Saturday 15 September 2018

MEMAHAMI URGENSI MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL’QUR’AN




MAKALAH
MEMAHAMI URGENSI MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL’QUR’AN
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kuliah Baca Tulis Qur’an (BTQ)
Dosen Pengampu: Khalilullah, M.H.

 









Oleh :


PROGRAM STUDI PIAUD
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
2018
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi. Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.








Penyusun


Pamekasan, 11 September 2018


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah....................................................................................... 1
C.     Tujuan......................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................... 2
A.    Pengertian Al-Qur’an.................................................................................. 2
B.     Hadits tentang dorongan untuk mempelajari serta mengajarkan
Al-Qur’an.................................................................................................... 2
C.     Nilai-nilai yang dapat diambil dari hadits tentang dorongan mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an       8
D.    Dalil Al-Qur’an tentang Al-Qur’an............................................................. 9
BAB III PENUTUP............................................................................................ 10
A.    Kesimpulan............................................................................................... 10
B.     Saran......................................................................................................... 10 
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 11


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Al-Qur’an merupakan kitab yang paling banyak dan paling kerap dibaca dan didengar orang di seluruh dunia. Setidak-tidaknya lima kali dalam sehari seluruh umat Islam membacanya dalam sholat. Setiap muslim harus percaya bahwa al-Qur’an adalah sumber nilai dan ajaran yang paling utama.
Al-Qur’an adalah firman / kalam Allah yang merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan berupa wahyu kepada Rasulullah Muhammad saw. Al-Qur’an dikumpulkan pada satu mushaf mulai dari surat Al-Fatihah sampai surat An-Naas dan dinukil kepada kita secara mutawatir, membaca dan mempelajarinya nya merupakan ibadah yang mendapat pahala.
Kita sendiri sebagai umat muslim yang beriman wajib mengetahui pengertian dari al-Qur’an itu sendiri. Selain itu kita juga harus memahami keutamaan-keutamaan dalam mempelajari, membaca, mengajarkan, dan mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an beserta Dalil-Dalil dan Hikmahnya. Maka dari itu dalam makalah ini akan dibahas tentang berinteraksi dengan al-Qur’an.
B.            Rumusan Masalah
1.             Apakah pengertian al-Qur’an?
2.             Bagaimana hadits tentang keutamaan mempelajari dan mengamalkan al-Qur’an?
3.             Apa saja manfaat yang dapat diambil setelah mempelajari hadits tentang dorongan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an?
4.             Bagaimana Dalil Al-Qur’an tentang mempelajari Al-Qur’an?
C.            Tujuan
Untuk memahami urgensi mempelajari mengajarkan Al-qur’an






