Thursday 20 September 2018

KELUARGA




            Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
            Awal dari ayah dan ibu saya menjadi satu keluarga, keluarga ini termasuk keluarga monogamy yang terdiri dari ayah dan ibu. Ayah dan ibu saya membangun tempat tinggal sendiri dan tinggal bersama dalam satu rumah atau bisa disebut dalam bentuk keluarga berdasarkan tempat, dalam kategori betuk keluarga tempat neolokal. Keluarga neolokal yaitu keluarga yang mempunyai tempat tinggal sendiri dan keduanya saling terpisah dari keluarganya masing-masing. Ayah dan ibu saya mempunyai tiga orang anak dan itu anak laki-laki semua, anak pertama sudah menikah dan tinggal dirumah orang tua saya,  atau bisa disebut bentuk keluarga berdasrkan tempat dalam kategori patrilokal. Patrilokal artinya pasangan suami istri yang tinggal dikeluarga sang suami. Anak kedua sudah menikah dan  tinggal dirumah orang tua saya, dan pasangan suami istri ini termasuk keluarga patrilokal juga. Dan anak yang ketiga yaitu saya sendiri.

            Dalam keluarga saya termasuk dalam bentuk keluarga besar, dimana anggotanya lengkap yang terdiri dari ayah dan ibu, kakek dan nenek, saudara dan mantu, dan cucu. Ayah saya mempunyai tiga orang anak laki-laki, anak yang pertamadan kedua atau kakak-kakak saya sudah menikah dan istrinya tinggal satu rumah dengan keluarga saya. Artinya berdasarkan bentuk keluarga saudara saya termasuk bentuk keluarga patri liniaer, yaitu dimana suami dan istri tinggal bersama dengan keluarga sang suami.