Metode pembelajaran khusus anak
ABK ada 4 yaitu:
Duplikasi kurikulum penggadaan kurikulum terhadap anak ABK dan anak
ATBK yang tingkat kesulitan nya sama dngan siswa rata rata.
Contoh seperti binatang
mengenalkan binatang kesayangan,binatang kesukaan, binatang
liar,serangga,ulr,
Muditifikasi kurikulum seperti penyesuain yakni kurikulum atau
metode pembelajaran yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dan
potensi ABK.
Contoh memeperkenalkan makanan binatang
rumput,daun,(sapi,kambing,kuda,kerbau) pemakan daging
seperti(harimau,srigala).biji bijian (ayam,bebek,itik).
Substitusi kurikulum sepertimengenalkan tempat hidup binatang.
Contoh tempat hidup binatang di air (ikan,cumi cumi,gurita).udara
(burung,kelelawar) darat (sapi,kambing,kerbau) tanah(semut,rayap).
Omisi kurikulum pengkembang biakan binatang.
Contoh seperti binatang yang bertelur(ayam,bebek,buaya,ular,) yang
beranak(sapi,kuda,kambing).
Dalam pembelajaran insklusif
model kurikulum bagi ABK
dapat dikelompokkan menjadi
empat, yakni.
1.
Duplikasi kurikulum
Duplikasi kurikulum adalah
metode pembelajaran yang disetarakan
untuk anak ABK dan anak ATBK.
Contoh: lingkungan keluarga dimana lingkungan tersebut dikenalkan
kepada anak ABK dengan cara menjelaskan dan memperkenalkan siapa yang ada di
sekitar lingkungannya, sepert mengenal
anggota keluarga(ayah, ibu,adek,kakek,nenek,paman, bibi,keponakan), pekerjaan
keluarga, (pekerjaan ayah dan ibu ),
tugas anggota keluarga(ayah bekerja , ibu mengurus rumah tangga membereskan
rumah dan mengurus anak), tata tertib dalam keluarga( seperti berpamitan jika
ingin bermain, dan mengetuk pintu sebelum masuk ruangan, mengucap salam.
2.
Modifikasi
kurikulum
Kurikulum atau metode pembelajaran yang diperbarui atau di
setarakan dengan kemampuan dan kebutuhan anak ABK.
Contoh: lingkungan rumah dimana lingkungan rumah diperkenalkan dengan menggambar atau mewarnai
seperti apa rumah, kegunaanya rumah , bagian-bagian rumah, halamannya dan
lingkungannya.
3.
Subtstitusi
kurikulum
Metode pembelajaran yang
harus melihat kesetaraan anaka atau kemampuan ABK .
Contoh: lingkungan sekolah
yang dijelaskan dengan cara mempraktekkan
dalam kelas atau diruang kelas
dimana anak ABK bisa mengerti , seperti fungsi sekolah paud,
bagian –bagian sekolah paud, lingkungan
sekolah, tata tartib sekolah.
4.
Omisi
kurikulum
Metode pembelajaran atau
kurikulum umum yang di tiadakan total
karna tidak memungkinkan anak ABK dapat berfikir setara seperti anak rata-rata.
Contoh; lingkungan alam yang
yang dipelajara anak ATBK yg dengan cepat berfikir cepat, sedangkan ABK
akan sulit menggambarkan , mengerti
semua penjelasan para pengajar.