Monday 17 September 2018

SILABUS PEMBELAJARAN


SILABUS PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan            : Madrasah Aliyah Mata Pelajaran                  : Al-Quran Hadis Kelas                                   : XI (Sebelas) Semester                             : Genap


Kompetensi Inti                 :
KI-1                                      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2                                      Menghayati  dan  mengamalkan   perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  pedul(gotong  royong,  kerjasama,  toleran,  damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3                                     :    Memahami,  menerapkan,  menganalisis  pengetahuan  faktual,  konseptual,  prosedural  berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4                                      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1. Menyadari nilai-nilai
tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat

Membimbing kesadaran nilai-nilai
tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat

· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal





-

2.1. Menunjukkan perilaku
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan

Pembiasaan berperilaku tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat


_


_


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
masyarakat sebagai
implementasi dari
pemahaman Surah  At- Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20): 132, Al- Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah

implementasi dari pemahaman
Surah At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20): 132, Al-Anam (6): 70, An-Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin
Sabrahdan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
· Jurnal


3.1. Memahami  ayat-ayat Al-
Quran tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagaimana yang terdapat pada Surah  At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):
132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari
Al-Rabi bin Sabrah
dan hadis riwayat oleh Al-
Bukhari Muslim dari Abu

Mengamati
·  Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
·  Mengamati gambar yang terkait dengan salah satutanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat Mendengar,uraian guru tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
1 TM
(45 x 2)


· Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA


Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Quran Hadis MA Kemenag RI
· Al-Quran dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya  Yang Sesuai
· Media cetak dan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Hurairah

























4.1.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat Al-Qur'an dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada Surah  At- Tahrim (66): 6, Surah
Thaha (20): 132, Al-Anam
(6): 70, An-Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar, hadis riwayat Abu Dawud

Menanya
·    Menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
·    Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·    mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
·     Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat Mengasosiasikan
·    Mencari hubungan antara
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan



























· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio

elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
dari Al-Rabi bin Sabrah
dan hadis riwayat oleh Al-
Bukhari Muslim dari Abu
Hurairah

masyarakat dengan aspek sosial
budaya dalam kehidupan masyarakat
·    Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mengkomunikasikan
·   Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·    Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuan tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat



1.2. Menyadari pentingnya
nilai-nilai kompetitif dan kerja sama dalam kebaikan dalam memperdayakan lingkungan sekitarnya.

Membimbing peningkatan
kesadaran pentingnya nilai-nilai kompetitif dan kerja sama
dalam kebaikan dalam memperdayakan lingkungan sekitarnya.
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
_
_
2.2. Membiasakan sikap kompetitif dalam
kebaikasebagai pemahaman atas Surah
Al-Baqarah :148, Surah
Al-Fathir : 32, An-Nahl:
97, dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah

Membimbing perilaku
Membiasakan sikap kompetitif
dalam kebaikasebagai pemahaman atas Surah Al- Baqarah :148, Surah Al-Fathir :
32, An-Nahl: 97, dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin
Abdullah
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
_
_


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)






3.2. Memahami ayat-ayat
Al-Quran dan hadis
tentang kompetisi dalam kebaikan,  yang terdapat dalam Surah Al-Baqarah
:148, Surah Al-Fathir :
32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah















4.2. Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al- Qur`an dan hadis tentang kompetisi dalammemperdayakan ling

ayat-ayat Al-Quran dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan,  yang terdapat dalam Surah Al-Baqarah :148, Surah Al-Fathir : 32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
Mengamati
·  Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan dalam memperdayakan lingkungan
·  Mengamati gambar yang terkait
dengan salah satukompetisi dalam kebaikan Mendengar,uraian guru tentang kompetisi dalam kebaikan dalam memperdayakan lingkungan.


Menanya
·    Menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan kompetisi dalam kebaikan
·    Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·    mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru tentangkompetisi dalam kebaikan Mengeksplorasi
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan


























· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
1 TM
(45 x 2)


· Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA


Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Quran Hadis
MA Kemenag RI
· Al-Quran dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya  Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
kebaikan Surah Al-
Baqarah :148, Surah Al-
Fathir : 32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah r.a.

·  Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan memperdayakan lingkungan.sekitarnya
·  Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kompetisi dalam kebaikan memperdayakan lingkungan sekitarnya.
Mengasosiasikan
·    Mencari hubungan kompetisi dalam kebaikandengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·    Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan memperdayakan lingkungan sekitarnya.
Mengkomunikasikan
·   Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·    Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuatentang kompetisi dalam kebaikan
· Produk
· Portofolio


1.3. Menghayati nilai-nilai
etos kerja pribadi muslim dalam kehidupan sehari-hari

Membimbing keyakinaetos kerja
pribadi muslim dalam kehidupan sehari-hari
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal


2.3.      Memiliki etos kerja

Membimbing pembiasaan perilaku
· Observasi




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
pribadi muslim yang
tinggi sebagai
implementasi Surah Al- Jumuah 9–11; Surah Al- Qashshash: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya

beretos kerja tinggi sebagai pribadi
muslim sebagai implementasi Surah Al-Jumuah 9–11; Surah Al- Qashshash: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal


3.3.Memahami ayat-ayat Al-
Quran dan hadis tentang
etos kerja pribadi muslim pada Surah Al-Jumuah
9–11; Surah Al- Qashshash: 77,  dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Madi kariba
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
ayat-ayat Al-Quran
dan hadis tentang etos kerja pribadi muslim pada Surah Al- Jumuah 9–11; Surah
Al-Qashshash: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam
bin Madi kariba dan
hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
Mengamati
·  Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengan etos kerja pribadi muslim
·  Mengamati gambar yang terkait
dengan salah satuetos kerja pribadi muslim Mendengar,uraian guru tentang etos kerja pribadi muslim Menanya
·    Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan etos kerja pribadi muslim
·    Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·    mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
1 TM
(45 x 2)


· Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA


Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Quran Hadis
MA Kemenag RI
· Al-Quran dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya  Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)








4.3.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat Al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja pribadi muslim pada Surah Al- Jumuah 9–11; Surah Al- Qashshash: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya

tentang etos kerja pribadi
muslim
Mengeksplorasi
·  Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
·    Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang etos kerja pribadi muslim


Mengasosiasikan
·    Mencari hubungan etos kerja pribadi muslim dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama


Mengkomunikasikan
·   Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan









· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)


·    Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuatentangetos kerja pribadi muslim



1.4. Menghayati nilai-nilai
selektif terhadap makanan yang halal dan baik di lingkungan sekolah

Membimbing keyakinan dari
bersikap selektif terhadap makanan yang halal dan baik dilingkungan sekolah
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal


2.4. Membiasakan sikap
selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik sebagai implementasi dari pemahamanterhadap ramah lingkungan Surah Al- Baqarah (2):168–169, Al- Baqarah (2): 172–173,
dan hadis riwayat Abu
Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah

Membimbing  meningkatkan
pembiaan sikap selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ramah lingkungan Surah Al-Baqarah (2):168–169, Al- Baqarah (2): 172–173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madikariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal


3.4. Memahami ayat-ayat Al-
Quran dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada Surah Al- Baqarah (2):168–169,
Al-Baqarah (2): 172–
173,dan hadis riwayat
Abu Dawud dari Madikariba dan hadis riwayat At-Tirmizi dari Abu Hurairah
ayat-ayat Al-Quran dan hadis tentang makanan yang halal dan baikpada Surah Al-Baqarah (2):168–
169, Al-Baqarah (2):
172–173,dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madikariba dan hadis riwayat At-
Mengamati
·  Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengan makanan yang halal dan baik
·  Mengamati gambar yang terkait
dengan salah satumakanan yang halal dan baik
Mendengar,uraian guru tentang makanan yang halal dan baik Menanya
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
1 TM
(45 x 2)


· Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA


Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Quran Hadis MA Kemenag RI
· Al-Quran dan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)





















4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al- Quran dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada Surah Al- Baqarah (2):168–169, Al- Baqarah (2): 172–173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madikariba dan
hadis riwayat At-Tirmizi dari Abu Hurairah
Tirmizi dari Abu
Hurairah
·    Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan makanan yang halal dan baik dilingkungan sekolah
·    Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·    mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru tentangkewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
Mengeksplorasi
·    Menentukan sumber informasi berkaitan dengan makanan yang halal dan baik dilingkungan sekolah
·    Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang makanan yang halal dan baik dilingkungan sekolah
Mengasosiasikan
·    Mencari hubungan makanan yang halal dan baikdengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan makanan yang halal dan baik
Mengkomunikasikan





















· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio

Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya  Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)


·   Mempresentasikan kesimpulan
berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·    Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuan tentangmakanan yang halal dan baik



1.5.     Menyadari
pentingnya rasa syukur
atas nikmat Allah dan melestarikan lingkungan sekitar.

Membimbing pentingnya rasa
syukur atas nikmat Allah dan melestarikan lingkungan sekitar.
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
_
_
2.5. Menunjukkan perilaku
mensyukuri nikmat Allah
dalam kehidupan sehari- hari sebagai implementasi dari pemahaman Surah
Az-Zukhruf (43) :9–13,
Surah Al-Ankabut (29):17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy

Membimbing perilaku
mensyukuri nikmat Allah dalam
kehidupan seharai-hari sebagai implementasi dari pemahaman Surah Az-Zukhruf (43) :9–13, Surah Al-Ankabut (29):17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
_
_
3.5..Mengidentifikasikan
konsep syukur nikmat
Allah pada Surah Az- Zukhruf (43) :9–13, Surah Al-Ankabut (29):17, dan hadis
syukur nikmat Allah
pada Surah Az-
Zukhruf (43) :9–13, Surah Al-Ankabut (29):17, dan hadis Ahmad dari Asyab
Mengamati
·  Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengansyukur nikmat
·  Mengamati gambar yang terkait
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
1 TM
(45 x 2)


· Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Ahmad dari Asyab bin
Qaisy dan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah H.R. Ahmad dari Asyab bin Qaisy dan H.R. Muslim dari Abu Hurairah






















4.5.Menghafal dan mengartikan ayat-ayat Al- Quran dan hadis tentang syukur nikmat Allah pada Surah Az-Zukhruf (43)
:9–13, Surah Al-Ankabut (29):17, dan hadis Ahmad dari Asyab bin Qaisy dan H.R. Abu Dawud dari
Abu Hurairah hadis
bin Qaisy dan H.R.
Abu Dawud dari Abu
Hurairah H.R. Ahmad dari Asyab bin Qaisy dan H.R. Muslim dari Abu Hurairah
dengan salah satusyukur nikmat
Mendengar,uraian guru tentang syukur nikmat Menanya
·    Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan syukur nikmat
·    Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·    mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru tentangsyukur nikmat Mengeksplorasi
·    Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan syukur nikmat
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang syukur nikmat
Mengasosiasikan
·    Mencari hubungan syukur nikmat dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan syukur nikmat


Mengkomunikasikan
































· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio

Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Quran Hadis
MA Kemenag RI
· Al-Quran dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya  Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
riwayat Ahmad dari
Asyab bin Qaisy dan
H.R. Muslim dari Abu
Hurairah

·   Mempresentasikan kesimpulan
berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·    Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuan tentangsyukur nikmat