Saturday, 16 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTs. Wachid Hasyim
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok             : Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi
Alokasi Waktu           : 1 x 20 Menit


A.  Kompetensi Inti

KI-1            : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2            : Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI-3            : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4            : Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,
mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan  mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

3.2.1 Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi
3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4 Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5 Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis
4.2.1  Merencanakan penulisan teks deskripsi.
4.2.2 Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3 Menyajikan secara lisan  teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek


C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi.
2.      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan.
3.      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi.
4.      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan.
5.      Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan.
6.      Merencanakan penulisan teks deskripsi.
7.      Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
8.      Menyajikan secara lisan  teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Pembelajaran Reguler
a.       Pengertian teks deskripsi
b.      Jenis teks deskripsi
c.       Tujuan komunikasi teks deskripsi
d.      Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
2.    Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Pengertian teks deskripsi
b.      Jenis teks deskripsi
c.       Tujuan komunikasi teks deskripsi
d.      Pola pengembangan isi pada teks deskripsi

3.    Materi Pembelajaran Remedial
a.       Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci
b.      Menggunakan Pilihan Kata
c.       Mengidentifikasi Majas

E.  Pendekatan, Model, dan Metode
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning.
2.      Model Pembelajaran    :  Problem Based Learning
3.      Metode                        : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem                                               Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/ projek.

F.   Media dan Bahan
1.    Media    :           Media audiovisual yang berkaitan dengan struktur teks deskripsi
2.    Bahan    :           Model teks deskripsi.



G.  Sumber Belajar
Sumber Belajar       :           Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan                                      kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta       Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta       Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang akan dilaksanakan
5.    Guru bertanya mencari informasi tentang struktur teks deskripsi dan peserta  didik  menjawab  dengan  prediksi  masing – masing.
5 menit
Inti
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberikan ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan Informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca deskripsi
Menetapkan masalah (Menanya)
Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari hasil membaca.
10 menit
Penutup
1.     Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika   yang   berkaitan   dengan   merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
2.     Melaksanakan  postes  terkait  merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi serta menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
3.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.     Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
5.     Guru memberikan tugas
5 menit

I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap spiritual
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)

b.    Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2.
Penilaian
diri
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3.
Penilaian
antar teman
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)

c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tulis
Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)

d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Proyek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan Struktur Teks Deskripsi
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang
berkaitan dengan
struktur teks deskripsi
Di luar PBM
selama satu
minggu
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)




                                                                        Pamekasan, 16 Maret 2019

                                                                                             Guru Mata Pelajaran
Mengetahui
Kepala Madrasah


 NPK. ...                                                                                  NIM.              




























Soal

Penugasan:
  1. Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
  2. Identifikasi/ gambaran umum berisi ….
  3. Deskripsi bagian berisi….







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP
Disusun  untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik Mengajar 1
Yang Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.

Oleh :
SABRINA SALSABILA JANUAR (20160701070118)











PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  (IAIN) MADURA
TAHUN 2019