RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah
: SMAFA
Mata pelajaran
: Bahasa Indonesia (Wajib)
Kelas/Semester
: X/ 1
Alokasi Waktu
:1 x 20 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengevaluasai teks
anekdot dari aspek makna tersirat
|
3.5.1 Menilai isi tersirat dalam teks anekdot.
3.5.3 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna yang
tersirat dalam anekdot
|
4.5
Mengontruksi makna yang tersirat dalam sebuah teks
anekdot
|
4.5.1 Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna
yang tersirat dalam teks anekdot.
4.5.2 Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model
pembelajaran discoveri, peserta didik dapat mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna
yang tersirat dalam teks anekdot dan terampil mengontruksi teks anekdot dengan
memerhatikan makna yang tersirat dalam teks anekdot dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses
pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.
D. Materi
teks anekdot
makna tersirat teks anekdot
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik approach
Model
: discovery learning (pertemuan pertama),
Problem base learning (pertemuan ke- 2)
Metode
: penugasan, tanya jawab, diskusi.
F.
Media/Alat
1. Media/Alat : Lembar Kerja, LCD
G.
Bahan dan Sumber Belajar
1.
Suherli, dkk. 2017. Buku Peserta didik
Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.
Suherli, dkk. Buku Pendidik Bahasa
Indonesia Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
|
H. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan:
|
1. Peserta didik merespon
salam dan mensyukuri anugerahTuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon
apersepsi yang disampaikan Pendidikk dengan pertanyaan : “ pernahkah Anda
mengalami atau melihat kejadian lucu?”, Apakah kejadian tersebut termasuk
anekdot?
3. Peserta didik menerima
informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan
pembel-ajaran yang akan dipelajari dalam teks biografi.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
2. Inti
|
DISCOVERY
A. Stimulation (pemberian rangsangan)
Peserta didik membaca teks anekdot “Cara Keledai Membaca Buku” yang disediakan oleh pendidik (Buku peserta didik hal 82).
B. Identifikasi
masalah (problem statement)
1) Peserta didik
menentukan pokok-pokok isi yang tersirat dalam teks anekdot
2) Peserta didik
mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna yang tersirat dalam teks anekdot
C. Pengumpulan data (data
collection)
3) Peserta didik
membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri atas.lima (5) peserta didik
sesuai petunjuk pendidik.
4) Peserta didik
bertanya jawab dalam kelompok tentang isi dan makna teks teks anekdot dengan judul
5) Peserta didik
berdiskusi dalam kelompok tentang isi dan makna teks teks anekdot dengan judul
D. Pengolahan data (data processing)
6) Peserta didik
mengolah informasi yang diperoleh dari hasil diskusi
untuk menentukan pokok-pokok isi
teks,penyebab kulucuan dan makna teks anekdot
7)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh dari hasil
diskusi untuk mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna yang
tersirat
E. Pembuktian (Verification)
8)
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tetang pokok-pokok
isi dan penyebab kulucuan teks teks
anekdot dengan judul
9)
Kelompok
lain menanggapi.
F. Menyimpulkan
(Generalization)
10)
Peserta
didik atas bimbingan pendidik membuat simpulan tentang isi dan kaidah
makna teks teks anekdot
11)
Pendidik memberi pemantapan.
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical
thinking)
Kerja sama
Berpikir kritis
Kerja sama
Berpikir kritis
Komunikatif
(Communicative)
Kreativitas (Creativity)
|
150 menit
|
3.
Penutup
|
· Pendidik memberi kesempatan peserta didik menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
· Pendidik melaksanakan penilaian
· Peserta
didik menerima tugas untuk (a)
mencari contoh teks anekdot dan (b) mengevaluasi teks anekdot dari aspek
makna yang tersirat.
· Peserta didik menerima informasi rencana materi
pembelajaran yang akan datang.
|
HOTS
|
15 menit
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik Mengajar 1
Yang Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Oleh :
IMRON
DWI SAPUTRA (20160701070042)
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA
INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019