Friday, 22 March 2019

Pengertian Surat



Pengertian Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan atau informasi secara tertulis dan pihak yang satu kepada pihak lain, baik atas nama sendiri, maupun atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi, instansi ataupun perusahaan. Informasi-informasi ini dapat berupa pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, saran-saran, dan sebagainya.
Dewasa ini teknologi komunikasi sangat maju pesat, sehingga lalu lintas informasi dan penyampaian warta-warta cepat sampai dan cepat diterima pihak lain dengan melalui telepon, telegrap, telex, radio, facsimille atau televisi. Tetapi walaupun demikian, dibandingkan dengan alat-alat komunikasi yang sudah modem seperti di atas tadi, surat tetap merupakan alat komunikasi yang mempunyai kelebihan tersendiri dalam penyampaian informasi dan warta- warta kepada pihak lain. Sebab alat-alat di atas hanya dapat menyampaikan informasi secara pendek-pendek saja, ataupun hanya dapat didengar saja tanpa ada perincian yang panjang lebar mengenai warta informasi yang disampaikan tersebut.
7 Kelebihan surat sebagai alat komunikasi
Jika kita telaah lebih jauh surat memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan yang lain antara lain :
1. Surat merupakan sarana yang dapat merekam informasi secara panjang lebar, terperinci, dan terurai secara gamblang.
2. Surat bersifat praktis, karena dapat menyimpan rahasia, dibandingkan dengan telepon mungkin dapat disadap orang lain.
3. Setiap menyampaikan berita, kata-kata, dan kalimatnya diperkirakan dengan seksama untuk menghilangkan perasaan yang tidak enak.
4. Effektif, karena informasi itu asli sesuai dengan sumbernya.
5. Ekonomis, karena biaya pembuatan dan pengiriman relatif murah.
6. Surat lebih memasyarakat, siapa saja dapat melakukan dan melaksana¬kannya.
7. Alat-alat dan perlengkapan surat mudah didapat.
8
Kriteria Surat Yang Baik
Mengadakan komunikasi dengan surat terutama dalam sebuah organisasi, instanasi, atau perusahaan diperlukan persiapan yang baik, misalnya bahan dan alat-alat tulis, mesin tik, mempunyai ide dan gagasan-gagasan yang baik, cara pengiriman serta tenaga manusia yang ahli dan terampil dalam pembuatan surat, mengetik, dan sebagainya. Surat dinilai effektif bila apa yang dikomunikasikan penulis itu sampai pada tujuannya, sesuai dengan kehendak si pengirim apabila :
1. Surat ditulis dalam bentuk yang menarik.
2. Surat mempunyai maksud dan tujuan.
3. Surat ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Pakailah bahasa yang baik dan benar, baik susunan katanya, kalimatnya, alineanya.
4. Pergunakanlah bahasa sesuai dengan kemampuan pihak penerima atau pembaca.
5. Surat disusun secara singkat tetapi padat dan jelas.
6. Surat harus dapat mencerminkan pengertian terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh orang yang dituju.
7. Hindarilah penggunaan kata, kalimat yang dipandang tidak perlu, yang membingungkan pihak penerima atau pihak pembaca.
8. Surat hendaknya menunjukkan budi bahasa, serta kewibawaan.

Adapun kriteria dan ciri umum surat yang baik adalah sebagai berikutmenurut Lamuddin Finoza (Aneka Surat dan sekertaris dan bisnis:6-7) :
menggunakan kertas surat yang tepat dari segi ukuran, jenis, dan warna sesuai dengan surat yang akan ditulis;
menggunakan bentuk surat yang standar;
menggunakan bahasa indonesia baku;
menggunakan gaya bahasa yang lugas;
menggunakan bahasa yang jelas;
menggunakan bahasa yang sopan dan hormat;
menyajikan fakta yang benar dan lengkap;
tidak menggunakan singkatan, kecuali yang lazim dipakai dalam surat-menyurat;
tidak menggunakan kata-kata sulit dan istilah yang belum memasyarakat.
Selain itu agar dapat menjadi penulis surat yang baik, harus memenuhi sejumlah persyaratan lagi, yaitu
mengetahui prosedur surat menyurat secara umum;
menguasai pemakian bahasa tulis dengan baik;
mengetahui seluk-beluk permasalahan yang akan ditulis;

mengetahui posisi hubungan antara pengirim dan penerima surat.