Saturday, 16 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTs. Wachid Hasyim
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok             : Teks Narasi (Cerita Fantasi)
Alokasi Waktu           : 1 x 20 Menit


A.  Kompetensi Inti

KI-1            : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2            : Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI-3            : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4            : Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,
mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan  mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan didengar.

3.3.1        menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
3.3.2        menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yang didengar dan dibaca.

4.3.1 Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi
4.3.2 Menyimpulkan urutan cerita fantasi.
4.3.3 Menceritakan kembaliisi cerita fantasilisan/ tulis.













C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
4.      Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi

D.  Materi Pembelajaran
1. Pengertian cerita fantasi
2. Mengidentifikasi unsur teks narasi.
3. Menceritakan kembali isi teks narasi.

E.  Pendekatan, Model, dan Metode
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning.
2.      Model Pembelajaran    :  Problem Based Learning
3.      Metode                        : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem                                               Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/ projek.

F.   Media dan Bahan
1.    Media    :           Media audiovisual yang berkaitan dengan Cerita Fantasi
2.    Bahan    :           Cerita Fantasi

G.  Sumber Belajar
Sumber Belajar       :           Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta       Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta       Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.    Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan cerita fantasi  dan peserta  didik  menjawab  dengan  prediksi  masing – masing
10 menit
Inti
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberikan ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan Informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca cerita fantasi
Menetapkan masalah (Menanya)
Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari hasil membaca.
60 menit
Penutup
1.     Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika   yang   berkaitan   dengan   terkait  ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar
2.     Melaksanakan  postes  terkait ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar
3.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.     Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
5.     Guru memberikan tugas
10 menit
Penugasan:
  1. Cerita fiksi bergenre dunia imajinatif yang diciptakan penulis dan menceritakan hal yang tidak mungkin dijadikan biasa disebut ….
  2. Tema fantasi adalah ….
  3. Rangkaian peristiwa dalam cerita disebut ….


I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap spiritual
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)


b.    Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2.
Penilaian
Diri
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3.
Penilaian
antar teman
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)

c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tulis
Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)

d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Proyek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan teks narasi(cerita fantasi)
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang
berkaitan dengan
teks narasi.
Di luar PBM
selama satu
minggu
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)







Pamekasan, 16 Maret 2019

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah


NPK. ...NIM. ...






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP
Disusun  untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik Mengajar 1
Yang Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.

Oleh :
AMIRULLAH (20160701070014)











PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  (IAIN) MADURA
TAHUN 2019