Monday 17 September 2018

Metode pembelajaran khusus anak ABK ada 4 yaitu:


Metode pembelajaran khusus anak  ABK ada 4 yaitu:
Duplikasi kurikulum penggadaan kurikulum terhadap anak ABK dan anak ATBK yang tingkat kesulitan nya sama dngan siswa rata rata.
Contoh seperti binatang  mengenalkan binatang kesayangan,binatang kesukaan, binatang liar,serangga,ulr,
Muditifikasi kurikulum seperti penyesuain yakni kurikulum atau metode pembelajaran yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dan potensi ABK.
Contoh memeperkenalkan makanan binatang rumput,daun,(sapi,kambing,kuda,kerbau) pemakan daging seperti(harimau,srigala).biji bijian (ayam,bebek,itik).
Substitusi kurikulum sepertimengenalkan tempat hidup binatang.
Contoh tempat hidup binatang di air (ikan,cumi cumi,gurita).udara (burung,kelelawar) darat (sapi,kambing,kerbau) tanah(semut,rayap).
Omisi kurikulum pengkembang biakan binatang.

Contoh seperti binatang yang bertelur(ayam,bebek,buaya,ular,) yang beranak(sapi,kuda,kambing).
Dalam pembelajaran insklusif  model  kurikulum  bagi ABK  dapat dikelompokkan menjadi  empat, yakni.
1.      Duplikasi  kurikulum
Duplikasi  kurikulum adalah metode pembelajaran yang disetarakan  untuk anak ABK dan anak ATBK.
Contoh: lingkungan keluarga dimana lingkungan tersebut dikenalkan kepada anak ABK dengan cara menjelaskan dan memperkenalkan siapa yang  ada  di sekitar lingkungannya, sepert  mengenal anggota keluarga(ayah, ibu,adek,kakek,nenek,paman, bibi,keponakan), pekerjaan keluarga, (pekerjaan ayah  dan ibu ), tugas anggota keluarga(ayah bekerja , ibu mengurus rumah tangga membereskan rumah dan mengurus anak), tata tertib dalam keluarga( seperti berpamitan jika ingin bermain,  dan mengetuk pintu  sebelum masuk ruangan, mengucap salam.
2.      Modifikasi kurikulum
Kurikulum atau metode pembelajaran yang diperbarui atau di setarakan dengan  kemampuan  dan kebutuhan anak  ABK.
Contoh: lingkungan rumah dimana lingkungan rumah  diperkenalkan dengan menggambar atau mewarnai seperti apa rumah, kegunaanya rumah , bagian-bagian rumah, halamannya dan lingkungannya.
3.      Subtstitusi kurikulum
Metode pembelajaran yang  harus melihat kesetaraan anaka atau kemampuan  ABK .
Contoh:  lingkungan sekolah yang dijelaskan dengan cara mempraktekkan  dalam kelas atau diruang kelas  dimana anak ABK bisa mengerti , seperti fungsi sekolah  paud,  bagian –bagian sekolah paud, lingkungan  sekolah, tata tartib  sekolah.

4.      Omisi kurikulum
Metode pembelajaran  atau kurikulum umum yang di tiadakan total  karna tidak memungkinkan anak ABK dapat berfikir setara  seperti anak rata-rata.
Contoh; lingkungan alam yang  yang dipelajara anak ATBK yg dengan cepat berfikir cepat, sedangkan ABK akan sulit menggambarkan , mengerti  semua penjelasan para pengajar.