Saturday, 16 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran                   : 2018/2019
Tema                                                 : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema                              :Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester                     :VII/Ganjil
Alokasi Waktu                      : 1 x 20 Menit

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai danmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai danmenghayatiperilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri dalamberinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumberlain yangsama dalamsudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

3.1.1      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

C.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      kreatif

D.     Materi Pembelajaran
a.    Ciri objek yang dideskripsikan
b.   Tujuan menciptakan teks deskripsi
c.    Ciri isi teks deskripsi

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning.
2.      Model Pembelajaran    :  Problem Based Learning
3.      Metode                         : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning                                                (Pembelajaran Berbasis Masalah)/ projek.
F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop.

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang relevan
H.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta       Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta       Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
5.    Guru bertanya mencari informasi tentang teks deskripsi dalam  kehidupan  sehari-hari  dan peserta  didik  menjawab  dengan  prediksi  masing – masing
6.    Guru  mengaitkan teks deskripsi yang diajarkan dengan kehidupan nyata.
5menit
Inti
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberikan ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan Informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca deskripsi
Menetapkan masalah (Menanya)
4. Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari hasil membaca.
10 menit
Penutup
1.     Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah Bahasa Indonesia yang berkaitan  dengan  terkait ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
2.     Melaksanakan  postes  terkait ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.     Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
4.     Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
5 menit


I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman
b.      Pengetahuan
1)    Ter tertulis
c.       Keterampilan
1)  Kinerja
2.      Instrumen Penilaian
Ø  Terlampir











LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL

Nama Siswa                : ...................................
Kelas                           : ...................................
No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Keterangan
Positif
Negatif










Kesimpulan:
........................................................................................................................................................................

Penilaian Sikap - Jurnal

Nama Peserta Didik   : .................................................
Kelas                            : .................................................
Aspek yang diamati   : .................................................

No.
Hari/Tanggal
Kejadian
Keterangan/ Tindak Lanjut
1



....



Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25

Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda(lihat lampiran)
- Tertulis Uraian (lihat lamlpiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan Praktek Monolog atau          Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur




Kumpulan semua tugas yang sudah dikkerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4









                                                                          Pamekasan ,16 Maret 2019

                                                                                                                                                                                           Mengetahui
Guru Pamong Bahasa Indonesia                                                                                    Guru Mata Pelajaran                    


ji
NIP .                                                                                                                               NIM.

Mengetahui
Kepala Sekolah




NIP.









Soal

Penugasan:

Berilah tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban yang tepat!

Bacalah kutipan teks deskripsi berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 1-3!

Kemegahan Candi Borobudur

Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadah bagi penganut Budha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu “biara di perbukitan”. Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.
Candi borobudur terletak di daerah Borobudur, Kota Magelang, Propinsi Jawa Tengah, berjarak kurang lebih 100 km di sebelah Barat Daya Semarang dan 40 km di sebelah Barat Laut Yogyakarta. Candi borobudur didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa syailendra.
Ciri menonjol candi Brobudur, yaitu adanya relief pada dinding Candi. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina yang artinyaTimur. Relief-relief ini mengungkapkan beragam kisah dan cerita. Pembacaan cerita pada relief senantiasa dimulai dan berakhir pada pintu gerbang sisi Timur di setiap tingkatnya, dimulai dari sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbang.
Salah satu relief yang terdapat di dinding candi Borobudur, yaitu Karmawibhangga. Sesuai dengan makna simbolis pada kaki candi, relief yang menghiasi dinding batur yang terselubung tersebut menggambarkan Hukum Karma. Deretan relief tersebut bukan merupakan cerita seri (serial), melainkan sebuah kisah yang mempunyai korelasi sebab akibat. Relief tersebut tidak hanya memberikan gambaran terhadap perbuatan manusia yang tercela disertai dengan hukuman yang akan diperolehnya, melainkan juga perbuatan baik manusia dan fahala. Secara keseluruhan, cerita dalam relief merupakan penggambaran kehidupan manusia dalam lingkaran lahir-hidup-mati (samsara) yang tidak pernah berakhir.

(Dirangkum dari berbagai sumber)


1.      Pernyataan berikut yang termasuk kalimat deskripsi berdasarkan teks deskripsi tersebut, yaitu…
  1. Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.
  2. Borobudur menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungidn menjadi pusat ibadah umat Budha.
  3. Borobudur yang mempunyai arti “biara di perbukitan” ditetapkan sebagai salah satu warisan Dunia UNESCO.
  4. Ciri menonjol candi Brobudur, yaitu adanya relief pada dinding Candi yang dibaca sesuai arah jarum jam.

2.      Deskripsi umum pada struktur teks tersebut terdapat pada paragraf nomor ....
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

3.      Variasi kalimat kedua paragraf I yang tepat pada teks deskripsi tersebut, yaitu …
  1. Selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, juga menjadi pusat ibadah bagi penganut Budha di Indonesia, khususnya pada setiap perayaan Waisak.
  2. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah,  khususnya pada setiap perayaan Waisak, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadah bagi penganut Budha di Indonesia.
  3. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah,  selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, khususnya pada setiap perayaan Waisak, juga menjadi pusat ibadah bagi penganut Budha di Indonesia.
  4. Selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi,  juga menjadi pusat ibadah bagi penganut Budha di Indonesia, Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah,  khususnya pada setiap perayaan Waisak.
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP
Disusun  untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik Mengajar 1 
Yang Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M. Pd

Oleh :










PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  (IAIN) MADURA
TAHUN 2019