RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTS Al-Falah karang sokon
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok :
Teks, Iklan, Slogan, dan Poster
Alokasi Waktu : 1x 40
menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan,
slogan, proses (yang membuat banggadan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar`
2.
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster
(membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.
C. INDIKATOR
1.
Menjelaskan pengertian dan teks iklan, slogan, dan
poster
2. Mengidentifikasi perbedaan
iklan, slogan, dan poster
3. Menyunting iklan,
slogan, dan poster dengan bahasa yang baik
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran
tentang teks iklan, slogan, dan poster, siswa diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi informasi ciri-ciri iklan, slogan, dan poster
2. Menegidentifikasi informasi
tentang perbedaan iklan, slogan, dan poster
3. Menentukan menyunting
informasi iklan, slogan, dan poster sesuai bahasa yang baik dan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian dan fungsi iklan, slogan, dan poster
Iklan adalah suatu teks yang mendorong,
membujuk, khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Fungsi
dari iklan yaitu sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang
bersifat komersial, social, maupun pribadi.
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang
dipakai sebagai dasar tuntutan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu
usaha, organisasi, dan sebagainya. Contoh berdiri sama tinggi duduk sama rendah
(slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antar sesama). Fungsi dari
slogan adalah untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu
untuk membeli suatu produk atau mentaati suatu aturan yang telah dibuat.
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang
dipajang di tempat-tempat umum yang memiliki kata-kata singkat, jelas, dan menarik.
Fungsinya adalah memberikan pemahaman kepada public mengenai suatu informasi
yang di sampaikan melalui gambar dan kalimat yang singkat.
2. Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
Untuk memahami perbedaan dan unsur- unsur iklan,
slogan, dan poster dapat dilihat dari table berikut:
BENTUK TEKS
|
UNSUR-UNSUR
|
|||
GAMBAR
|
KATA
|
GERAK
|
SUARA
|
|
IKLAN
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
SLOGAN
|
-
|
ü
|
-
|
ü
|
POSTER
|
ü
|
ü
|
-
|
-
|
F. METODE PEMBELAJARAN
Ø Ceramah
G. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER AJAR
1. Media:
LCD proyektor
2. Bahan :
a. Iklan, slogan, dan
poster dari surat kabar
b. Iklan, slogan, dan
poster dari internet
c. Iklan, slogan, dan
poster produk siswa dari kelas lain
3. Sumber belajar:
Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi. Jakarta :
Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, 2004.
H.
TAHAP/LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
· Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
· Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan
dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
·
Siswa mengamati iklan, slogan dan poster yang ditayangkan melalui LCD (literasi)
·
Guru dan siswa bertanya jawab mengenai ciri-ciri
iklan, slogan, dan poster
·
Siswa mendata dan menentukan ciri- ciriIklan,
slogan dan poster dari contoh iklan, slogan, dan poster yang sebenarnya
(potongan surat kabar dan atau buatan Siswa kelas lain)
·
Siswa berdiskusi untuk
menyimpulkan perbedaan iklan, slogan, dan poster.
·
Siswa menyunting iklan, slogan, dan poster dengan Bahasa
Indonesia yang benar dan berkarakter.
|
60’
|
Penutup
|
· Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
· Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah
berlangsung.
· Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan ciri-ciri iklan,
slogan, dan poster yang ada di surat kabar.
· Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
· Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
|
10’
|
I.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Bentuk :Tes Tertulis
Tehnik : Menjawab pertanyaan yang telah
disediakan
Aspek : Isi
Rubrik penilaian:
A. Soal
1. Apa yang dimaksud
dengan iklan?
2. Apa fungsi iklan?
3. Di mana saja iklan
itu bisa kamu temukan?
4. Bagaimana fungsi
iklan bagi iklan dan perusahaan?
5. Apa persamaan
iklan, slogan, dan poster?
B. Kunci jawaban
1. Iklan adalah suatu teks yang mendorong, membujuk, khalayak agar tertarik
pada barang atau jasa yang ditawarkan.
2. Fungsi dari iklan yaitu sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan,
baik yang bersifat komersial, social, maupun pribadi.
3. Di televise, dan lain sebagainya
4. Untuk mempromosikan suatu barang dalam perusahaan itu sendiri.
5. Sama-sama menggunakan kata.
Pamekasan, 16 Maret 2019
Mengetahui,
Kepala, Guru,
Kh. Ahmad syafi ie Lc. fatimatus
zahroh
NIP:20876463800286 NIP:20160701070029