MAKALAH
KOMPONEN BUKU
TEKS
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kuliah Pengembangan
Buku Teks
Dosen Pengampu: Sus Mapsusoh, M.PD
Oleh :
PROGRAM STUDI
TADRIS BAHASA INDONESIA
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI MADURA
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat-Nya, sehingga kami
dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat
dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Harapan kami semoga makalah ini membantu
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat
memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik
lagi. Makalah ini kami akui
masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh
kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan
yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Penyusun
Pamekasan, 01
September 2018
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................
ii
DAFTAR ISI........................................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................
1
A.
Latar
Belakang............................................................................................
1
B.
Rumusan
Masalah.......................................................................................
1
C.
Tujuan.........................................................................................................
1
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................
2
A.
Pengertian
Buku Teks.................................................................................
2
B.
Macam-macam
Buku Teks..........................................................................
3
a.
Buku
Teks Tunggal...............................................................................
4
b.
Buku
Teks Berjilid................................................................................
4
c.
Buku
Teks Berseri.................................................................................
5
C.
Manfaat
Buku Teks.....................................................................................
5
D.
Kualitas
Buku Teks.....................................................................................
5
E.
Sistematika
Penyusunan Buku Teks...........................................................
5
BAB III PENUTUP..............................................................................................
9
A.
Kesimpulan.................................................................................................
9
B.
Saran...........................................................................................................
9
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................
10
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di
kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam
bidang itu dan di perlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai da
serasi (Bacon,1935), ahli yang lain lagi mengutarakan bahwa buku teks adalah
sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi
untuk menunjang suatu program pembelajaran (Buckingham,1958:1523).Buku teks
haruslah mencerminkan sudut pandang yang jelas, metode apa yang digunakan serta
teknik-teknik pengajaran yang digunakan. Buku teks haruslah menarik, menantang,
meransang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk
mempelajari buku teks tersebut. Buku teks sebagai pengisi bahan haruslah
menampilkan sumber bahan mantap. Susunannya teratur, sistematis, jenisnya
bervariasi, bahan yang terkandung dalam buku teks hendaknya tersusun rapi,
disesuaikan dengan hakikat mata pelajaran, maka susunan itu sebenarnya dapat
beraneka ragam.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa Pengertian Buku Teks?
2.
Apa Macam-Macam Buku Teks?
3.
Apa Manfaat Buku Teks?
4.
Bagaimana Kualitas Buku Teks?
5.
Bagaimana Sistematika Penyusunan Buku Teks?
C.
Tujuan
Pembuatan
makalah ini bertujuan untuk mengetahui apa itu buku teks, sehingga kami dapat
mengetahui jenis-jenis buku teks, manfaat buku teks, dan cara menyusun buku
teks. Selain itu pembuatan makalah ini juga untuk mengetahui definisi dari
bahan ajar dan peran bahan ajar dalam proses perkuliahan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Buku Teks
Istilah buku teks yang dipergunakan dalam buku
ini adalah terjemahan atau padanan textbook dalam bahasa inggris. Walaupundalam
kamus textbook diterjemahkan dengan buku pelajaran (Echols dan sadily ;
1983:584) tetapi demi kepraktisan dan untuk menghindarkan salah paham maka
istilah buku teks tetap dipergunakan dalam buku ini. Berikut ini ada beberapat
pendapat tentang buku teks. Buku teks menurut beberapa ahli :
1.
Hall-Quest, 1915 dalam Tarigan, 1986
Buku teks adalah rekaman susunan rasial yang
disusun unruk maksud-maksud dan tujuan-tujuan instruksional.
2.
Bacon, 1935 dalam Tarigan, 1986
Buku teks adalah buku yang dirancang untuk
penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau
ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang
sesuai dan serasi.
3.
Buckingham, 1958, dalam Tarigan, 1986
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa
digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu
program pengajaran.
4.
Lange, 1940
Buku teks adalah buku yang dirancang buat
penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau
para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran
yang sesuai dan serasi.
5.
Tarigan & Tarigan, 2010
Buku teks merupakan buku pelajaran dalam bidang
studi tertentu, yang merupakan buku standart, yang disusun oleh para pakar
dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi
sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di
sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program
pengajaran.