BAB II
PEMBAHASAN
A.           Pengertian Al-Qur’an
Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah.
Al- Qur’an merupakan kalam Allah yang merupakan mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW, yang berfungsi sebagai penyempurna kitab-kitab Allah lain yang diturunkan pada nabi-nabi sebelumnya (Taurat, Injil, dan Zabur). Al-Qur’an yang merupakan kitab Universal, yang digunakan sebagai pedoman bagi setiap insan yang ada di dunia ini dalam menapaki hidup, agar selamat dan berhasil baik di dunia maupun di akhirat.[1]
Orang muslim beriman bahwa al-Qur’an al-Karim adalah firman Allah Ta’ala yang diturunkan kepada manusia terbaik, nabi terbaik dan Rasul termulia, Muhammad Saw, sebagaimana Allah menurunkan kitab-kitab lain kepada rasul-rasul sebelumnya. Orang muslim juga meyakini bahwa Al-Qur’an dengan hukum-hukumnya itu menghapus semua hukum pada kitab-kitab samawi terdahulu. Sebagaimana risalah pembawanya (Rasulullah Saw) itu menghapus semua risalah terdahulu.
B.            Hadits tentang Dorongan untuk Mempelajari Serta Mengajarkan Al-Qur’an
Mempelajari Al-Qur`an adalah belajar membaca Al-Qur`an dengan disertai hukum tajwidnya, agar dapat membaca Al-Qur`an benar. Adapun maksud dari mengajarkan Al-Qur`an, yaitu mengajari orang lain cara membaca Al-Qur`an yang benar berdasarkan hukum tajwid. Sekiranya mengajarkan ilmu-ilmu lain secara umum atau menyampaikan sebagian ilmu yang dimiliki kepada orang lain adalah perbuatan mulia dan mendapatkan pahala dari Allah, tentu mengajarkan Al-Qur`an lebih utama.
Namun demikian, meskipun orang yang belajar Al-Qur`an adalah sebaik-baik orang muslim dan mengajarkan Al-Qur`an kepada orang lain juga sebaik-baik orang muslim, tentu akan lebih baik dan utama lagi jika orang tersebut menggabungkan keduanya. Maksudnya, orang tersebut belajar cara membaca Al-Qur`an sekaligus mengajarkan kepada orang lain apa yang telah dipelajarinya.
Adapun di antara keutamaan mempelajari dan mengajarkan al-Qur`an dari sunnah Rasulullah SAW adalah:
Hadits ke-1:
4653 - حدثنا آدم حدثنا شعبة حدثنا قتادة قال سمعت زرارة بن أوفى يحدث عن سعد بن هشام عن عائشة عن النبي صلى الله عليه و سلم قال
 : ( مثل الذي يقرأ القرآن وهو حافظ له مع السفرة الكرام البررة ومثل الذي يقرأ وهو يتعاهده وهو عليه شديد فله أجران )
Artinya:
Dari ‘Aisyah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda , “Orang yang ahli dalam al Qur’an akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca al Qur’an sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR. Bukhari)
Maksudnya:
Yang disebut “orang yang ahli dalam Al-Qur’an” adalah orang yang hafal Al-Qur’an dan senantiasa membacanya, apalagi dengan memahami arti dan maksudnya. Dan yang dimaksud ‘bersama-sama malaikat’ adalah ia termasuk golongan yang memindahkan Al-qur’anul-Karim dari Lauhul Mahfudz dan menyampaikannya kepada orang lain melalui bacaanya. Dengan demikian, keduanya memiliki pekerjaan yang sama. Juga dapat berarti : Ia akan bersama para malaikat pada hari Mahsyar nanti. Dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an akan memperoleh dua pahala; satu pahala karena bacaanya, dan satunya lagi karena kesungguhannya mempelajari Al-Qur’an berkali-kali.[2]
Tetapi bukan berarti pahalanya akan melebihi pahala ahli Al-Qur’an. Orang yang ahli membaca Al-Qur’an tentu akan memperoleh derajat yang istimewa, yaitu bersama para malaikat khusus. Maksud yang sebenarnya, bahwa dengan bersusah payah mempelajari Al-Qur’an akan menghasilkan pahala ganda, sehingga tidak semestinya kita meninggalkan bacaan Al-Qur’an, walaupun menghadapi kesulitan dalam membacannya.
Hadits Ke-2:
1454 - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنْ أَبِى عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عُثْمَانَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ ».
Artinya:
“Usman bin Affan berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
Maksudnya:
Keutamaan yang disebutkan menurut terjemahan di atas diperuntukan bagi orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain.
Hadits Ke-3:
4740 - حدثنا أبو نعيم حدثنا سفيان عن علقمة بن مرثد عن أبي عبد الرحمن السلمي عن عثمان بن عفان قال قال النبي صلى الله عليه و سلم
 : ( إن أفضلكم من تعلم القرآن وعلمه )
Artinya:
Usman bin Affan berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
Maksudnya:
