Saturday, 16 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 2 Pademawu
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII (Tujuh)/I (Dua)
Materi Pokok             : Teks prosedur
Alokasi Waktu           : 1 X 20 Menit


A.  Kompetensi Inti

KI-1            : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2            : Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI-3            : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4            : Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,
mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan  mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.



C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2. Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.

D.  Materi Pembelajaran
1. Pengertian teks prosedur.
2. Mengidentifikasi cara melakukan dan membuat teks prosedur

E.  Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.  Model Pembelajaran     :  Problem Based Learning
3.  Metode                         :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based                         Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/ projek.

F.   Media dan Bahan
1.    Media    :           Media audiovisual yang berkaitan dengan teks prosedur
2.    Bahan    :           contoh teks prosedur

G.  Sumber Belajar
Sumber Belajar       :           Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta       Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang Menentukan ciri umum dan mendaftarkan kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur yang dibaca/didengar
5.    Guru bertanya mencari informasi tentang Menentukan ciri umum dan mendaftarkan kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur yang dibaca/didengar dalam  kehidupan  sehari-hari  dan peserta  didik  menjawab  dengan  prediksi  masing – masing
6.    Guru  mengaitkan teks prosedur yang diajarkan dengan kehidupan nyata
5 menit
Inti
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberi ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca teks laporan hasil observasi
Menetapkan masalah (Menanya)
Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari hasil membaca.
10 menit


I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap spiritual
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)

b.    Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2.
Penilaian
Diri
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3.
Penilaian
antar teman
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)

c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tulis
Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)

d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Proyek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan teks prosedur (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang
berkaitan dengan
teks prosedur
Di luar PBM
selama satu
minggu
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)


Mengetahui                                                                                        Pamekasan, 16 Maret 2019
Kepala Madrasah                                                                                         Guru Mata Pelajaran


                                                                                   
NPK. ...                                                                                                           NIM. ...

























Soal
Penugasan:
  1. Apa tujuan teks prosedur?
  2. Sebutkan tiga ciri teks prosedur dari segi isinya?
  3. Sebutkan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks prosedur?














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP
Disusun  untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik Mengajar 1
Yang Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.

Oleh :
INA AULIA RAHMAWATI (20160701070043)











PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  (IAIN) MADURA
TAHUN 2019