RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2 Pademawu
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/I (Dua)
Materi
Pokok : Teks prosedur
Alokasi
Waktu : 1 X 20 Menit
A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas
daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
|
3.5.1
Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang
dibaca/didengar.
3.5.3
Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok
peserta didik dapat:
1. Menentukan
ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2. Mendaftar kata/kalimat
sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan
jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian teks prosedur.
2. Mengidentifikasi cara
melakukan dan membuat teks prosedur
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Problem Based Learning
3.
Metode : Discovery Learning (Pembelajaran
Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/
projek.
F.
Media
dan Bahan
1.
Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan teks prosedur
2.
Bahan : contoh
teks prosedur
G. Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan
peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a)
2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
4.
Peserta
didik menerima informasi tentang Menentukan ciri umum dan mendaftarkan
kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur yang dibaca/didengar
5.
Guru
bertanya mencari informasi tentang Menentukan ciri umum dan mendaftarkan
kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur yang dibaca/didengar dalam kehidupan
sehari-hari dan peserta didik
menjawab dengan prediksi
masing – masing
6.
Guru mengaitkan teks prosedur yang diajarkan
dengan kehidupan nyata
|
5
menit
|
Inti
|
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberi ulasan tentang materi.
2. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Mengumpulkan informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca teks laporan hasil observasi
Menetapkan
masalah (Menanya)
Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari
hasil membaca.
|
10
menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
b. Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
2.
|
Penilaian
Diri
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar teman
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c.
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes Tulis
|
Pilihan
ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d.
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari berkaitan dengan teks prosedur (cara
memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)
dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan teks prosedur |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and
of learning)
|
Mengetahui Pamekasan, 16 Maret 2019
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
NPK. ... NIM.
...
Soal
Penugasan:
- Apa tujuan teks prosedur?
- Sebutkan tiga ciri teks prosedur dari segi
isinya?
- Sebutkan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam
teks prosedur?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik
Mengajar 1
Yang
Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Oleh :
INA AULIA RAHMAWATI
(20160701070043)
PROGRAM STUDI TADRIS
BAHASA INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019