Dalam hadits di atas, terdapat amalan yang dapat membuat seorang muslim menjadi yang terbaik di antara saudara-saudaranya sesama muslim lainnya, yaitu belajar Al-Qur`an dan mengajarkan Al-Qur`an.  Tentu, baik belajar ataupun mengajar yang dapat membuat seseorang menjadi yang terbaik di sini, tidak bisa lepas dari keutamaan Al-Qur`an itu sendiri.  Al-Qur`an adalah kalam Allah, firman-firman-Nya yang diturunkan kepada Nabi-Nya melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur`an adalah sumber pertama dan acuan utama dalam ajaran Islam. 
Hadits Ke-4:
عَن اَبٍي سَعيدٍ رَضَي اللٌهُ عَنهٌ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلٌى اللٌه عَلَيهٍ وَسَلٌمَ يَقُولُ الرَبُ تَبَاَركَ وَتَعَالى مَن شَغَلَهُ الُقرُانُ عَن ذَكرِي وَمَسْئلَتيِ اَعطَيتُه اَفضَلَ مَا اُعطِي السْاَئِلينً وَفَضلُ كَلآمِ اللٌه عَلى سَائِرِ الكَلآمِ كَفَضلِ اللٌه عَلى خَلقِه
Artinya:
Dari Abu Sa’id r.a., bersabda Rasulullah S.A.W.,”Rabb Tabaraka wa ta’ala berfirman,’Barang siapa disibukkan dengan Al-Qur’an daripada berdzikir an berdo’a kepada-Ku, niscaya Aku beri ia sesuatu yang terbaik yang aku berikan kepada orang yang meminta kepada-Ku. Dan keutamaan Kalamullah terhadap kalam lainnya seperti keutama’an Allah terhadap makhluk-Nya.”(H.R :Tirmidzi)
Maksudnya:
Seseorang yang sibuk menghafal, mempelajari, atau memahami Al-Qur’an sehingga tidak sempat berdo’a, maka Allah SWT akan memberinya sesuatu yang lebih utama dari pada yang telah diberikan kepada orang yang berdo’a. Sebagaimana dalam urusan keduniaan , jika seorang akan membagikan kue atau makanan kepada orang banyak, lalu ia memilih seseorang untuk membagikannya, maka bagian untuk orang yang bertugas membagikannya akan disisihkan terlebih dahulu. Mengenai kesibukkan orang yang selalu membaca Al-Qur’an telah di sebutkan di dalam hadits lain, bahwa Allah SWT akan mengaruniakan pahala kepadanya yang lebih baik daripada pahala orang yang selalu bersyukur.
Hadits Ke-5:
عَن عُقبةً بنِ عَامِرٍ رَضيِ اللٌهٌ عَنهٌ قَالَ خَرَجَ عَلَينًا رَسُولٌ اللٌه صَلْي اللٌه عَلَيهِ وَسَلٌمَ وَنخَنُ فيِ الصفٌةِ فَقَالَ اَيٌكُم يُحبٌ اَن يَغدُ وَ كُلٌ يَومٍ اِلي بُطحَانَ اَواَلى الَعقَيقَ فَيَاٌتيِ بِنَاقَتَينِ كَومَاوَينِ فِي غَيِر اِثمٍ وَلآ قَظيعَةِ رَحَمٍ فَقُلنَا يَارَسُولَ اللٌهِ كُلٌنَا نُحِبٌ ذَالِكَ قَالَ اَفَلآ يَغدُو اَحَدُكُمَ اِلَى المسَجِدِ فَيَتَعَلَمَ اَوفَيَقَرٌاَ ايَتَينِ مِن كِتَابِ اللٌه خَيرٌلَه مِن نَاقَتَينِ وَثَلآثُ خَيرُلَه مِن ثَلآثٍ وَاَربَعُ خَيرُلَه من اربع ومن اعدادهن من الأبل).
Artinya:
Dari Uqbah bin Amir r.a., ia menceritakan, “Rasulullah saw. Datang menemui kami di shuffah, lalu beliau bertanya, ‘Siapakah diantara kalian yang suka pergi setiap hari ke pasar Buth-han atau Aqiq lalu ia pulang dengan membawa dua ekor unta betina dari jenis yang terbaik tanpa melakukan satu dosa atau memutuskan tali silaturahmi?’ Kami menjawab, Ya Rasulullah, kami semua menyukai hal itu.’ Rasululullah saw. Bersabda, ‘Mengapa salah seorang dari kalian tidak kemasjid lalu mempelajari atau membaca dua buah ayat al Qur’an (padahal yang demikian itu) lebih baik baginya dari pada dua ekor unta betina, tiga ayat lebih baik dari tiga ekor unta betina, dan begitu pula membaca empat ayat lebih baik baginya daripada empat ekor unta betina, dan seterusnya sejumlah ayat yang dibaca mendapat sejumlah yang sama dari unta-unta.” (Hr. Muslim)
Maksudnya:[3]
Shuffah adalah sebuah lantai khusus di masjid Nabawi, tempat orang-orang miskin Muhajirin tinggal disana. Jumlah sahabat ahlush-shuffah selalu berubah dari waktu ke waktu. Sedangkan Buthhan dan Aqiq adalah nama dua tempat di Madinah sebagai pasar perdagangan unta. Orang arab sangat menyukai unta, terutama unta betina yang berpunuk besar.
Maksud ‘tanpa berbuat dosa’ adalah tanpa suatu usaha. Bukan sebagaimana harta seseorang yang dapat bertambah banyak melalaui pemerasan atau mencuri dari orang lain, atau dari merampas warisan sesama saudara. Oleh sebab itu, Rasulullah S.A.W., menafikan semua cara itu, yaitu tanpa bersusah payah sama sekali atau berbuat dosa. Semua orang tentu senang Ketika memperolehnya, tetapi disebutkan bahwa mempelajari beberapa ayat Al-Qur’an itu lebih baik dan lebih utama daripada mendapatkan semua itu. Hendaknya kita meyakini bahwa seekor atau dua ekor unta sama sekali tidak sebanding, bahkan walaupun dibandingkan dengan satu kerajaan seluas tujuh benua, semua pasti akan di tinggalkan. Jika bukan hari ini tentu pada hari esok, ketika maut menjemput, pasti semuanya terpaksa harus berpisah. Sebaliknya, pahala membaca satu ayat Al-Qur’an akan bermanfa’at selama-lamanya. Dalam urusan keduniaan kita dapat menyaksikan bahwa seseorang yang diberi satu rupiah tanpa beban tanggung jawab apapun akan lebih senang daripada di pinjami seribu rupiah agar disimpan olehnya, tetapi kelak akan di ambil lagi karena ia terbebani amanah tanpa mendapatkan manfaat sedikitpun.
