Analisis
buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran tematik
Dalam buku guru
dan buku siswa pasti mempunyai kedudukan dan fungsi masing-masing.
A.
KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU GURU DAN BUKU SISWA
1.
Kedudukan dan fungsi buku siswa
Buku
ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas belajar untk memudahkan siswa dalam
menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan
kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) dimana
isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa
dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan sesuatu yang dialaminya.
Buku
siswa ini diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mrngikuti proses pembelajaran melalui
kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan
kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan guruny.guru dapat
meengembangkan atau memperkaya dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan dibawah ini dijelaskan peran dan fungsi buku
siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.
a. Panduan bagi siswa dalam melaksanakan
kegiatan-kegiatan pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing
buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan subtema.
Berbagai kegaiatan yang harus
dilakukan oleh dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya:
1) Kegiatan mengamati sesuatu, didalam buku
tertulis “Ayo Amati” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan pengmatan
terhadap sesuatu.
2) Kegiatan menceritakan, didalam buku
tertulis “Ayo Ceritakan” artinya guru mengajak siswa untuk menceritakan sesuatu
mungkin menceritakan hasil pengamatan terhadap sesuatu atau menceritakan
pengalaman yang mereka alami
3) Kegiatan melakukan, dalam buku tertulis
“Ayo Lakukan” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan suatu kegiatan.
b. Penghubung antara guru, sekolah dan
orang tua
Pada setiap akhir pembelajaran ada
bagian yang membutuhkan keterlibatan untuk membimbing anak dalam melakukan
aktivitas pembelajaran di rumah, bagian ini bisa dilihat pada buku siswa denga
tulisan “Kerjasama dengan orang tua”. Diharapkan orang tua berperan aktif
mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang
dilakukan di sekolah.
c. Lembar kerja siswa
Buku siswa dapat berfungsi sebagai
lembar kerja siswa, misalnya pada buku siswa terdapat kegiatan menulis, maka
siswa dapat mengerjakan langsung pada buku siswa.
d. Penilaian dan portofolio
Di dalam buku siswa terdapat
halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk
dihimpun sebagai portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil
pembelajaran.
e. Media komunikasi antara guru dan siswa
Melalui proses pembelajaran dengan
menggunakan buku siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan
terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap
pembelajaran, guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan
sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
f. Sebagai kenang-kenangan rekam jejak
belajar siswa
Semua hasil pekerjaan yang
dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam buku
siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan
kompetensi selam mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi
siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan
dikemudian hari.
2.
Kedudukan dan fungsi buku guru
Buku
guru adalah panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut
ini penjelasan tentang fungsi buku guru.
a. Sebagai petunjuk penggunaan buku siswa
Guru harus mempelajari terlebih
dahulu buku guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
1) Urutan acuan materi pelajaran yang
dikembangkan dari standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi
dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemuadian dipadukan dalam satu
tema tertentu.
2) Jaringan tema dari masing-masing tema
yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran
yang harus dicapai.
3) Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan
dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan
proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai
siswa.
b. Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di
kelas
Buku guru menyajikan hal-hal
sebagai berikut.
1) Menjelaskan tujuan pembelajaran yang
harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema.
2) Menjelaskan media pembeajaran yang dapat
digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar guru sudah menyiapkan
media-media pembelajaran yang diperlukan.
3) Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran
yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu
guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti
langkah-langkah pembelajaran tersebut.
4) Menjelaskan tentang teknik dan instrumen
penilaian yang dapat digunakan setiap pilihan pembelajaran yang mungkin
memiliki karakteristik tertentu.
5) Menjelaskan jenis lembar kerja yang
sesuai dengan pilihan pembelajaran yang ada dalam buku siswa.
c. Penjelasan tentang metode dan teknik
pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran
Buku guru memuat informasi tentang
model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan
proses pembelajaran.
B.
