RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MTs. Wachid Hasyim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok : Struktur dan Kebahasaan Teks
Deskripsi
Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
daerah) yang didengar dan dibaca.
|
3.2.1 Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan
deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3Menentukan variasi pola
pengembangan teks deskripsi
3.2.4 Menelaah bagian struktur yang
sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5 Menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
4.2
Menyajikan data, gagasan,
kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan
lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan
dan tulis
|
4.2.1
Merencanakan penulisan teks deskripsi.
4.2.2 Menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3 Menyajikan
secara lisan teks deskripsi dalam
konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Merinci bagian-bagian struktur teks
deskripsi.
2.
Menentukan
bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan.
3.
Menentukan variasi pola
pengembangan teks deskripsi.
4.
Menelaah bagian struktur yang
sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan.
5.
Menentukan
dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan.
6.
Merencanakan penulisan teks deskripsi.
7.
Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan
pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan.
8.
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara
televisi mendeskripsikan objek
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Pengertian teks deskripsi
b.
Jenis teks deskripsi
c.
Tujuan komunikasi teks deskripsi
d.
Pola pengembangan isi pada teks
deskripsi
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a.
Pengertian teks deskripsi
b.
Jenis teks deskripsi
c.
Tujuan komunikasi teks deskripsi
d.
Pola pengembangan isi pada teks
deskripsi
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
a. Kalimat
Berisi Penjelasan Terperinci
b. Menggunakan
Pilihan Kata
c. Mengidentifikasi
Majas
E. Pendekatan, Model,
dan Metode
1. Pendekatan : Scientific Learning.
2. Model Pembelajaran : Problem Based Learning
3.
Metode : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)/ projek.
F.
Media
dan Bahan
1.
Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan struktur teks deskripsi
2.
Bahan : Model
teks deskripsi.
G.
Sumber
Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan
peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan
internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
4.
Peserta
didik menerima informasi tentang merinci
bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi
bagian pada teks deskripsi yang akan
dilaksanakan
5.
Guru
bertanya mencari informasi tentang struktur teks deskripsi dan peserta didik
menjawab dengan prediksi
masing – masing.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberikan ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan Informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca deskripsi
Menetapkan masalah (Menanya)
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari hasil
membaca.
|
10 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah matematika
yang berkaitan dengan
merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi
bagian pada teks deskripsi
2.
Melaksanakan postes
terkait merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi
bagian pada teks deskripsi
3.
Peserta
didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru
memberikan tugas
|
5 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
b. Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
2.
|
Penilaian
diri
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar teman
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes Tulis
|
Pilihan
ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari berkaitan dengan Struktur Teks
Deskripsi
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan struktur teks deskripsi |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)
|
Pamekasan,
16 Maret 2019
Guru Mata Pelajaran
Mengetahui
Kepala Madrasah
NPK. ... NIM.
Soal
Penugasan:
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik
Mengajar 1
Yang
Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Oleh :
SABRINA SALSABILA JANUAR
(20160701070118)
PROGRAM STUDI TADRIS
BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019