Saturday 15 September 2018

MAKALAH KOMPONEN BUKU TEKS




MAKALAH
KOMPONEN BUKU TEKS
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kuliah Pengembangan Buku Teks
Dosen Pengampu: Sus Mapsusoh, M.PD

 









Oleh :



PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
2018
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi. Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.








Penyusun


Pamekasan, 01 September 2018


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah....................................................................................... 1
C.     Tujuan......................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................... 2
A.    Pengertian Buku Teks................................................................................. 2
B.     Macam-macam Buku Teks.......................................................................... 3
a.       Buku Teks Tunggal............................................................................... 4
b.      Buku Teks Berjilid................................................................................ 4
c.       Buku Teks Berseri................................................................................. 5
C.     Manfaat Buku Teks..................................................................................... 5
D.    Kualitas Buku Teks..................................................................................... 5
E.     Sistematika Penyusunan Buku Teks........................................................... 5
BAB III PENUTUP.............................................................................................. 9
A.    Kesimpulan................................................................................................. 9
B.     Saran........................................................................................................... 9 
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 10





BAB I

PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang
Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan di perlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai da serasi (Bacon,1935), ahli yang lain lagi mengutarakan bahwa buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pembelajaran (Buckingham,1958:1523).Buku teks haruslah mencerminkan sudut pandang yang jelas, metode apa yang digunakan serta teknik-teknik pengajaran yang digunakan. Buku teks haruslah menarik, menantang, meransang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut. Buku teks sebagai pengisi bahan haruslah menampilkan sumber bahan mantap. Susunannya teratur, sistematis, jenisnya bervariasi, bahan yang terkandung dalam buku teks hendaknya tersusun rapi, disesuaikan dengan hakikat mata pelajaran, maka susunan itu sebenarnya dapat beraneka ragam.
B.            Rumusan Masalah
1.        Apa Pengertian Buku Teks?
2.        Apa Macam-Macam Buku Teks?
3.        Apa Manfaat Buku Teks?
4.        Bagaimana Kualitas Buku Teks?
5.        Bagaimana Sistematika Penyusunan Buku Teks?
C.            Tujuan
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui apa itu buku teks, sehingga kami dapat mengetahui jenis-jenis buku teks, manfaat buku teks, dan cara menyusun buku teks. Selain itu pembuatan makalah ini juga untuk mengetahui definisi dari bahan ajar dan peran bahan ajar dalam proses perkuliahan.


BAB II
PEMBAHASAN
A.           Pengertian Buku Teks
Istilah buku teks yang dipergunakan dalam buku ini adalah terjemahan atau padanan textbook dalam bahasa inggris. Walaupundalam kamus textbook diterjemahkan dengan buku pelajaran (Echols dan sadily ; 1983:584) tetapi demi kepraktisan dan untuk menghindarkan salah paham maka istilah buku teks tetap dipergunakan dalam buku ini. Berikut ini ada beberapat pendapat tentang buku teks. Buku teks menurut beberapa ahli :
1.        Hall-Quest, 1915 dalam Tarigan, 1986
Buku teks adalah rekaman susunan rasial yang disusun unruk maksud-maksud dan tujuan-tujuan instruksional.
2.        Bacon, 1935 dalam Tarigan, 1986
Buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.
3.        Buckingham, 1958, dalam Tarigan, 1986
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran.
4.        Lange, 1940
Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.
5.        Tarigan & Tarigan, 2010
Buku teks merupakan buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standart, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.