STRUKTUR DAN HUBUNGAN FUNGSIONAL BUKU SISWA DAN
BUKU GURU.
1.
Struktur buku guru
a. Kata pengantar
Bagian ini perlu dibaca guru agar
guru memahami latar belakang penyusunan buku dan tujuan yang ingin dicapai dan
penyusunan buku guru.
b. Tentang buku guru
Memuat informasi cakupan buku guru
dan cakupan aktivitas pembelajarn yang tertuang dalam buku guru.
c. Bagaimana menggunakan buku guru
Halaman ini merupakan bagian
penting yang harus dibaca dan dipahami oleh guru, karena memberikan informasi
hal-hal penting yang harus diperhatikan guru dalam menggunakan buku guru
sebagai persiapan menggunakan buku siswa.
d. Panduan penilaian
Halaman ini berisi informasi teknik
dan instrumen penilaian, dan contoh-contoh rubrik penilaian yang akan digunakan
oleh guru dalam melakukan evaluasi proses pembelajaran.
e. Standar kompetensi lulusan dan
kompetensi inti
Halaman ini mengingatkan kepada
guru mengenai standar kompetensi lulusan baik ranah sikap, keterampilan dan
pengetahuan, serta kompetensi inti setiap kelas yang akan dicapai selama proses
pembelajaran.
f. Pemetaan kompetensi dasar KI 1dan KI 2
Pemetaan kompetensi dasar KI 1dan KI
2 merupakan pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI 1 dan KI 2 yang
terdapat dalam setiap subtema. Artinya kompetensi dasar itulah yang akan
dicapai dalam proses pemebelajaran selama 1 minggu.
Pemetaan kompetensi dasar yang
berasal dari kompetensi inti 1 dan 2 bukan untuk diajarkan secara eksplisit
sebagai materi pembelajaran (pembelajaran tidak langsung), namun memandu guru
untuk melakukan pembiasaan-pembiasaan kompetensi tersebut selama proses pembelajaran
berlangsung. Harapannya, melalui pengetahuan, keterampilan akan terasah dan
sikap spiritual dan sosialnya tumbuh pada diri siswa.
g. Pemetaan kompetensi dasar KI 3dan KI 4
Pemetaan kompetensi dasar KI 3 dan
KI 4 merupakan pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI 3 dan KI 4.
Halaman ini memuat informasi tentang kompetensi-kompetensi yang berasal dari
pemetaan kompetensi inti 3 dan 4 yang harus dicapai dalam satu subtema
pembelajaran. Penetapan kompetensi masih terbuka untuk penggantian atau
penambahan sesuai denga kegiatan yang dirancang oleh guru. Sekali lagi guru
harus mamahami bahwa pembelajaran tematik terpadu itu berbasis aktivitas
sehingga aktivitas yang ditawarkan dalam buku guru bisa diganti atau
dikembangkan sesuai dengan kreativitas guru.
h. Ruang lingkup pembelajaran
Halaman ini memberikan gambaran
ringkas tentang kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru dan kemampuan yang
akan dikembangkan dalam setiap pembelajaran. Kolom kegiatan pembelajaran
menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada satu hari pembelajaran. Kolom
kemampuan yang dikembangkan menjelaskan tiga aspek kemampuan yang harus
dicapai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
i.
Halaman
pembelajaran
Setiap pembelajaran terdiri atas
bagia-bagian yang menuntun guru dalam proses pembelajaran yang disesuaikan
dengan buku siswa.
C.
PENGGUNAAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Pada
uraian ini dijelaskan tentang teknis penggunaan buku siswa sesuai dengan arahan
buku guru, melalui uraian ini diharapkan guru dapat melakukan proses
pembelajaran dari masing-masing subtema yang ada pada masing-masing buku.
Cara penggunaan buku
guru dan buku siswa
Buku
gurur berhubungan dengan buku siswa, karena buku guru memandu pembelajaran yang
sesuai dengan buku siswa. Penggunaan buku guru dan buku siswa dapat dijelaskan
sebagai berikut.
