. Maka dari itulah guru-guru mulai merumuskan tujuan pembelajaranberdasarkan tingkah laku siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, mulai dipakaiberbagai format media salah satunya menggunakan media TIK. Dan dari pengalaman mereka,guru mulai belajar melalui media visual, sebahagian melalui media audio, sebagian lagi senangmelalui media audio visual, komputer dan sebagainya, media-media ini merupakan alat teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran.






BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Teknologi informasi adalah sarana dan praarana hardwar , software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan , menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan mengguakan data makna. Di era teknologi informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari gaya hidup, apalagi dalam dunia akademik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasilteknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yangdapat disediakan dan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.Di samping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya.
 Apabilamedianya belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran. Dalam komunikasi pembelajaran, mediapembelajaran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pencapaian tujuanpembelajaran. Teknologi Informasi bisa dikatakan sebagai sumber belajar karena mempunyai kemudahan dalam mengakses informasi dan pengetahuan secara luas, cepat, dan mudah. Setiap orang dapat mengakses informasi dari mana saja, kapan saja, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Kecanggihan-kecanggihan yang dimiliki TI telah menunjang kebutuhan setiap orang menjadi lebih efektif dan efisien untuk memperoleh informasi terbaru sesuai dengan kebutuhan.
B.     Saran
Semoga dengan adanya makalah ini bisa membantu para pembaca untuk lebih memahami tentang pendekatan proses kelompok dan pendekatan sosioemosional. Namun, dalam pembuatan makalah ini terdapat banyak kesalahan, untuk itu kami itu butuh saran dan masukan dari teman-teman dan dosen pembimbing akan sangat membantu dalam penyempurnaan makalah ini.