HAKIKAT
TEKNOLOGI INFORMASI
MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Pendidikan
Tinggi
Dosen
Pengampu Iskandar
Disusun
Oleh :
JURUSAN
MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
2018
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah penulis senantiasa memanjatkan puji serta
syukur ke hadirat Allah SWT. yang telah banyak mengaruniakan kenikmatan berupa
kesehatan, semangat dan kesempatan sehingga penulis dapat menyelesaikan
penulisan makalah ini dengan baik. Sholawat serta salam semoga senantiasa
teralir deras kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai penuntun terbaik untuk ummat
dalam mencari ridho Allah SWT. untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.
Selanjutnya, penulis sampaikan banyak terima kasih kepada
para pihak yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis yakin dalam penulisan ini masih banyak kekurangan
yang perlu dibenahi, hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan penulis
sendiri dan minimnya bahan-bahan yang memang menjadi acuan dalam penulisan
makalah ini. Oleh karena itu, saran dan
kritikan penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan
selanjutnya.
Pamekasan, 17
September 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL........................................................................................... i
KATA
PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR
ISI ................................................................................................. iii
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................. 1
A. Latar Belakang........................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah ..................................................................................... 1
C. Tujuan........................................................................................................ 2
BAB
II PEMBAHASAN................................................................................... 2
A. Pengertian Teknologi Informasi.............................................................. .. 2
B. Pemanfaatan Teknologi Informasi.......................................................... .. 4
BAB
III PENUTUP......................................................................................... 10
A. Kesimpulan ............................................................................................ 10
B. Saran ...................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kemajuan
yang dicapai oleh manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat
ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang dengan pesat. Pola hidup
manusia dengan kemajuan ilmu dan teknologi mempunyai hubungan yang erat,
pendidikan mungkin wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Dalam
rangka kegiatan pendidikan, ada beberapa media TIK yang dapat digunakan dalam
pembelajaran, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih. Beberapa
media yang paling akrab hampir semua sekolah memanfaatkan adalah media cetak
(buku). Selain itu banyak juga sekolah yang telah
memanfaatkan
jenis media lain, seperti gambar, model, dan over head projector (OHP) dan
objek-objek nyata. Sedangkan media TIK yang telah diketahui seperti televisi,
radio, komputer dan internet, program pembelajaran komputer dan internet masih
jarang digunakan guru meskipun sebenarnya media TIK tersebut sudah tidak asing
lagi bagi sebahagian guru.
B. Rumusan Masalah
1.
Pengertian Teknologi Informasi?
2.
Bagaimana Pemanfaatan Teknologi Informasi?
C. Tujuan
1.
Untuk Mengetahui Pengertian Teknologi Infformasi.
2.
Untuk Mengetahui Manfaat Tekonogi Informasi.
BAB II
PENDAHULUAN
A.
Hakikat Teknologi Informasi
1.
Teknologi Informasi
Perkebangan peradaban
manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya
dikenal dengan istilah (Teknoogi Informasi ). Pada awal ya Teknolog i Informasi
dikembangkan manusia pada masa prasejarah dan berfungsi sebagai sistem untuk
pengenalan bentuk -bentuk yang mereka kenal, mereka meggambarkan informasi yang
mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang
buruannya. Sampai saat ini teknolog i informasi terus berkebang tetapi
penyampaikan dan bentuk yang sudah lebih modern.
Menur
t Bambang War ita (2008:15) teknologi informasi adalah sarana dan praarana hardwar
, software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh,
mengirimkan , menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan mengguakan data makna.
Di era teknologi informasi, Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari gaya hidup, apalagi dalam dunia
akademik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong
upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasilteknologi dalam proses
belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yangdapat
disediakan dan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.Di samping mampu
menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat
mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya.
apabilamedianya belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan
pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran. Dalam komunikasi pembelajaran,
mediapembelajaran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pencapaian
tujuanpembelajaran .
Dengan menggunakan media, interaksi antara guru dan siswa tidak
lagi hanya dilakukanmelalui hubungan tatap muka. Guru dapat memberikan layanan
tanpa harus berhadapanlangsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh
informasi dalam lingkup yangluas dari berbagai sumber melalui cyber space atau
ruang maya dengan menggunakankomputer atau internet. Hal yang paling mutakhir
adalah berkembangnya apa yang disebutcyber teaching atau pengajaran maya, yaitu
proses pengajaran yang dilakukan denganmenggunakan internet. Istilah lain yang
makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu modelpembelajaran dengan
menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
Dari pendapat para ahli di atas dapat
disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi berupa (hardware,
software, useware) yang digunakan untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah,
menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna
untuk memperoleh informasi yang berkualitas.
2. Perangkat-Perangkat Teknologi Informasi
Dalam memanfaatkan TI diperlukan
peralatan/perangkat yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu informasi,
berikut menurut Jamal M.A (2011:164-166) perangkat-perangkat teknologi
informasi :
1) Komputer
Komputer adalah perangkat berupa hardware dan software yang
digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan
menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan
komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.
2) Laptop/Notebook
Laptop/notebook adalah perangkat canggih yang fungsinya sama dengan
komputer, tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan dibawa kemana-mana.
3) Deskbook
Deskbook adalah perangkat sejenis komputer dengan bentuknya yang jauh
lebih praktis, yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakkan di
atas meja tanpa memakan banyak tempat.