6.
Tarigan & Tarigan, 2010
Buku teks pelajaran merupakan buku yang dipakai
untuk mempelajari atau mendalami suatu subjek pengetahuan dan ilmu serta
teknologi atau suatu bidang studi, sehingga mengandung penyajian asas-asas
tentang subjek tersebut, termasuk karya kepanditaan (scholarly, literary)
terkait subjek yang bersangkutan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
11 Tahun 2005 menjelaskan bahwa buku teks (buku pelajaran) adalah buku acuan
wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka
peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan Nomor 2 Tahun 2008.
Berdasrkan
pendapat para ahli di atas maka dapat disimpulkan buku teks adalah sama dengan
buku pelajaran. Secara lebih lengkap dapat didefinisikan sebagai berikut ini,
buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan
buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud maksud
dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan saran sarana pengajaran
yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah sekolah dan
diperguruan tinggi. Sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
B.
Macam-macam Buku Teks
Dilingkungan sekolah menengah atas dikenal
beberapa nama buku teks. Misalnya buku teks dalam matapelajaran bahasa dan
sastra Indonesia, sejarah, fisika, kimia, matematika, dan sebagainya.
Diperguruan tinggi ada berbagai jenis buku teks. Di jurusan pendidikan bahasa
dan sastra Indonesia, sebagai contoh, kita kenal buku teks matakuliah tata bahasa (sintaksis dan morfolugi),
menyimak, membaca, apresiasi sastra , dan sebagainya. Disamping itu kita juga mengenal istilah lain seperti buku
teks tunggal, buku teks berjilid dan buku teks berseri. Karena itu dapat kita
simpulkan bahwa buku teks mempunyai aneka jenis ragam.
Menurut pengamatan penulis ada empat dasar atau
patokan yang digunakan dalam pengklasifikasikan buku teks. Patokan apatokan itu
adalah :
a.
Berdasarkan mata pelajaran atau bidang studi
(Terdapat di SD, SMP, SMA)
b.
Berdasarkan matakuliah bidang yang bersangkutan
(Terdapat diperguruan tinggi)
c.
Berdasarkan penulisan buku teks (mungkin
disetiap jenjang pendidikan)
d.
Berdasarkan jumlah penulis buku teks.
Dari segi cara
penulisan buku teks dikenal tiga jenis buku teks. Ketiga jenis itu adalah :
a)
Buku Teks Tunggal
Buku teks tunggal ialah buku teks yang hanya
terdiri atas satu buku saja. Berikut ini didaftarkan beberapa contoh buku teks
tunggal, antara lain :
ü Kerap, Gorys,
1973, Tatabahasa Indonesia untuk SLA,
Ende Flores, Nusa Indah.
ü Ramlan, M.
1983, sintaksis, Jogjakarta: CV
Karyono.
ü Samsuri, 1985, Tata Kalimat Bahasa Indonesia, Jakarta ;
Sastra Hudaya.
b)
Buku Teks Berjilid
Buku Teks Berjilid ialah buku pelajaran untuk
satu kelas tertentu atau untuk satu jenjang sekolah tertentu. Berikut beberapa
contoh buku teks berjilid seperti :
ü Depdikbud,
1981, Bahasa Indonesia I, II, dan III, Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Pelajaran,
Perpustakaan & Ketrampilan SLU
ü Alisyahbana,
sutan takdir, 1975, Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia I dan II, Jakart: Dian
Rakyat
ü Badudu, Y.S. ,
Sari Kesastraan Indonesia I dan II, Bandung: Pustaka Prima.
c)
Buku Teks Berseri
Buku Teks Berseri ialah buku pelajaran berjilid
mencakup beberapa jenjang sekolah, misalnya dari SD-SMP-SMA. Berikut Contoh
buku teks berseri
ü Tarigian, Henry
Guntur dan Djago Tarigan, 1985, Terampil berbahasa Indonesia, (Untuk SD 9
jilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
ü Tarigan, Henry
Guntur dan Djago Tarigan, 1985, terampilan berbahasa Indonesia, (untuk SMP 6
bJilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
ü Tarigan, Henry
Guntur dan Djago Tarigan, 1985, Terampil Berbahasa Indonesia, (untuk SMA 6
Jilid), Bandung : Penerbid Angkasa
Berdasrkan Jumlah
penulis buku teks kita kenal buku teks dengan penulis tunggal dan buku
teks dengan kelompok.
