Thursday 13 September 2018

perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran probing promting dengan model active learning terhadap prestasi belajar siswa




BAB V
PENUTUP
5.1    Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa:
1.        Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran probing promting dengan model active learning  terhadap prestasi belajar siswa.
2.        Peningkatan prestasi belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran probing promting lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model active learning pada pembelajaran fisika.
3.        Perbandingan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran probing promting lebih tinggi dari pada keaktifan siswa yang menggunakan model active learning pada pembelajaran fisika.

5.2    Saran
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan oleh peneliti sebagai berikut
1.        Dalam prosses belajar mengajar guru hendaknya mampu menciptakan suasana belajar yang mampu membuat siswa menjadi aktif, anta lain dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, salah satunya yaitu dengan model pembelajaran probing promting maupun model active learning
2.        Guru dapat menerapkan model pembelajaran probing promting dan model active learning pada materi pokok yang lainnya.
3.        Penelitian ini belum komprehensip, karena hanya melihat dari segi prestasi belajar siswa dilihat dari ranah kognitif saja dan keaktifan siswa dilihat dari segi menyimak, diskusi, dan menjawab pertanyaan ataupun pernyataan terhadap model pembelajaran probing promting yang dibandingkan dengan model active learning, diharapkan pada peneliti lanjutan untuk memperhatikan aspek-aspek lainnya, seperti keterampilan proses sains dan psikomotorik dan lain-lain.