S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA Al-Falah
Kelas/Semester :
XII/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Kompetnsi inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
IPK
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang dibaca
|
Surat Lamaran
Pekerjaan:
· identifikasi surat
· Isi
· Sistematika
· Bahasa
· Lampiran
· Kalimat efektif.
|
· Mendata sistematika
dan isi surat lamaran pekerjaan
· Menyimpulkan
sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
· mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan.
|
4.1.1.
Mendata isi dan sistematika dalam surat
lamaran pekerjaan
4.1.2.
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran
pekerjaan
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
·
Suherli,
dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
·
Internet
·
Alam
sekitar dan sumber lain yang relevan
|
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi
surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
4.1.1.
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi
surat lamaran pekerjaan.
4.1.2.
Mempresentasikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.2
Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
Surat Lamaran
Pekerjaan:
· unsur kebahasaan;
· penulisan EYD; dan
· daftar riwayat hidup.
|
· Mendata ciri
kebahasaan surat lamaran pekerjaan
· Menyusun surat lamaran
pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
4.1.1.
Menentukan unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
4.1.2.
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat
pada surat lamaran pekerjaan.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.2
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan
kebahasaan
|
6.1.1.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
6.1.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran
pekerjaan yang telah disusun
|
Produk, Praktik
(Penilaian Praktik)
|
||||
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi,
rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam
cerita sejarah lisan atau tulis
|
Teks cerita (novel)
sejarah
· struktur teks cerita
sejarah;
· isi teks cerita
sejarah;
· nilai-nilai cerita
(novel) sejarah; dan
· kebahasaan teks cerita
sejarah.
|
· Mendata struktur
(orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
· Menyusun kembali
nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi
· Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
4.2.1.
Mendata informasi penting dalam novel sejarah
4.2.2.
Menentukan struktur teks novel sejarah.
4.2.3.
Membandingkan novel sejarah dengan teks
sejarah
|
Tes tertulis (uraian),
Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.3
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks
eksplanasi
|
6.2.1.
Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel
sejarah
6.2.2.
Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah
teks eksplanasi.
6.2.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang
disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.4
Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
Teks cerita (novel)
sejarah
· kebahasaan cerita (novel) sejarah;
· unsur-unsur cerita;
· topik; dan
· kerangka karangan.
|
· Mendata kebahasaan
dan unsur-unsur cerita sejarah yang tersaji
· Menyusun teks cerita
(novel) sejarah pribadi
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks cerita
(novel) sejarah yang telah ditulis
|
4.3.1.
Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam
novel sejarah
4.3.2.
Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering
digunakan dalam novel sejarah
|
Tes tertulis (uraian),
Penugasan (Lembar kerja)
|
12 x 45’
|
|
4.4
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
6.3.1. Menentukan
topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah
6.3.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh.
6.3.3. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks cerita
(novel) sejarah yang telah ditulis
|
Produk, Praktik
|
||||
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif
solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
Teks Editorial:
· isi teks editorial;
· pendapat;
· ragam informasi; dan
· simpulan.
|
· Menemukan pendapat,
alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam
informasi sebagai bahan teks editorial
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan
simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks
editorial.
|
4.4.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks editorial.
4.4.2.
Membedakan fakta dan opini dalam teks
editorial
|
Tes tertulis (uraian),
Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.5
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan
maupun tulis
|
6.4.1.
Menentukan isu aktual dari berbagai media
informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
6.4.2.
Menuliskan pendapat terhadap isu aktual
dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis).
6.4.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa
pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan
ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.6
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
|
Teks Editorial:
· struktur;
· unsur kebahasaan;
· topik; dan
· kerangka karangan.
|
· Menentukan struktur
dan unsur kebahasaan dalam teks editorial
· Menyusun teks editorial yang sesuai topik, struktur, dan kebahasaan
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks
editorial yang telah disusun
|
4.5.1.
Menentukan struktur dalam teks editorial
4.5.2.
Menentukan unsur kebahasaan dalam teks
editorial
|
· Tes tertulis (Uraian)
· Penugasan (Lembar Keja)
|
12
x 45’
|
|
4.6
Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis
|
6.5.1. Menyusun argumen atau pendapat terhadap isu aktual
6.5.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap isu aktual
6.5.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah
kebahasaan
6.5.4. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks
editorial yang telah disusun
|
Praktik
|
||||
4.6.
Menilai
isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil Membaca Buku
· nilai-nilai dalam
novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
· kaitan nilai dalam
novel dengan kehidupan;
· amanat dalam novel;
dan
· laporan hasil membaca
buku.
|
Laporan Hasil Membaca
Buku
· Menyusun Laporan buku
fiksi yang dibaca.
· Mempresentasikanlaporan
yang ditulisnya di depan kelas.
· Menanggapi laporan
yang dipresentasikan
|
4.6.1.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
4.6.2.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
nonfiksi yang dibaca
|
· Tes tertulis (Uraian)
· Penugasan (Lembar Kerja)
|
8
x 45’
|
|
6.6.
Menyusun
laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
|
6.6.1.
Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan
maupun tulis
6.6.2. Mempresentasikan
laporan yang ditulisnya di depan kelas.
6.6.3.
Menanggapi laporan yang dipresentasikan.
|
Praktik
|
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
Mohammad
Jazuli, M.Kpd. Fatmawati Agustina S.Pd.
NIP
197112121994031009 NIP:
-