RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik
Mengajar 1
Yang
Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M. Pd
Oleh :
HARIS DAHLAN
(20160701070034)
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA
INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MTs. Wachid Hasyim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok : Struktur Teks Narasi(Cerita
Fantasi)
Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 :
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan
didengar.
|
3.4.1
Merinci struktur cerita fantasi
3.4.2
Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian struktur cerita fantasi (orientasi,
komplikasi, resolusi)
3.4.3
Memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan
tanda baca
3.4.4
Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Merinci
struktur yang terdapat dalam cerita fantasi
2.
Menyimpulkan
karakteristik bagian-bagian struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi,
resolusi).
3.
Memperbaiki
cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca.
4.
Mengomentari
cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya
D.
Materi
Pembelajaran
1. Merinci struktur cerita fantasi
2. Karakteristik bagian-bagian struktur cerita fantasi.
E. Pendekatan, Model,
dan Metode
1. Pendekatan : Scientific Learning.
2. Model Pembelajaran : Problem Based Learning
3.
Metode : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)/ projek.
F.
Media
dan Bahan
1.
Media : Buku
2.
Bahan : Laptop,
LCD/Proyektor.
G.
Sumber
Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru edisi 2017
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
4.
Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup
materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,metode
penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.
Guru
bertanya mencari informasi tentang struktur cerita fantasi dan peserta didik
menjawab dengan prediksi
masing – masing
|
5 menit
|
Inti
|
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberikan ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan Informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca cerita fantasi
Menetapkan masalah (Menanya)
4. Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang
timbul dari hasil membaca.
|
10 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah dapat merinci struktur serta menyimpul karekteristik
pada bagian struktur yang terdapat dalam cerita fantasi
2.
Melaksanakan postes
terkait dapat merinci struktur
serta menyimpul karekteristik pada bagian struktur yang terdapat dalam cerita
fantasi
3.
Peserta
didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru
memberikan tugas
|
5 menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a. Sikap (Spiritualdan
Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1) Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen
Penilaian
Ø Terlampir.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa :
...................................
Kelas :
...................................
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
|
Positif
|
Negatif
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
.................................................................................................................................................
Penilaian Sikap - Jurnal
|
||||||||||||
Nama Peserta Didik :
.................................................
Kelas :
.................................................
Aspek yang diamati :
.................................................
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik
(SB) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda(lihat lampiran)
- Tertulis Uraian (lihat lamlpiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya
Jawab dan Percakapan Praktek Monolog
atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
Kumpulan semua tugas yang sudah dikkerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Surabaya, 16 Maret 2019
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIM.
Soal
Penugasan:
1. Amati
cerita fantasi tersebut dan rincilah strukturnya!
2. Ciri/
karakteristik bagian Orientasi adalah ….