1. Bukalah buku guru tema tertentu
Cermatilah halaman yang berjudul
tentang buku guru dan bagaimana menggunakan buku guru, ikutilah petunjuk yang
ada pada halaman tersebut.
2. Rancangan pada pmbelajaran setiap
subtema dalam rancangan subtema yang tampak pada jaringan subtema atau pemetaan
kompetensi dasar pada buku guru. Guru diharapkan mencermati jaringan subtema
yang memuat kompetensi dasar muatan pelajaran yang akan dicapai pada satu
minggu sesuai dengan judul subtema.
3. Jaringan subtema terdiri atas jaringan
subtema untuk KD dari KI 1 dan 2 serta jaringan subtema untuk KD dari KI 3dan
4.
4. Jaringan subtema KD dari KI 3 dan 4
dijabarkan lagi menjadi jaringan kompetensi dasar dan indikator setiap
pembelajaran.
5. Cermatilah jaringan setiap pembelajaran
metaan indikator pada buku guru yang memuat kompetensi dasar yang akan dicapai berdasarkan
rumusan indikatornya.
6. Setelah mencermati indikator yang akan
dicapai pada setiap pembelajaran, cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat
di buku guru.
7. Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang
terdapat pada buku guru.
8. Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan
pembelajaran pada buku guru dengan penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada
dibuku siswa.
9. Guru dapat memodifikasi rancangan
pembelajaran di buku guru untuk disesuaikan dengan kondisi kelas. Apabila
rancangan berubah, maka guru harus membuat penyesuaian juga dalam
pembelajarannya.
10. Pada buku guru juga terdapat media, alat dan
sumber pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. Namun, guru juga dapat mengganti atau dapat menambahkan media,
alat dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
11. Cermatilah halam remidial dan pengayaan yang
terdapat pada buku guru sebagai panduan ketika guru akan melaksanakan kegiatan
tersebut.
12. Di dalam buku guru terdapat contoh-contoh
teknik penilaian, guru dapat membuka halaman penilaian sebagai panduan menilai
siswa.
D. Hasil Analisis.
Analisis
kesesuaian kegiatan pembelajaran di buku
guru dengan buku siswa pada kelas 4 tema 4 (Berbagai Kegiatan)
1.
Pada subtema 1 ada beberapa muatan pembelajaran yang belum sesuai dengan
kegiatan pembelajaran yakni pada (PB1) (PB2) (PB5).
Pada
pembelajaran 1 di buku guru tertulis, menjelaskan ciri" dataran tinggi dan
dataran rendah sedangkan hasil yg kami dapatkan setelah kami analisis kami
tidak menemukan hasil tentang ciri" dataran tinggi dan dataran rendah
tersebut.
2.
(PB2) di dalam kegiatan pembelajaran 2 di buku guru tertulis, membaca serta
menemukan unsur cerita dari teks petualangan si semut dan belalang sedangkan
setelah kami analisis,kami tidak menemukan di buku siswa tersebut penjelasan
yang menjelaskan tentang apa saja unsur-unsur dari cerita/dongeng. Seharusnya
di buku siswa itu di beri pemahaman, tentang unsur-unsur dari cerita/dongeng
tersebut meliputi apa saja, agar siswa mudah dalam mengerjakan soal tentang
unsur-unsur cerita.
3.
(PB5) Setelah kami analisis dalam kegiatan pembelajaran pada (PB5) pada buku
guru tertulis tentang, membedakan cara penulisan kalimat langsung dan kalimat
tidak langsung. Setelah kami bersama menganalisis, pada buku siswa itu
seharusnya diberi pemahaman tentang pengertian kalimat langsung dan tidak
langsung dan ciri-ciri serta aturan pada kalimat langsung dan tidak langsung
agar para peserta didik (siswa) bisa lebih dalam pemahamannya tentang bagaimana
membedakan cara penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.