RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Tema : Belajar
Mendeskripsikan
Sub Tema :Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester :VII/Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
A. Kompetensi Inti
No
|
Kompetensi Inti
|
|
1
|
KI-1
|
Menghargai danmenghayatiajaran agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai danmenghayatiperilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri dalamberinteraksi
secaraefektif dengan lingkungan
sosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampakmata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) danranah
abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah
dan sumberlain yangsama
dalamsudut pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) yang didengar
dan dibaca.
|
3.1.1 Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi
dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2 Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi
dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Fokus nilai-nilai
sikap
1. Peduli
2. Jujur berkarya
3. Tanggung jawab
4. Toleran
5. Kerjasama
6. Proaktif
7. kreatif
D. Materi Pembelajaran
a. Ciri
objek yang dideskripsikan
b. Tujuan
menciptakan teks deskripsi
c. Ciri
isi teks deskripsi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning.
2. Model
Pembelajaran : Problem
Based Learning
3. Metode : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
dan Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)/ projek.
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD
projector,
2.
Laptop.
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2. Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3. Peserta Didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan.
4. Peserta didik
menerima informasi tentang ciri umum teks deskripsi
dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
5. Guru bertanya
mencari informasi tentang teks deskripsi dalam kehidupan
sehari-hari dan peserta didik
menjawab dengan prediksi
masing – masing
6. Guru mengaitkan teks deskripsi yang diajarkan dengan kehidupan nyata.
|
5menit
|
Inti
|
Mengidentifikasi
masalah (Mengamati)
1.
Guru memberikan ulasan tentang materi.
2.
Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan
Informasi
3.
Guru menugaskan siswa membaca deskripsi
Menetapkan masalah
(Menanya)
4.
Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari
hasil membaca.
|
10 menit
|
Penutup
|
1. Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah Bahasa Indonesia yang berkaitan
dengan terkait ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
2. Melaksanakan postes
terkait ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3. Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
4. Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
5 menit
|
|
I. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
(Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b.
Pengetahuan
1) Ter tertulis
c.
Keterampilan
1)
Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
Ø Terlampir
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa :
...................................
Kelas :
...................................
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
|
Positif
|
Negatif
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
........................................................................................................................................................................
Penilaian Sikap - Jurnal
|
||||||||||||
Nama Peserta Didik :
.................................................
Kelas :
.................................................
Aspek yang diamati :
.................................................
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB) = 75, Cukup (C) = 50, dan
Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda(lihat lampiran)
- Tertulis
Uraian (lihat lamlpiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan
Percakapan Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikkerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Pamekasan ,16 Maret 2019
Mengetahui
Guru Pamong Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran
ji
NIP .
NIM.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP.
Soal
Penugasan:
Berilah tanda silang (X) pada huruf di depan
jawaban yang tepat!
Bacalah
kutipan teks deskripsi berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor
1-3!
1.
Pernyataan berikut yang termasuk kalimat
deskripsi berdasarkan teks deskripsi tersebut, yaitu…
2.
Deskripsi umum pada struktur teks tersebut
terdapat pada paragraf nomor ....
3.
Variasi kalimat kedua paragraf I yang tepat pada
teks deskripsi tersebut, yaitu …
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik
Mengajar 1
Yang Dibina Oleh
Bapak, Moh. Hafid Effendy, M. Pd
Oleh :
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA
INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019