Thursday, 21 March 2019

FORMAT PENILAIAN PEMBELAJARAN MICRO


FORMAT PENILAIAN PEMBELAJARAN MICRO
Nama Mahasiswa : ………………………………………………….       
Jurusan                   : ………………………………………………….
Program Studi     : ………………………………………………….         
Mata Pelajaran     : ………………………………………………….

No
Aspek Kompetensi
Aspek yang dinilai
Nilai
1
Perencanaan Tertulis Mendesain (RPP)
Kemampuan mencermati dan merumuskan,Kompetensi Dasar, standar kompetensi, indicator, Tujuan, Materi, metode, kegiatan pembelajaran, sumber dan penilaian

2
Keterampilan Membuka Pelajaran
Menarik perhatian siswa, menggunakan alat bantu, pola interaksi yang bervariasi, memberikan motivasi, kehangatan, mengemukakan ide, memberikan acuan, mengingatkan pelajaran lama dan menghubungkannya dengan pelajaran yang baru sesuai dengan RPP

3
Keterampilan bertanya dan menjawab
Pertanyaan permintaan, retoris, mengarahkan, menggali, pertanyaan taksonomi bloom, teknik brtanya sempit, pertanyaan luas, kejelasan dan kaitan pertanyaan, arah pertanyaan menyeluruh, menjawab dengan teliti dan tepat

4
Keterampilan menguasai dan menjelaskan materi
Penguasaan bahan materi tanpa melihat buku pelajaran dan menyajikan informasi lisan disampaikan secara sistematis, menjelaskan pesan materi secara terencana

5
Keterampilan Penggunaan Media Pembelajaran
Menyiapkan dan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan materi

6
Keterampilan pemakai metode/pendekatan dan strategi pembelajaran
Memakai metode dan strategi yang relevan dengan materi pembelajaran

7
Penampilan
Menampilkan performen, pakain yang serasi, gaya berdiri didepan kelas

8
Keterampilan mengelola kela
Menciptakan suasana pembelajaran yang optimal, aman dan kondusif(cepat tanggap, membagi perhatian, memberikan petunjuk, teguran)

9
Ketepatan penggunaan bahas
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik atau bahasa yang dimengerti, mudah dipahami anak

10
Volume suara
Tekanan dan nada suara selama proses pembelajaran

11
Menyimpulkan dan melakukan Evaluasi
Menyimpulkan dan melakukan penilaian diakhir pembelajaran

12
Kemampuan mengakhiri/menutup pembelajaran
Meninjau kembali materi pembelajaran yang telah dilakukan dan membuat ringkasan 

 
o Jumlah Nilai =∑ Nilai yang diperoleh
                                            12

o Rentang Nilai :
 1. 80–100  = A
 2. 70– 79   = B
 3. 60– 69   = C
 4. 50– 59   = D
 5. 0  – 49   = E
o Catatan :
- Jumlah Mahasiswa yang lulus  :……… Orang
- Jumlah Mahasiswa yang tidak lulus  :……… Orang
Dosen Pengampuh





Heni Listiana, M.Pd.I
NIP.198308162015032002




Format penilaian Observasi 

TANGGAPAN TERTULIS PEMBELAJARAN MIKRO

Nama Penyaji    : …………………………….                                       SK            : ……………………………..
Mata Pelajaran  : …………………………….                                       KD          : ……………………………..
Semester            : …………………………….                                        Indikator : …………………………….

No
Aspek yang dinilai
Baik
Cukup
Kurang
Komentar
1
Perencanaan Tertulis Mendesain




2
Keterampilan membuka Pelajaran




3
Keterampilan bertanya dan menjawab




4
Keterampilan menguasai dan menjelaskan




5
Keterampilan memilih dan memanfaatkan media dalam pembelajara




6
Keterampilan pemakai metode/pendekatan, stretegi dan model pembelajaran




7
Penampilan (gaya, pakaian dsb)




8
Keterampilan pengeolaan kelas




9
Ketepatan penggunaan bahasa




10
Volume Suara




11
Menyimpulkan dan melakukan Evaluasi




12
Kemampuan mengakhiri/menutup pembelajaran






 Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik

Pengamat,



…………………………….

























Format 1 : Lembaran Observasi tertulis
ASPEK YANG DINILAI :
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Nama Mahasiswa : …………………………….                                                                                                                                                                   Hari/tanggal       : …………………………….
NIM                         : …………………………….                                                                                                                                                                     Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang Studi         : …………………………….                                                                                                                                                                      Kelas                     : …………………………….

