RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil
Observasi
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
A.
Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi
Inti
|
|
1
|
KI-1
|
Menghargai danmenghayatiajaran agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai danmenghayatiperilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri dalamberinteraksi
secaraefektif dengan lingkungan
sosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian
tampakmata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) danranah
abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah
dan sumberlain yangsama
dalamsudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau
diperdengarkan
|
3.7.1
Menyimpulkan ciri
umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.7.2
Mendaftar
kata/kalimat sebagai ciri teks laporan
hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menyimpulkan
ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Mendaftarkan
kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
Fokus nilai-nilai
sikap
1.
Peduli
2.
Jujur
berkarya
3.
Tanggung
jawab
4.
Toleran
5.
Kerjasama
6.
Proaktif
7.
kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian teks laporan hasil
observasi.
2. Mengidentifikasi informasi dari
teks laporan hasil observasi.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran : Problem Based Learning.
3.
Metode : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)/ projek.
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Keterangan / Sintaks
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
1. Guru
memberikan salam, selanjutnya menanyakan kabar peserta didik.
2. Salah
satu siswa memimpin berdoa sebelum memulai pelajaran.
3. Siswa
mengecek kebersihan kelas1x1x1 (1 meter arah depan, belakang, kanan dan kiri)
(menumbuhkan karakter peduli lingkungan).
4. Guru
memberikan apersepsi terkait materi yang akan diajarkan.
5. Guru
mengaitkan materi dengan manfaat dalam kehidupan sehari-hari Peduli
Lingkungan.
6. Guru
menyampaikan KD, tujuan pembelajaran.
|
5menit
|
Kegiatan Inti
Mengidentifikasi masalah (Mengamati)
1. Guru memberi ulasan tentang
materi.
2. Siswa mendengarkan dengan
seksama.
Mengumpulkan informasi
3. Guru menugaskan siswa membaca
teks laporan hasil observasi
Menetapkan masalah (Menanya)
4.
Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan permasalahan yang timbul dari
hasil membaca.
|
10
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
5
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian diri
3)
Penilaian antarteman
b.
Pengetahuan
1.
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1) Kinerja
2. Instrumen
Penilaian
a.
Terlampir.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa :
...................................
Kelas :
...................................
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
|
Positif
|
Negatif
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
........................................................................................................................................................................
Penilaian Sikap - Jurnal
|
||||||||||||
Nama Peserta Didik :
.................................................
Kelas :
.................................................
Aspek yang diamati :
.................................................
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB) = 75, Cukup (C) = 50, dan
Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda(lihat lampiran)
- Tertulis
Uraian (lihat lamlpiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan
Percakapan Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikkerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Pamekasan,
16 Maret 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP. NIM.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
RPP
Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Praktik Mengajar 1
Yang Dibina Oleh Bapak, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Oleh :
NURUL
BARIYAH (20160701070101)

PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA
INDONESIA (TBIN)
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MADURA
TAHUN 2019