SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas : XI (Sebelas) Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku
jujur,
disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,
toleran,
damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
:
Memahami,
menerapkan,
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1. Menyadari nilai-nilai
tanggung jawab terhadap keluarga dan
masyarakat
|
|
Membimbing kesadaran
nilai-nilai
tanggung jawab terhadap keluarga
dan masyarakat
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
-
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
|
|
Pembiasaan berperilaku tanggung
jawab manusia terhadap keluarga
dan masyarakat sebagai
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
|
_
|
_
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
masyarakat sebagai
implementasi dari
pemahaman Surah At- Tahrim (66): 6, Surah
Thaha (20): 132, Al-
An‘am (6): 70, An-
Nisa’(4) :36, Hud
(11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah bin Umar
,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
|
implementasi dari pemahaman
Surah At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20): 132,
Al-An‘am (6): 70, An-Nisa’(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin
Sabrahdan hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
|
· Jurnal
|
|
|
3.1. Memahami
ayat-ayat Al-
Qur’an tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
sebagaimana yang terdapat
pada Surah At-Tahrim
(66): 6, Surah Thaha (20):
132, Al-An‘am (6): 70, An- Nisa’(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah bin Umar hadis
riwayat Abu Dawud dari
Al-Rabi’ bin Sabrah
dan hadis riwayat oleh Al-
Bukhari Muslim dari Abu
|
|
Mengamati
· Membaca salah satu ayat dan
hadis yang berkaitan dengan tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat
· Mengamati gambar yang terkait dengan salah satutanggung
jawab manusia terhadap keluarga
dan masyarakat Mendengar,uraian guru tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat
|
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
|
1 TM
(45 x 2)
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Qur’an Hadis MA Kemenag RI
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
Hurairah
4.1.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata
ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada Surah
At-
Tahrim (66): 6, Surah
Thaha (20): 132, Al-An‘am
(6): 70, An-Nisa’(4) :36,
Hud (11):117–119
dan hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Umar, hadis riwayat Abu Dawud
|
|
Menanya
· Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat
· Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
· mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru
tentangtanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan
tanggung
jawab manusia terhadap
keluarga dan masyarakat
· Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang tanggung jawab
manusia terhadap keluarga dan
masyarakat Mengasosiasikan
· Mencari hubungan antara
tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan
|
· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio
|
|
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
dari Al-Rabi’ bin Sabrah
dan hadis riwayat oleh Al-
Bukhari Muslim dari Abu
Hurairah
|
|
masyarakat dengan aspek sosial
budaya dalam kehidupan masyarakat
· Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar
atau
hasil temuan
tentangtanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat
|
|
|
|
1.2. Menyadari pentingnya
nilai-nilai kompetitif dan kerja sama dalam
kebaikan
dalam memperdayakan lingkungan sekitarnya.
|
|
Membimbing peningkatan
kesadaran pentingnya nilai-nilai kompetitif dan kerja sama
dalam kebaikan dalam memperdayakan lingkungan
sekitarnya.
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
_
|
_
|
2.2. Membiasakan sikap
kompetitif dalam
kebaikan sebagai
pemahaman atas Surah
Al-Baqarah :148,
Surah
Al-Fathir : 32, An-Nahl:
97, dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
|
|
Membimbing perilaku
Membiasakan sikap kompetitif
dalam kebaikan sebagai pemahaman atas Surah Al-
Baqarah :148, Surah Al-Fathir :
32,
An-Nahl: 97, dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin
Abdullah
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
_
|
_
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
|
|
|
|
|
3.2. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an dan hadis
tentang kompetisi dalam kebaikan, yang
terdapat dalam Surah Al-Baqarah
:148, Surah Al-Fathir :
32, An-Nahl: 97, dan Hadis
Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah
4.2. Mempresentasikan isi
dan kandungan ayat Al-
Qur`an dan hadis tentang kompetisi dalammemperdayakan ling
|
ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan, yang
terdapat dalam Surah Al-Baqarah :148, Surah Al-Fathir : 32, An-Nahl: 97, dan
Hadis Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah
|
Mengamati
· Membaca salah satu ayat dan
hadis yang berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan
dalam memperdayakan lingkungan
· Mengamati gambar yang terkait
dengan salah satukompetisi dalam kebaikan
Mendengar,uraian guru tentang kompetisi dalam kebaikan
dalam memperdayakan lingkungan.