No
Komponen Keterampilan
Penilaian
Komentar
Baik
Cukup
Sedang
Kurang

A
Membuka Pelajaran





1.
Menarik Perhatian Peserta Didik






a. Cara mengajar      






b. Penggunaan Alat bantu pembelajaran      






c. Melakukan interaksi dengan peserta 





2.
Menumbuhkan motivasi      






a. Kehangatan/Antusiasan      






b. Menimbulkan rasa ingin tahu      






c. Mengemukakan ide      






d. Memperhatikan minat peserta didik     





3.
Memberi acuan      






a. Mengemukakan tujuan      






b. Langkah-langkah      






c. Mengajukan pertanyaan     





4.
Membuat Kaitan      






a. Membandingkan pengetahuan baru dengan yang lama      






b. Menjelaskan konsep sebelum bahan dirinci





B
Menutup Pelajaran     






1 Meninjau kembali (merangkum)     






2 Mengevaluasi (Demonstrasi)





Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik
 Pengamat,
 ………………………
Format 2 : Lembaran Observasi tertulis
ASPEK YANG DINILAI : 
KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
Nama Mahasiswa : …………………………….                                                                                                                                                                   Hari/tanggal       : …………………………….
NIM                         : …………………………….                                                                                                                                                                     Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang Studi         : …………………………….                                                                                                                                                                      Kelas                     : …………………………….
No
Komponen Keterampilan
Penilaian
Komentar
Ya
Tidak
1.
Bersikap Tanggap    




a. Memandang secara seksama   




b. Gerakan mendekati    




c. Teguran   



2.
Membagi perhatian        




a. Secara visual     




b. Secara Verbal    




c. Visual -Verbal   



3.
Memusatkan Perhatian Kelompok    




a. Menyiapkan     




b. Mengarahkan perhatian    




c. Menyusun komentar   



4.
Menurut tanggung jawab siswa    




a. Menyuruh siswa lain    




b. Mengawasi rekannya    




c. Menyusuh siswa menunjukkan pekerjaannya   



5.
Petunjuk yang jelas    




a. Kepada seluruh siswa     




b. Kepada Individu



Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik

Pengamat,


…………………………….

Format 3 : Lembaran Observasi tertulis
ASPEK YANG DINILAI : 
KETERAMPILAN BERTANYA
Nama Mahasiswa : …………………………….                                                                                                                                                                   Hari/tanggal       : …………………………….
NIM                         : …………………………….                                                                                                                                                                     Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang Studi         : …………………………….                                                                                                                                                                      Kelas                     : …………………………….
No
Komponen Keterampilan
Penilaian
Komentar
Baik
Cukup
Sedang
1.
Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat         





2.
Pemberian Acuan dari materi yang akan ditanyakan    




3.
Pemusatan kepada materi pelajaran sebagai bahan perertanyaan    




4.
Pemindahan gilir    




5.
Penyebaran     





a. Keseluruh siswa     





b. Respon siswa    




6.
Pemberian waktu bergilir    




7.
Pemberian tuntutan     





a. Pengungkapan pertanyaan dengan cara lain     





b. Pengungkapan penjelasan sebelumnya




Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik

Pengamat,


…………………………….
Format 4 : Lembaran Observasi tertulis
ASPEK YANG DINILAI : 
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Nama Mahasiswa : …………………………….                                                                                                                                                                   Hari/tanggal       : …………………………….
NIM                         : …………………………….                                                                                                                                                                     Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang Studi         : …………………………….                                                                                                                                                                      Kelas                     : …………………………….

No
Komponen Keterampilan
Penilaian
Komentar
Ya
Tidak
1.
Bersikap Tanggap    




a. Memandang secara seksama    




b. Gerakan mendekati    




c. Teguran



2.
Membagi perhatian    




a. Secara visual     




b. Secara Verbal    




c. Visual -Verbal



3.
Memusatkan Perhatian Kelompok    




a. Menyiapkan     




b. Mengarahkan perhatian    




c. Menyusun komentar



4.
Menurut tanggung jawab siswa    




a. Menyuruh siswa lain    




b. Mengawasi rekannya    




c. Menyusuh siswa menunjukkan pekerjaannya



5.
Petunjuk yang jelas    




a. Kepada seluruh siswa     




b. Kepada Individu



Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik
Pengamat,


…………………………….

Format 5 : Lembaran Observasi tertulis
ASPEK YANG DINILAI : 
KETERAMPILAN BERTANYA
Nama Mahasiswa : …………………………….                                                                                                                                                                   Hari/tanggal       : …………………………….
NIM                         : …………………………….                                                                                                                                                                     Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang Studi         : …………………………….                                                                                                                                                                      Kelas                     : …………………………….

               
No
Komponen Keterampilan
Penilaian
Komentar
Baik
Cukup
Sedang
1.
Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat    




2.
Pemberian Acuan dari materi yang akan ditanyakan    




3.
Pemusatan kepada materi pelajaran sebagai bahan perertanyaan    




4.
Pemindahan gilir    




5.
Penyebaran 





a.Keseluruh siswa     





b. Respon siswa




6.
Pemberian waktu bergilir    




7.
Pemberian tuntutan     





a. Pengungkapan pertanyaan dengan cara lain     





b. Pengungkapan penjelasan sebelumnya




Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik

Pengamat,


…………………………….