C.
Manfaat Buku Teks
1.
Membantu peserta didik dalam melaksanakan
kurikulum karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku
2.
Menjadi pegangan guru dalam menentukan metode
pengajaran
3.
Memberi kesempatan bagi peserta didik untuk
mengulangi pelajaran atau mempelajari materi yang baru
4.
Memberikan pengetahuan bagi peserta didik
maupun pendidik
5.
Menjadi penambah nilai angka kredit untuk
mempermudah kenaikan pangkat dan golongan
6.
Menjadi sumber penghasilan jika diterbitkan
D.
Kualitas Buku Teks
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, salah satu
buku yang sangat diperlukan ialah buku teks atau buku pelajaran. Buku teks
berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar dalam mata pelajaran
tertentu. Mata pelajaran PPKn memerlukan buku teks PPKn dan sejenisnya.
Semakin baik kualitas buku teks, semakin
sempurna pengajaran mata pelajaran yang ditunjangnya. Buku teks mengenai
Matematika yang bermutu jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran Matematika.
Buku teks mengenai Bahasa Indonesia bermutu tinggi akan meningkatkan kualitas
pengajaran dan hasil pengajaran bahasa indonesia, dan seterusya.
Greene dan Petty telah menyusun cara penilaian
buku teks dengan sepuluh kriteria. Apabila buku teks dapat memenuhi 10
persyaratan yang diajukan, dapat dikatakan buku teks tersebut berkualitas.
Butir-butir yang harus dipenuhi oleh buku teks yang tergolong kategori
berkualitas tinggi antara lain:
1.
Buku teks haruslah menarik minat anak-anak,
yaitu para siswa yang mempergunakannya
2.
Buku teks haruslah mampu memberi motivasi
kepada para siswa yang memakainya
3.
Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang
menarik para siswa yang memanfaatkannya
4.
Buku teks seyogyanya mempertimbangkan
aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang
memakainya
5.
Buku teks isinya haruslah berhubungan erat
dengan pelajaran-pelajaran lainnya;
Butir-butir itu meliputi minat siswa, motivasi,
ilustrasi, linguistik, terpadu, menggiatkan, aktivitas, kejelasan konsep, titik
pandang, pemantapan nilai, dan menghargai perbedaan pribadi.
Buku teks yang baik haruslah relevan dan
menunjang pelaksanaan kurikulum. Kriteria linguistik mengacu kepada tujuan agar
buku teks dipahami oleh siswa. oleh karena itu, penulis mengganti istilahnya
menjadi komunikatif. Sementara itu, mengenai urutannya disusun seperti berikut:
titik pandang (point of view), kejelasan konsep, relevansi, minat, motivasi,
menstimulasi aktifitas, ilustrasi, komunikatif, menunjang pelajaran lain,
menghargai perbedaan individu, dan memantapkan nilai-nilai.
Akhirnya, kita dapat mengemukakan pedoman
penilaian buku teks sebagai berikut:
1.
Sudut Pandangan (Point of view)
Buku teks harus mempunyai landasan, prinsip,
dan sudut pandang tertentu yang menjiwai atau melandasi buku teks secara
keseluruhan. Sudut pandang ini dapat berupa teori dari ilmu jiwa, bahasa, dan
sebagainya.
2.
Kejelasan Konsep
Konsep-konsep yang harus digunakan dalam suatu
buku teks harus jelas dan tandas. Keremang-remangan dan keamanan perlu
dihindari agar siswa atau membaca juga jelas pengertian, pemahaman, dan
penangkapannya.
3.
Relevan dengan kurikulum
Buku teks ditulis untuk digunakan disekolah.
Sekolah mempunyai kurikulum. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bahwa buku
teks harus relevan dengan kurikulum yang berlaku.
4.