Inti maksud hadits di atas adalah mengingatkan kita akan perbandingan sesuatu yang fana dengan sesuatu yang abadi. Ketika seseorang diam atau bergerak, hendaknya selalu berpikir apakah dirinya sedang berbuat sesuatu yang sementara dan sia-sia atau sesuatu yang kekal dan bermanfaat? Betapa rugi waktu yang hanya di gunakan untuk mencari bencana yang abadi. Pada hakikatnya, kaum muslimin hendaknya memikirkan betapa mereka telah mengorbankan keuntungan agama demi mendapatkan keuntungan dunia yang sedikit ini.
C.            Nilai-Nilai yang Dapat diambil dari Hadits tentang dorongan mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an
Adapun nilai-nilai yang dapat diambil dari hadits-hadits di atas yang berkenaan dengan keutamaan Al-Qur’an, dorongan membaca, mempelajari dan mengamalkannya, diantaranya yaitu sebagai berikut :
1.             Bagi pendidik dan peserta didik dianjurkan untuk senantiasa membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Telah kita ketahui bahwasanya esensi dari hidup ini adalah untuk beribadah, sebagaimana firman Allah SWT. yang artinya “dan kami ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah-Ku”..
Adapun Allah SWT  memerintahkan sesuatu hal berarti terdapat hikmah atau manfaat untuk kebaikan manusia itu sendiri. Ketika kita dianjurkan untuk membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari itu semua selain merupakan kewajiban kita terdapat banyak manfaat. Dengan membaca Al-qur’an kita mendapatkan pahala, mempelajarinya lebih dalam dapat mendapatkan ilmu pengetahuan karena sumber ilmu pengetahuan adalah Al-qur’an, dan mengamalkan Al-qur’an diharapkan terbentuknya jiwa dan akhlaq Qur’ani baik itu si pendidik ataupun si peserta didik, karena seperti halnya Rasulullah SAW, beliau adalah manusia yang berakhlaq Al-qur’an.
2.             Sebagai seorang muslim kita diperintahkan untuk membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-Qur’an sejak dini dan menjaganya sampai akhir hayat.
Perintah membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-qur’an itu diperintahkan sejak dini supaya setelah dewasa jadi terbiasa untuk terus mengamalkan Al-qur’an. Selain itu juga, setelah terbiasa menbaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-qur’an itu dianjurkan untuk menjaganya sampai akhir hayat. Maksudnya, kebiasaan tersebut yakni membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-qur’an yang sudah dilatih sejak dini harus bisa di istiqomahkan atau di dawamkan hingga Allah SWT. memanggil kita.  Karena hal itu semua memiliki keistimewaan dan keutamaannya bagi orang tersebut yang mau membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-qur’an sejak dini dan mengistiqomahkannya sampai akhir hayat yang salah satunya Al-qur’an tersebut kelak di Yaumil Qiamat akan memberi syafaat kepada ahlinya yaitu orang-orang yang mau membaca Al-qur’an, mempelajari serta mengamalkannya secara istiqomah.
3.             Menunjukkan betapa agung dan mulianya Al-Qur’an dibandingkan dengan kitab-kitab lainnya sebelum Al-Qur’an.
Al- Qur’an merupakan kalam Allah yang merupakan mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad, yang berfungsi sebagai penyempurna kitab-kitab Allah lain yang diturunkan pada nabi-nabi sebelumnya (Taurat, Injil, dan Zabur) yang masih berupa mushaf/ lembaran-lembaran/ gulungan-gulungan, juga hanya berlaku pada masa kenabian tersebut.[4]
Selain itu juga Al-qur’an pun memiliki keistimewaan dan keutamaan dibandingkan dengan kitab-kitab yang lainnya diantaranya Al-qur’an member pedoman dan petunjuk hidup lengkap beserta hukum-hukum untuk kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh umat manusia dimanapun berada serta disegala zaman atau periode waktu.
D.           Dalil Al-Qur’an tentang Al-Qur’an
Penjelasan Allah dalam Al-Qur’an terkait dengan kemuliaan Al-Qur’an ada banyak sekali, diantaranya adalah sebagai berikut:

Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (QS Al-Furqan:1)
وَاتْلُ مَآأُوْحِيَ إِلَيْكَ مِنْ كِتَابِ رَبِّكَ
Artinya: “Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Rabb-mu (al-Qur’an).. (QS. al-Kahfi:27).


BAB III
PENUTUP
A.           Kesimpulan
Dari makalah diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1.      Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah.
2.      Mempelajari Al-Qur`an adalah belajar membaca Al-Qur`an dengan disertai hukum tajwidnya, agar dapat membaca Al-Qur`an benar. Adapun maksud dari mengajarkan Al-Qur`an, yaitu mengajari orang lain cara membaca Al-Qur`an yang benar berdasarkan hukum tajwid
3.      Contoh hadits tentang keutamaan mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an: diriwayatkan oleh Bukhari. Yang artinya “Usman bin Affan berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”
4.      Nilai-nilai yang dapat diambil dari hadits-hadits di atas yang berkenaan dengan keutamaan Al-Qur’an diantaranya adalah bagi pendidik dan peserta didik dianjurkan untuk senantiasa membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dan Sebagai seorang muslim kita diperintahkan untuk membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-Qur’an sejak dini dan menjaganya sampai akhir hayat.
B.            Saran
Mahasiswa di tuntut untuk lebih dalam memahami tentang makna mempelajari serta mengajarkan apa yang telah kita pelajari mengenai Al-Qur’an kepada orang lain. Sebab Al-Qur’an merupakan sumber hukum serta pedoman hidup kita untuk menjadi manusia yang lebih baik.




DAFTAR PUSTAKA
Abu Bakr Jabir Al-Jazairi. 2008.  Ensiklopdi Muslim, Jakarta: Darul Falah.
An-Nawawi, Imam. 2012. Riyadhus Shalihin, Solo: Insan Kamil.
Baqi, Muhammad Fu’ad ‘Abdul. 2013. Kitab-Kitab Shoheh Bukhari, Solo: Insan Kamil Solo.



[1] Abu Bakr Jabir Al-Jazairi. 2008.  Ensiklopdi Muslim, Jakarta: Darul Falah. Hal.80
[2] Ibid.80
[3] An-Nawawi, Imam. 2012. Riyadhus Shalihin, Solo: Insan Kamil. Hal. 23
[4] Baqi, Muhammad Fu’ad ‘Abdul. 2013. Kitab-Kitab Shoheh Bukhari, Solo: Insan Kamil Solo. Hal. 102-106.