Menanya
· Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan
kompetisi dalam kebaikan
· Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
· mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru
tentangkompetisi dalam
kebaikan Mengeksplorasi
|
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
|
1 TM
(45 x 2)
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Qur’an Hadis
MA Kemenag RI
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
kebaikan Surah Al-
Baqarah :148,
Surah Al-
Fathir : 32, An-Nahl: 97, dan Hadis
Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah r.a.
|
|
· Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan
memperdayakan lingkungan.sekitarnya
· Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kompetisi dalam kebaikan
memperdayakan lingkungan sekitarnya.
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan
kompetisi
dalam kebaikandengan aspek sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat
· Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan
kompetisi
dalam kebaikan memperdayakan lingkungan sekitarnya.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar
atau
hasil temuan tentang kompetisi dalam kebaikan
|
· Produk
· Portofolio
|
|
|
1.3. Menghayati nilai-nilai
etos kerja pribadi
muslim dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
Membimbing keyakinan etos kerja
pribadi muslim dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
|
|
2.3. Memiliki etos
kerja
|
|
Membimbing pembiasaan perilaku
|
· Observasi
|
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
pribadi muslim yang
tinggi sebagai
implementasi Surah Al-
Jumu‘ah 9–11; Surah Al- Qashshash: 77,
dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
|
beretos kerja tinggi sebagai pribadi
muslim sebagai implementasi Surah Al-Jumu‘ah 9–11; Surah Al- Qashshash: 77,
dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Ma’di
kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah
dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
|
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
|
|
3.3.Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an dan hadis tentang
etos kerja pribadi muslim
pada Surah Al-Jumu‘ah
9–11; Surah Al-
Qashshash: 77,
dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin
Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
ayat-ayat Al-Qur’an
dan hadis
tentang etos kerja pribadi muslim pada Surah Al- Jumu‘ah 9–11; Surah
Al-Qashshash: 77,
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam
bin Ma’di kariba dan
hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
|
Mengamati
· Membaca salah satu ayat dan
hadis yang berkaitan dengan etos
kerja pribadi muslim
· Mengamati gambar yang terkait
dengan salah satuetos
kerja pribadi muslim
Mendengar,uraian guru tentang etos kerja pribadi muslim Menanya
· Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan
etos
kerja pribadi muslim
· Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
· mengungkapkan pendapat atau
komentar atas
penjelasan guru
|
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
|
1 TM
(45 x 2)
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Qur’an Hadis
MA Kemenag RI
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
4.3.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata
ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang etos kerja pribadi
muslim pada Surah Al- Jumu‘ah 9–11; Surah Al-
Qashshash: 77,
dan hadis
riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
|
tentang etos kerja pribadi
muslim
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada
sesama
· Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang etos
kerja pribadi
muslim
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan
etos
kerja pribadi muslim dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan
kewajiban menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di
lapangan
|
· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio
|
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
|
· Menyampaikan hasil belajar
atau
hasil temuan tentangetos
kerja pribadi muslim
|
|
|
|
1.4. Menghayati nilai-nilai
selektif terhadap makanan
yang halal dan baik di lingkungan sekolah
|
|
Membimbing keyakinan dari
bersikap selektif terhadap makanan
yang halal dan baik dilingkungan sekolah
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
|
|
2.4. Membiasakan sikap
selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik
sebagai implementasi dari pemahamanterhadap
ramah lingkungan Surah Al- Baqarah (2):168–169,
Al- Baqarah (2): 172–173,
dan hadis riwayat Abu
Dawud dari Ma’di kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah
|
|
Membimbing
meningkatkan
pembiaan sikap selektif terhadap
makanan dengan memilih makanan
yang halal dan baik sebagai
implementasi dari pemahaman
terhadap ramah lingkungan Surah Al-Baqarah (2):168–169, Al- Baqarah (2): 172–173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Ma’dikariba dan hadis
riwayat At-
Tirmizi dari Abu Hurairah
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