Menarik minat
Buku teks ditulis untuk siswa. Oleh karena itu,
penulis buku teks harus mempertimbangkan minat-minat siswa pemakai buku teks
tersebut. Semakin sesuai buku teks dengan minat siswa, semakin tinggi daya
tarik buku teks tersebut.
5.
Menumbuhkan motivasi
Motivasi berasal dari kata motif, yang berarti
daya pendorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi diartikan
sebagai penciptaan kondisi yang ideal sehingga seseorang ingin, mau, senang
mengerjakan apa yang diinstruksikan dalam buku tersebut. Apalagi bila buku teks
tersebut dapat menggiring siswa ke arah penumbuhan motivasi intrinsik.
E.
Sistematika Penyusunan Buku Teks
1.
Halaman
Pendahuluan
Halaman pendahuluan
terdiri dari unsur-unsur ialah :
a)
Halaman judul
adalah halaman yang memuat judul buku, pengarang, nomor penerbitan (edisi) atau
nomor jilid, nama dan tempat penerbitan,dan tahun penerbitan
b)
Daftar Isi
adalah petunjuk bagi pembaca tentang topicK tertentu dan nomor halaman dimana
topik tersebut berada
c)
Daftar gambar
dan daftar table adalah memuat informasi tentang keberadaan gambar dan table
yang di sajikan dalam buku ajar
d)
Pengantar(foreword)
adalah penjelasan yang di tulis orang lain atas permintaan penulis atau
penerbit untuk memperkenalkan penulis atau subyek yang di tulis
e)
Prakata adalah
pejelasan yang di tulis oleh penulis yang biasanya memuat: alasan menganggap
penulis tergugah menulis buku, isi buku, cara pembahasannya, kelebihan dari
buku lain dan susunannya, siapa calon pembaca, pengetahuan yang harus dimiliki
oleh pembaca sebagai prasarat agar dapat memahami isis buku, cara
terselesaikannya buku, siapa yang yang membantu atau mendorong penulisan buku,
tujuan penulis, ucapan terima kasih, dan harapan penulis tentang bukunya dan
apa yang di harapkan dari pembaca.
2.
Bagian isi
Bagian isi terdiri atas
uraian rinci setiap bab, subbab disertai dengan contoh latihan dan soal-soal
yang harus di selesaikan peserta didik (siswa,mahasiswa). Pada akhir setiap bab
di berikan rangkuman atau ringkasan untuk mempermudah pembaca mengingat hal-hal
penting. Tiap bab mengandung :
a)
Pendahuluan
b)
Sub Bab
c)
Ringkasan
d)
Soal latihan
e)
Daftar Pustaka
f)
Bagian Penyudah
Halaman
penyudah terdiri dari unsur - unsur :
a)
Lampiran
b)
Pustaka (bacaan
utama dan bacaan tambahan)
c)
Penjurus/Indeks
Daftar Istilah
d)
Takarir ( Glosarry
) kamus persial yang memuat kesimpulan kata – kata yang terdapat dalam bagian
isi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang
banyak digunakan dalam pembelajaran. Buku teks memang merupakan bahan ajar
sekaligus sumber belajar bagi siswa yang konvensional. Namun meskipun
konvensional dan sudah dipergunakan cukup lama dan banyak yang menganggap
tradisional, buku teks pelajaran masih cukup mampu memberikan kontribusi yang
baik pada pembelajaran. Beberapa materi pembelajaran tidak dapat diajarkan
tanpa bantuan buku teks pelajaran.
B.
Saran
Sebaiknya kita sebagai calon guru haruslah mengetahui dan
mempelajari Langkah-langkah Dalam Pembuatan Buku Teks dan Buku Ajar. Karena ini
sangat diperlukan sekali apabila kita menjadi guru nanti dan juga dapat
menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam pembuatan buku teks dan tidak hanya
menyangkut dari makalah ini saja.
DAFTAR PUSTAKA
Tarigan, Henry
Guntur, 1985, Telaah buku teks bahasa
Indonesia, Bandung: Indonesia
Prastowo,
Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan
Ajar Inovatif (menciptakan metode pembelajaaran yang menarik dan menyenangkan).
Yogyakarta: Diva Press.
Departemen
Pendidikan Nasional (2005). Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan
Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Departemen Pendidikan
Nasional. Jakarta