PENDEKATAN DAN METODE ISLAM
MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Ilmu Pendidikan Islam
Dosen Pengampuh Ahmad Fawaid,
M.Pd.I
Di Susun Oleh :
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN
2018
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami penjatkan ke
hadirat Allah S.W.T. atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini dengan judul Makna, Tujuan, Tugas dan Fungsi Pendidikan
Islam dengan sebaik-baiknya, meskipun masih jauh dari kata kesempurnaan.
Shalawat beserta salam kami curahkan kepada Rasulullah S.A.W.
Dalam menyelesaian makalah ini kami
berusaha untuk melakukan yang terbaik.Tetapi kami menyadari bahwa dalam menyelesaikan
makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu kami mengharapkan
kritik dan saran demi perbaikan dan penyempurnaan makalah kami yang akan
datang.
Dengan terselesaikannya makalah ini,
kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses
pembuatan makalah ini yang telah memberikan dorongan, semangat dan masukan.
Semoga apa yang kami tulis ini dapat bermanfaat
bagi para pembaca dan masyarakat pada umumnya, serta mendapatkan ridha dari
Allah S.W.T. Amin.
Pamekasan, 27 April 2018
Pemakalah
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI................................................................................................
ii
KATA PENGANTAR.................................................................................
iii
BAB I
PENDAHULUAN...........................................................................
1
A.
Latar
Belakang..................................................................................
1
B.
Rumusan
Masalah..............................................................................
1
C.
Tujuan
Masalah..................................................................................
1
BAB II
PEMBAHASAN............................................................................
2
A.
Pengertian
Pendekatan Dalam Pendidikan Islam..............................
2
B.
Macam-macam
Pendekatan Dalam Pendidikan Islam......................
2
1)
Pendekatan
Psikologis................................................................
2
2)
Pendekatan
Sosial-Kultural........................................................
3
3)
Pendekatan
Religi.......................................................................
3
4)
Pendekatan
Historis....................................................................
3
5)
Pendekatan
Komparatif..............................................................
3
6)
Pendekatan
Filosofis..................................................................
3
C.
Pengertian
Metode Dalam Pendidikan Islam....................................
4
D.
Macam-macam
Metode Dalam Pendidikan Islam.............................
5
1)
Metode
Dialog Qur’ani dan Nabawi..........................................
5
2)
Metode
Kisah Qur’ani dan Nabawi...........................................
5
3)
Metode
Perumpamaan ............................................................... 6
4)
Metode
Keteladanan..................................................................
6
5)
Metode
Ibrah dan Mau’izhah.....................................................
7
6)
Metode
Targhib dan Tarhib........................................................
7
BAB III PENUTUP..................................................................................
12
A.
Kesimpulan......................................................................................
12
B.
Saran................................................................................................
12
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................
13