Friday 21 September 2018

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU GURU DAN BUKU SISWA




Analisis buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran tematik
Dalam buku guru dan buku siswa pasti mempunyai kedudukan dan fungsi masing-masing.
A.    KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU GURU DAN BUKU SISWA
1.      Kedudukan dan fungsi buku siswa
Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas belajar untk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) dimana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan sesuatu yang dialaminya.
Buku siswa ini diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mrngikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan guruny.guru dapat meengembangkan atau memperkaya dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dibawah ini dijelaskan peran dan fungsi buku siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.
a.       Panduan bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan subtema.
Berbagai kegaiatan yang harus dilakukan oleh dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya:
1)      Kegiatan mengamati sesuatu, didalam buku tertulis “Ayo Amati” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan pengmatan terhadap sesuatu.
2)      Kegiatan menceritakan, didalam buku tertulis “Ayo Ceritakan” artinya guru mengajak siswa untuk menceritakan sesuatu mungkin menceritakan hasil pengamatan terhadap sesuatu atau menceritakan pengalaman yang mereka alami
3)      Kegiatan melakukan, dalam buku tertulis “Ayo Lakukan” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan suatu kegiatan.
b.      Penghubung antara guru, sekolah dan orang tua
Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah, bagian ini bisa dilihat pada buku siswa denga tulisan “Kerjasama dengan orang tua”. Diharapkan orang tua berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
c.       Lembar kerja siswa
Buku siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada buku siswa terdapat kegiatan menulis, maka siswa dapat mengerjakan langsung pada buku siswa.
d.      Penilaian dan portofolio
Di dalam buku siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.
e.       Media komunikasi antara guru dan siswa
Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan buku siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran, guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
f.       Sebagai kenang-kenangan rekam jejak belajar siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam buku siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selam mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan dikemudian hari.
2.      Kedudukan dan fungsi buku guru
Buku guru adalah panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.
a.       Sebagai petunjuk penggunaan buku siswa
Guru harus mempelajari terlebih dahulu buku guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
1)      Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemuadian dipadukan dalam satu tema tertentu.
2)      Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
3)      Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
b.      Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas
Buku guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
1)      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema.
2)      Menjelaskan media pembeajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
3)      Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
4)      Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
5)      Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilihan pembelajaran yang ada dalam buku siswa.
c.       Penjelasan tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran
Buku guru memuat informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.
B.     STRUKTUR DAN HUBUNGAN FUNGSIONAL BUKU SISWA DAN BUKU          GURU.
1.      Struktur buku guru
a.       Kata pengantar
Bagian ini perlu dibaca guru agar guru memahami latar belakang penyusunan buku dan tujuan yang ingin dicapai dan penyusunan buku guru.
b.      Tentang buku guru
Memuat informasi cakupan buku guru dan cakupan aktivitas pembelajarn yang tertuang dalam buku guru.
c.       Bagaimana menggunakan buku guru
Halaman ini merupakan bagian penting yang harus dibaca dan dipahami oleh guru, karena memberikan informasi hal-hal penting yang harus diperhatikan guru dalam menggunakan buku guru sebagai persiapan menggunakan buku siswa.
d.      Panduan penilaian
Halaman ini berisi informasi teknik dan instrumen penilaian, dan contoh-contoh rubrik penilaian yang akan digunakan oleh guru dalam melakukan evaluasi proses pembelajaran.
e.       Standar kompetensi lulusan dan kompetensi inti
Halaman ini mengingatkan kepada guru mengenai standar kompetensi lulusan baik ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan, serta kompetensi inti setiap kelas yang akan dicapai selama proses pembelajaran.
f.       Pemetaan kompetensi dasar KI 1dan KI 2
Pemetaan kompetensi dasar KI 1dan KI 2 merupakan pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI 1 dan KI 2 yang terdapat dalam setiap subtema. Artinya kompetensi dasar itulah yang akan dicapai dalam proses pemebelajaran selama 1 minggu.
Pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari kompetensi inti 1 dan 2 bukan untuk diajarkan secara eksplisit sebagai materi pembelajaran (pembelajaran tidak langsung), namun memandu guru untuk melakukan pembiasaan-pembiasaan kompetensi tersebut selama proses pembelajaran berlangsung. Harapannya, melalui pengetahuan, keterampilan akan terasah dan sikap spiritual dan sosialnya tumbuh pada diri siswa.
g.      Pemetaan kompetensi dasar KI 3dan KI 4
Pemetaan kompetensi dasar KI 3 dan KI 4 merupakan pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI 3 dan KI 4. Halaman ini memuat informasi tentang kompetensi-kompetensi yang berasal dari pemetaan kompetensi inti 3 dan 4 yang harus dicapai dalam satu subtema pembelajaran. Penetapan kompetensi masih terbuka untuk penggantian atau penambahan sesuai denga kegiatan yang dirancang oleh guru. Sekali lagi guru harus mamahami bahwa pembelajaran tematik terpadu itu berbasis aktivitas sehingga aktivitas yang ditawarkan dalam buku guru bisa diganti atau dikembangkan sesuai dengan kreativitas guru.
h.      Ruang lingkup pembelajaran
Halaman ini memberikan gambaran ringkas tentang kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru dan kemampuan yang akan dikembangkan dalam setiap pembelajaran. Kolom kegiatan pembelajaran menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada satu hari pembelajaran. Kolom kemampuan yang dikembangkan menjelaskan tiga aspek kemampuan yang harus dicapai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
i.        Halaman pembelajaran
Setiap pembelajaran terdiri atas bagia-bagian yang menuntun guru dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan buku siswa.
C.     PENGGUNAAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Pada uraian ini dijelaskan tentang teknis penggunaan buku siswa sesuai dengan arahan buku guru, melalui uraian ini diharapkan guru dapat melakukan proses pembelajaran dari masing-masing subtema yang ada pada masing-masing buku.
Cara penggunaan buku guru dan buku siswa
Buku gurur berhubungan dengan buku siswa, karena buku guru memandu pembelajaran yang sesuai dengan buku siswa. Penggunaan buku guru dan buku siswa dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.      Bukalah buku guru tema tertentu
Cermatilah halaman yang berjudul tentang buku guru dan bagaimana menggunakan buku guru, ikutilah petunjuk yang ada pada halaman tersebut.
2.      Rancangan pada pmbelajaran setiap subtema dalam rancangan subtema yang tampak pada jaringan subtema atau pemetaan kompetensi dasar pada buku guru. Guru diharapkan mencermati jaringan subtema yang memuat kompetensi dasar muatan pelajaran yang akan dicapai pada satu minggu sesuai dengan judul subtema.
3.      Jaringan subtema terdiri atas jaringan subtema untuk KD dari KI 1 dan 2 serta jaringan subtema untuk KD dari KI 3dan 4.
4.      Jaringan subtema KD dari KI 3 dan 4 dijabarkan lagi menjadi jaringan kompetensi dasar dan indikator setiap pembelajaran.
5.      Cermatilah jaringan setiap pembelajaran metaan indikator pada buku guru yang memuat kompetensi dasar yang akan dicapai berdasarkan rumusan indikatornya.
6.      Setelah mencermati indikator yang akan dicapai pada setiap pembelajaran, cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat di buku guru.
7.      Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang terdapat pada buku guru.
8.      Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada buku guru dengan penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada dibuku siswa.
9.      Guru dapat memodifikasi rancangan pembelajaran di buku guru untuk disesuaikan dengan kondisi kelas. Apabila rancangan berubah, maka guru harus membuat penyesuaian juga dalam pembelajarannya.
10.   Pada buku guru juga terdapat media, alat dan sumber pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Namun, guru juga dapat mengganti atau dapat menambahkan media, alat dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
11.   Cermatilah halam remidial dan pengayaan yang terdapat pada buku guru sebagai panduan ketika guru akan melaksanakan kegiatan tersebut.
12.   Di dalam buku guru terdapat contoh-contoh teknik penilaian, guru dapat membuka halaman penilaian sebagai panduan menilai siswa.
D.    Hasil Analisis.
Analisis kesesuaian kegiatan pembelajaran di buku  guru dengan buku siswa pada kelas 4 tema 4 (Berbagai Kegiatan)