6.        Tarigan & Tarigan, 2010
Buku teks pelajaran merupakan buku yang dipakai untuk mempelajari atau mendalami suatu subjek pengetahuan dan ilmu serta teknologi atau suatu bidang studi, sehingga mengandung penyajian asas-asas tentang subjek tersebut, termasuk karya kepanditaan (scholarly, literary) terkait subjek yang bersangkutan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 menjelaskan bahwa buku teks (buku pelajaran) adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan Nomor 2 Tahun 2008.
Berdasrkan pendapat para ahli di atas maka dapat disimpulkan buku teks adalah sama dengan buku pelajaran. Secara lebih lengkap dapat didefinisikan sebagai berikut ini, buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan saran sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah sekolah dan diperguruan tinggi. Sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
B.            Macam-macam Buku Teks
Dilingkungan sekolah menengah atas dikenal beberapa nama buku teks. Misalnya buku teks dalam matapelajaran bahasa dan sastra Indonesia, sejarah, fisika, kimia, matematika, dan sebagainya. Diperguruan tinggi ada berbagai jenis buku teks. Di jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, sebagai contoh, kita kenal buku teks matakuliah  tata bahasa (sintaksis dan morfolugi), menyimak, membaca, apresiasi sastra , dan sebagainya. Disamping itu  kita juga mengenal istilah lain seperti buku teks tunggal, buku teks berjilid dan buku teks berseri. Karena itu dapat kita simpulkan bahwa buku teks mempunyai aneka jenis ragam.
Menurut pengamatan penulis ada empat dasar atau patokan yang digunakan dalam pengklasifikasikan buku teks. Patokan apatokan itu adalah :
a.         Berdasarkan mata pelajaran atau bidang studi (Terdapat di SD, SMP, SMA)
b.        Berdasarkan matakuliah bidang yang bersangkutan (Terdapat diperguruan tinggi)
c.         Berdasarkan penulisan buku teks (mungkin disetiap jenjang pendidikan)
d.        Berdasarkan jumlah penulis buku teks.
Dari segi cara penulisan buku teks dikenal tiga jenis buku teks. Ketiga jenis itu adalah :
a)         Buku Teks Tunggal
Buku teks tunggal ialah buku teks yang hanya terdiri atas satu buku saja. Berikut ini didaftarkan beberapa contoh buku teks tunggal, antara lain :
ü  Kerap, Gorys, 1973, Tatabahasa Indonesia untuk SLA, Ende Flores, Nusa Indah.
ü  Ramlan, M. 1983, sintaksis, Jogjakarta: CV Karyono.
ü  Samsuri, 1985, Tata Kalimat Bahasa Indonesia, Jakarta ; Sastra Hudaya.
b)        Buku Teks Berjilid
Buku Teks Berjilid ialah buku pelajaran untuk satu kelas tertentu atau untuk satu jenjang sekolah tertentu. Berikut beberapa contoh buku teks berjilid seperti :
ü  Depdikbud, 1981, Bahasa Indonesia I, II, dan III, Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Pelajaran, Perpustakaan & Ketrampilan SLU
ü  Alisyahbana, sutan takdir, 1975, Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia I dan II, Jakart: Dian Rakyat
ü  Badudu, Y.S. , Sari Kesastraan Indonesia I dan II, Bandung: Pustaka Prima.
c)         Buku Teks Berseri
Buku Teks Berseri ialah buku pelajaran berjilid mencakup beberapa jenjang sekolah, misalnya dari SD-SMP-SMA. Berikut Contoh buku teks berseri
ü  Tarigian, Henry Guntur dan Djago Tarigan, 1985, Terampil berbahasa Indonesia, (Untuk SD 9 jilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
ü  Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan, 1985, terampilan berbahasa Indonesia, (untuk SMP 6 bJilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
ü  Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan, 1985, Terampil Berbahasa Indonesia, (untuk SMA 6 Jilid), Bandung : Penerbid Angkasa
Berdasrkan Jumlah penulis buku teks kita kenal buku teks dengan penulis tunggal dan buku teks  dengan kelompok.
C.            Manfaat Buku Teks
1.        Membantu peserta didik dalam melaksanakan kurikulum karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku
2.        Menjadi pegangan guru dalam menentukan metode pengajaran
3.        Memberi kesempatan bagi peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari materi yang baru
4.        Memberikan pengetahuan bagi peserta didik maupun pendidik
5.        Menjadi penambah nilai angka kredit untuk mempermudah kenaikan pangkat dan golongan
6.        Menjadi sumber penghasilan jika diterbitkan
D.           Kualitas Buku Teks
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, salah satu buku yang sangat diperlukan ialah buku teks atau buku pelajaran. Buku teks berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Mata pelajaran PPKn memerlukan buku teks PPKn dan sejenisnya.
Semakin baik kualitas buku teks, semakin sempurna pengajaran mata pelajaran yang ditunjangnya. Buku teks mengenai Matematika yang bermutu jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran Matematika. Buku teks mengenai Bahasa Indonesia bermutu tinggi akan meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pengajaran bahasa indonesia, dan seterusya.
Greene dan Petty telah menyusun cara penilaian buku teks dengan sepuluh kriteria. Apabila buku teks dapat memenuhi 10 persyaratan yang diajukan, dapat dikatakan buku teks tersebut berkualitas. Butir-butir yang harus dipenuhi oleh buku teks yang tergolong kategori berkualitas tinggi antara lain:
1.        Buku teks haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang   mempergunakannya
2.        Buku teks haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang memakainya
3.        Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik para siswa yang memanfaatkannya
4.        Buku teks seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya
5.        Buku teks isinya haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran lainnya;
Butir-butir itu meliputi minat siswa, motivasi, ilustrasi, linguistik, terpadu, menggiatkan, aktivitas, kejelasan konsep, titik pandang, pemantapan nilai, dan menghargai perbedaan pribadi.
Buku teks yang baik haruslah relevan dan menunjang pelaksanaan kurikulum. Kriteria linguistik mengacu kepada tujuan agar buku teks dipahami oleh siswa. oleh karena itu, penulis mengganti istilahnya menjadi komunikatif. Sementara itu, mengenai urutannya disusun seperti berikut: titik pandang (point of view), kejelasan konsep, relevansi, minat, motivasi, menstimulasi aktifitas, ilustrasi, komunikatif, menunjang pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantapkan nilai-nilai.
Akhirnya, kita dapat mengemukakan pedoman penilaian buku teks sebagai berikut:
1.        Sudut Pandangan (Point of view)
Buku teks harus mempunyai landasan, prinsip, dan sudut pandang tertentu yang menjiwai atau melandasi buku teks secara keseluruhan. Sudut pandang ini dapat berupa teori dari ilmu jiwa, bahasa, dan sebagainya.
2.        Kejelasan Konsep
Konsep-konsep yang harus digunakan dalam suatu buku teks harus jelas dan tandas. Keremang-remangan dan keamanan perlu dihindari agar siswa atau membaca juga jelas pengertian, pemahaman, dan penangkapannya.


