Friday 21 September 2018

S I L A B U S




S I L A B U S
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    : SMA Al-Falah
Kelas/Semester        : XII/1
Tahun Pelajaran       : 2018/2019
Alokasi Waktu          : 64 x 45 menit
Kompetnsi inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
IPK
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
Surat Lamaran Pekerjaan:
·       identifikasi surat
·       Isi
·       Sistematika
·       Bahasa
·       Lampiran
·       Kalimat efektif.
·       Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
·       Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
·       mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
4.1.1.  Mendata isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan
4.1.2.  Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8 x 45’

















·       Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·       Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·       Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
·       Internet
·       Alam sekitar dan sumber lain yang relevan

4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
4.1.1.  Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
4.1.2.  Mempresentasikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Surat Lamaran Pekerjaan:
·       unsur kebahasaan;
·       penulisan EYD; dan
·       daftar riwayat hidup.
·       Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan
·       Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
4.1.1.  Menentukan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
4.1.2.  Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8 x 45’
4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
6.1.1.      Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
6.1.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
Teks cerita (novel) sejarah
·       struktur teks cerita sejarah;
·       isi teks cerita sejarah;
·       nilai-nilai cerita (novel) sejarah; dan
·       kebahasaan teks cerita sejarah.
·       Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
·       Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi
·       Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
4.2.1.  Mendata informasi penting dalam novel sejarah
4.2.2.  Menentukan struktur teks novel sejarah.
4.2.3.  Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8 x 45’
4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
6.2.1.      Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah
6.2.2.  Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi.
6.2.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
Produk, Praktik
3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
Teks cerita (novel) sejarah
·       kebahasaan  cerita (novel) sejarah;
·       unsur-unsur cerita;
·       topik; dan
·       kerangka karangan.
·      Mendata kebahasaan dan  unsur-unsur cerita  sejarah yang tersaji
·      Menyusun teks cerita (novel) sejarah pribadi
·     Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis
4.3.1.  Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah
4.3.2.  Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam novel sejarah
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
12 x 45’
4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
6.3.1.      Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah
6.3.2.  Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh.
6.3.3.      Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis
Produk, Praktik
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
Teks Editorial:
·       isi teks editorial;
·       pendapat;
·       ragam informasi; dan
·       simpulan.
·      Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
4.4.1.  Mengidentifikasi isi dalam teks editorial.
4.4.2.  Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8 x 45’ 
4.5 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis
6.4.1.      Menentukan isu aktual dari berbagai media informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
6.4.2.  Menuliskan pendapat terhadap isu aktual dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis).
6.4.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
Produk, Praktik
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
Teks Editorial:
·       struktur;
·       unsur kebahasaan;
·       topik; dan
·       kerangka karangan.
·      Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial
·       Menyusun  teks editorial yang sesuai topik,  struktur, dan kebahasaan
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
4.5.1.  Menentukan struktur dalam teks editorial
4.5.2.  Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial
·   Tes tertulis (Uraian)
·   Penugasan (Lembar Keja)
12 x 45’
4.6 Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
6.5.1.      Menyusun argumen atau pendapat terhadap isu aktual
6.5.2.  Menyusun saran (rekomendasi) terhadap isu aktual
6.5.3.  Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
6.5.4.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
Praktik
4.6.  Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil Membaca Buku
·       nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
·       kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan;
·       amanat dalam novel; dan
·       laporan hasil membaca buku.
Laporan Hasil Membaca Buku
·      Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca.
·      Mempresentasikanlaporan yang ditulisnya di depan kelas.
·      Menanggapi laporan yang dipresentasikan
4.6.1.  Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
4.6.2.  Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca
·   Tes tertulis (Uraian)
·   Penugasan (Lembar Kerja)
8 x 45’








6.6.  Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
6.6.1.  Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan maupun tulis
6.6.2.  Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas.
6.6.3.  Menanggapi laporan yang dipresentasikan.
Praktik

Boyolali, 2 Juli 2018

Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                                                                      Guru Bahasa Indonesia,




Mohammad Jazuli, M.Kpd.                                                                                                    Fatmawati Agustina S.Pd.
NIP 197112121994031009                                                                                                    NIP: -