4) Personal Digital Assistant (PDA)/Komputer
Genggam
PDA adalah perangkat sejenis komputer, tetapi bentuknya sangat mini
sehingga dapat dimasukkan dalam saku. Walaupun begitu, fungsinya hampir sama
dengan komputer pribadi yang dapat mengolah data.
5) Flashdisk, CD, DVD, Disket, Memorycard
Flashdisk adalah media penyimpanan data yang dapat menyimpan data dalam
jumlah besar.
Aplikasi TI di dunia pendidikan antara lain
sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau
siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari TI, belajar jarak jauh, informasi
dan pengetahuan tentang pendidikan. Menurut Davies (dalam Suyanto: 326),
penggunaan perangkat lunak TI dalam proses pembelajaran akan meningkatkan
efisiensi, meningkatkan motivasi, memberi fasilitas belajar aktif memfasilitasi
belajar eksprimental, konsisten dengan belajar yang berpusat pada siswa dan
memandy untuk belajar lebih baik.
Teknologi Informasi sebagai media pendidikan
dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer,
internet, e-mail, dan sebagai berikut. Interaksi antara dosen dan mahasiswa
tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan
menggunakan media-media tersebut.
Dosen dapat memberikan layanan tanpa harus
berhadapan langsung dengan mahasiswa. Demikian pula mahasiswa dapat memperoleh
informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau
ruang maya dengan menggunakan computer dan internet. Hal yang paling mutakhir
adalah perkembangan apa yang disebut “cyber space” atau pengajaran maya, yaitu
proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
B. Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sumber
Belajar
Istilah pemanfaatan berasal dari kata faedah
atau guna dan mendapat imbuhan pe-an. Menurut Bambang Warsita (2008: 37)
pemanfaatan adalah tindakan menggunakan metode dan model instruksional, bahan
dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran. Hal yang sama
disampaikan oleh Seel dan Richey (2005: 50) bahwa pemanfaatan adalah aktivitas
menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa
pemanfaatan sumber belajar adalah proses mendayagunakan atau memanfaatkan
sumber-sumber belajar guna mencapai tujuan yang diinginkan. Jika dikaitakan
dengan TI dapat dimengerti bahwa
pemanfaatan sebagai sumber belajar adalah
memanfaatkan TI untuk membantu dalam belajar atau dijadikan sebagai alternatif
sumber belajar.
Teknologi Informasi bisa dikatakan sebagai
sumber belajar karena mempunyai kemudahan dalam mengakses informasi dan
pengetahuan secara luas, cepat, dan mudah. Setiap orang dapat mengakses
informasi dari mana saja, kapan saja, tanpa mengenal batas ruang dan waktu.
Kecanggihan-kecanggihan yang dimiliki TI telah menunjang kebutuhan setiap orang
menjadi lebih efektif dan efisien untuk memperoleh informasi terbaru sesuai
dengan kebutuhan.
Jenis media digunakan dalam penyampaian informasi dan
pesan-pesan pembelajaransangat banyak jumlahnya yang masing-masing kemudian
dikelompokkan sesuai dengankarakteristik dan sifat-sifat media tersebut.
Bermacam-macam peralatan dapat digunakan olehguru untuk menyampaikan pesan
ajaran kepada siswa melalui penglihatan dan pendengaranuntuk menghindari verbalisme
yang masih mungkin terjadi kalau hanya digunakan alat bantuvisual semata. Maka
dari itulah guru-guru mulai merumuskan tujuan pembelajaranberdasarkan tingkah
laku siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, mulai dipakaiberbagai
format media salah satunya menggunakan media TIK. Dan dari pengalaman
mereka,guru mulai belajar melalui media visual, sebahagian melalui media audio,
sebagian lagi senangmelalui media audio visual, komputer dan sebagainya,
media-media ini merupakan alat teknologi yang digunakan dalam proses
pembelajaran.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Teknologi informasi adalah sarana dan praarana hardwar
, software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh,
mengirimkan , menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan mengguakan data
makna. Di era teknologi informasi,
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari gaya hidup,
apalagi dalam dunia akademik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan
hasil-hasilteknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu
menggunakan alat-alat yangdapat disediakan dan sesuai dengan perkembangan dan
tuntutan zaman.Di samping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga
dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang
akan digunakannya.
Apabilamedianya belum tersedia. Untuk itu guru
harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran.
Dalam komunikasi pembelajaran, mediapembelajaran sangat dibutuhkan untuk
meningkatkan efektifitas pencapaian tujuanpembelajaran. Teknologi
Informasi bisa dikatakan sebagai sumber belajar karena mempunyai kemudahan
dalam mengakses informasi dan pengetahuan secara luas, cepat, dan mudah. Setiap
orang dapat mengakses informasi dari mana saja, kapan saja, tanpa mengenal
batas ruang dan waktu. Kecanggihan-kecanggihan yang dimiliki TI telah menunjang
kebutuhan setiap orang menjadi lebih efektif dan efisien untuk memperoleh
informasi terbaru sesuai dengan kebutuhan.
B.
Saran
Semoga dengan adanya makalah ini bisa
membantu para pembaca untuk lebih memahami tentang pendekatan proses kelompok
dan pendekatan sosioemosional. Namun, dalam pembuatan makalah ini terdapat
banyak kesalahan, untuk itu kami itu butuh saran dan masukan dari teman-teman
dan dosen pembimbing akan sangat membantu dalam penyempurnaan makalah ini.