1. Pada subtema 1 ada beberapa muatan pembelajaran yang belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran yakni pada (PB1) (PB2) (PB5).
Pada pembelajaran 1 di buku guru tertulis, menjelaskan ciri" dataran tinggi dan dataran rendah sedangkan hasil yg kami dapatkan setelah kami analisis kami tidak menemukan hasil tentang ciri" dataran tinggi dan dataran rendah tersebut.
2. (PB2) di dalam kegiatan pembelajaran 2 di buku guru tertulis, membaca serta menemukan unsur cerita dari teks petualangan si semut dan belalang sedangkan setelah kami analisis,kami tidak menemukan di buku siswa tersebut penjelasan yang menjelaskan tentang apa saja unsur-unsur dari cerita/dongeng. Seharusnya di buku siswa itu di beri pemahaman, tentang unsur-unsur dari cerita/dongeng tersebut meliputi apa saja, agar siswa mudah dalam mengerjakan soal tentang unsur-unsur cerita.
3. (PB5) Setelah kami analisis dalam kegiatan pembelajaran pada (PB5) pada buku guru tertulis tentang, membedakan cara penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Setelah kami bersama menganalisis, pada buku siswa itu seharusnya diberi pemahaman tentang pengertian kalimat langsung dan tidak langsung dan ciri-ciri serta aturan pada kalimat langsung dan tidak langsung agar para peserta didik (siswa) bisa lebih dalam pemahamannya tentang bagaimana membedakan cara penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.