|
|
3.4. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an dan hadis
tentang
makanan yang halal dan
baik pada Surah Al-
Baqarah (2):168–169,
Al-Baqarah (2): 172–
173,dan hadis riwayat
Abu Dawud dari
Ma’dikariba dan hadis riwayat At-Tirmizi dari
Abu Hurairah
|
ayat-ayat
Al-Qur’an
dan hadis tentang makanan yang halal dan baikpada Surah
Al-Baqarah (2):168–
169, Al-Baqarah (2):
172–173,dan hadis riwayat Abu Dawud
dari Ma’dikariba dan
hadis
riwayat At-
|
Mengamati
· Membaca salah satu ayat dan
hadis yang berkaitan dengan makanan yang halal dan baik
· Mengamati gambar yang terkait
dengan salah satumakanan yang halal dan baik
Mendengar,uraian guru tentang makanan yang halal dan baik Menanya
|
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
|
1 TM
(45 x 2)
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Qur’an Hadis MA Kemenag RI
· Al-Qur’an dan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al-
Qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada Surah Al-
Baqarah (2):168–169, Al-
Baqarah (2): 172–173, dan
hadis
riwayat Abu Dawud dari Ma’dikariba dan
hadis riwayat At-Tirmizi dari Abu Hurairah
|
Tirmizi dari Abu
Hurairah
|
· Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan
makanan yang halal dan baik
dilingkungan sekolah
· Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
· mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru
tentangkewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan makanan yang
halal dan baik dilingkungan sekolah
· Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang makanan yang halal dan baik dilingkungan sekolah
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan makanan
yang halal dan baikdengan aspek sosial budaya dalam
kehidupan masyarakat Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan makanan
yang halal dan baik
Mengkomunikasikan
|
· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio
|
|
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
|
· Mempresentasikan kesimpulan
berdasarkan hasil temuan atau
wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar
atau
hasil temuan
tentangmakanan yang halal dan baik
|
|
|
|
1.5. Menyadari
pentingnya rasa syukur
atas nikmat Allah dan melestarikan lingkungan sekitar.
|
|
Membimbing pentingnya rasa
syukur atas
nikmat Allah
dan melestarikan lingkungan sekitar.
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
_
|
_
|
2.5. Menunjukkan perilaku
mensyukuri nikmat Allah
dalam kehidupan sehari-
hari sebagai implementasi dari pemahaman
Surah
Az-Zukhruf (43) :9–13,
Surah Al-‘Ankabut (29):17, dan hadis riwayat
Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy
|
|
Membimbing perilaku
mensyukuri nikmat Allah dalam
kehidupan seharai-hari sebagai implementasi dari pemahaman Surah Az-Zukhruf (43) :9–13,
Surah Al-‘Ankabut (29):17,
dan hadis
riwayat Ahmad dari Asy’ab bin Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis
riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisy
|
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal
|
_
|
_
|
3.5..Mengidentifikasikan
konsep syukur nikmat
Allah pada Surah Az- Zukhruf (43) :9–13, Surah Al-‘Ankabut
(29):17, dan hadis
|
syukur nikmat Allah
pada Surah Az-
Zukhruf (43) :9–13, Surah Al-‘Ankabut (29):17, dan hadis Ahmad dari Asy’ab
|
Mengamati
· Membaca salah satu ayat dan
hadis yang berkaitan
dengansyukur nikmat
· Mengamati gambar yang terkait
|
· Tes Tertulis
· Observasi
· Penugasan
|
1
TM
(45 x 2)
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisy dan H.R. Abu
Dawud dari Abu
Hurairah H.R. Ahmad dari Asy’ab bin Qaisy
dan H.R. Muslim dari
Abu Hurairah
4.5.Menghafal dan mengartikan ayat-ayat Al-
Qur’an dan hadis tentang syukur nikmat Allah pada Surah Az-Zukhruf (43)
:9–13, Surah Al-‘Ankabut (29):17, dan hadis Ahmad
dari Asy’ab bin Qaisy dan
H.R. Abu Dawud dari
Abu Hurairah hadis
|
bin Qaisy dan H.R.
Abu Dawud dari Abu
Hurairah H.R. Ahmad dari Asy’ab bin Qaisy
dan H.R. Muslim dari
Abu Hurairah
|
dengan salah satusyukur nikmat
Mendengar,uraian guru tentang syukur nikmat Menanya
· Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan
syukur nikmat
· Memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
· mengungkapkan pendapat atau
komentar atas penjelasan guru
tentangsyukur nikmat Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan syukur nikmat
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang syukur nikmat
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan
syukur
nikmat dengan aspek sosial
budaya dalam kehidupan
masyarakat
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan
syukur nikmat
Mengkomunikasikan
|
· Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktek
· Projek
· Produk
· Portofolio
|
|
Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Al-Qur’an Hadis
MA Kemenag RI
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy dan
H.R. Muslim dari Abu
Hurairah
|
|
· Mempresentasikan kesimpulan
berdasarkan hasil temuan atau
wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar
atau
hasil temuan
tentangsyukur nikmat
|
|
|
|