RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MTs. Wachid Hasyim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok : Teks Narasi (Cerita Fantasi)
Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 :
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan
didengar.
|
3.3.1
menjelaskan ciri tokoh, latar,
alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang
dibaca/didengar.
3.3.2
menentukan jenis cerita fantasi
dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
|
4.3
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yang didengar dan
dibaca.
|
4.3.1
Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi
4.3.2
Menyimpulkan urutan cerita fantasi.
4.3.3
Menceritakan kembaliisi cerita fantasilisan/ tulis.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya
pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Menentukan
jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
3.
Menentukan
jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
4.
Menyimpulkan
tokoh dan latar cerita fantasi
D.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian cerita fantasi
2. Mengidentifikasi unsur teks narasi.
3. Menceritakan kembali isi teks narasi.
E. Pendekatan, Model,
dan Metode
1. Pendekatan : Scientific Learning.
2. Model Pembelajaran : Problem Based Learning
3.
Metode : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)/ projek.
F.
Media
dan Bahan
1.
Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan Cerita Fantasi
2.
Bahan : Cerita
Fantasi
G.
Sumber
Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan
peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
4.
Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup
materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,metode
penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.
Guru
bertanya mencari informasi tentang penerapan cerita fantasi dan peserta
didik menjawab dengan
prediksi masing – masing
|
10 menit
|
Inti
|
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberikan ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan Informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca cerita fantasi
Menetapkan masalah (Menanya)
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari hasil
membaca.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah matematika
yang berkaitan dengan
terkait ciri tokoh, latar, alur, dan tema
pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar
2.
Melaksanakan postes
terkait ciri
tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya
pada teks yang dibaca/didengar
3.
Peserta
didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru
memberikan tugas
|
10 menit
|
Penugasan:
|
I.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
b. Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
2.
|
Penilaian
Diri
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar teman
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes Tulis
|
Pilihan
ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari berkaitan dengan teks
narasi(cerita fantasi)
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan teks narasi. |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)
|
Pamekasan, 16 Maret
2019
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
NPK. ...NIM. ...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik
Mengajar 1
Yang
Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Oleh :
AMIRULLAH
(20160701070014)
PROGRAM STUDI TADRIS
BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019