3.        Relevan dengan kurikulum
Buku teks ditulis untuk digunakan disekolah. Sekolah mempunyai kurikulum. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bahwa buku teks harus relevan dengan kurikulum yang berlaku.
4.        Menarik minat
Buku teks ditulis untuk siswa. Oleh karena itu, penulis buku teks harus mempertimbangkan minat-minat siswa pemakai buku teks tersebut. Semakin sesuai buku teks dengan minat siswa, semakin tinggi daya tarik buku teks tersebut.
5.        Menumbuhkan motivasi
Motivasi berasal dari kata motif, yang berarti daya pendorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi diartikan sebagai penciptaan kondisi yang ideal sehingga seseorang ingin, mau, senang mengerjakan apa yang diinstruksikan dalam buku tersebut. Apalagi bila buku teks tersebut dapat menggiring siswa ke arah penumbuhan motivasi intrinsik.
E.            Sistematika Penyusunan Buku Teks
1.        Halaman Pendahuluan
Halaman pendahuluan terdiri dari unsur-unsur ialah :
a)         Halaman judul adalah halaman yang memuat judul buku, pengarang, nomor penerbitan (edisi) atau nomor jilid, nama dan tempat penerbitan,dan tahun penerbitan
b)        Daftar Isi adalah petunjuk bagi pembaca tentang topicK tertentu dan nomor halaman dimana topik tersebut berada
c)         Daftar gambar dan daftar table adalah memuat informasi tentang keberadaan gambar dan table yang di sajikan dalam buku ajar
d)        Pengantar(foreword) adalah penjelasan yang di tulis orang lain atas permintaan penulis atau penerbit untuk memperkenalkan penulis atau subyek yang di tulis
e)         Prakata adalah pejelasan yang di tulis oleh penulis yang biasanya memuat: alasan menganggap penulis tergugah menulis buku, isi buku, cara pembahasannya, kelebihan dari buku lain dan susunannya, siapa calon pembaca, pengetahuan yang harus dimiliki oleh pembaca sebagai prasarat agar dapat memahami isis buku, cara terselesaikannya buku, siapa yang yang membantu atau mendorong penulisan buku, tujuan penulis, ucapan terima kasih, dan harapan penulis tentang bukunya dan apa yang di harapkan dari pembaca.
2.        Bagian isi
Bagian isi terdiri atas uraian rinci setiap bab, subbab disertai dengan contoh latihan dan soal-soal yang harus di selesaikan peserta didik (siswa,mahasiswa). Pada akhir setiap bab di berikan rangkuman atau ringkasan untuk mempermudah pembaca mengingat hal-hal penting. Tiap bab mengandung :
a)         Pendahuluan
b)        Sub Bab
c)         Ringkasan
d)        Soal latihan
e)         Daftar Pustaka
f)         Bagian Penyudah
Halaman penyudah terdiri dari unsur - unsur :
a)         Lampiran
b)        Pustaka (bacaan utama dan bacaan tambahan)
c)         Penjurus/Indeks Daftar Istilah
d)        Takarir ( Glosarry ) kamus persial yang memuat kesimpulan kata – kata yang terdapat dalam bagian isi.


BAB III
PENUTUP
A.           Kesimpulan
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran. Buku teks memang merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar bagi siswa yang konvensional. Namun meskipun konvensional dan sudah dipergunakan cukup lama dan banyak yang menganggap tradisional, buku teks pelajaran masih cukup mampu memberikan kontribusi yang baik pada pembelajaran. Beberapa materi pembelajaran tidak dapat diajarkan tanpa bantuan buku teks pelajaran.
B.            Saran
Sebaiknya kita sebagai calon guru haruslah mengetahui dan mempelajari Langkah-langkah Dalam Pembuatan Buku Teks dan Buku Ajar. Karena ini sangat diperlukan sekali apabila kita menjadi guru nanti dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam pembuatan buku teks dan tidak hanya menyangkut dari makalah ini saja.


DAFTAR PUSTAKA
Tarigan, Henry Guntur, 1985, Telaah buku teks bahasa Indonesia, Bandung: Indonesia
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (menciptakan metode pembelajaaran yang menarik dan menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.
Departemen Pendidikan Nasional (2005). Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta