FORMAT PENILAIAN PEMBELAJARAN MICRO
Nama
Mahasiswa : ………………………………………………….
Jurusan : ………………………………………………….
Program
Studi : ………………………………………………….
Mata
Pelajaran : ………………………………………………….
No
|
Aspek
Kompetensi
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
1
|
Perencanaan
Tertulis Mendesain (RPP)
|
Kemampuan mencermati dan
merumuskan,Kompetensi Dasar, standar kompetensi, indicator, Tujuan, Materi,
metode, kegiatan pembelajaran, sumber dan penilaian
|
|
2
|
Keterampilan
Membuka Pelajaran
|
Menarik perhatian siswa, menggunakan alat
bantu, pola interaksi yang bervariasi, memberikan motivasi, kehangatan,
mengemukakan ide, memberikan acuan, mengingatkan pelajaran lama dan
menghubungkannya dengan pelajaran yang baru sesuai dengan RPP
|
|
3
|
Keterampilan
bertanya dan menjawab
|
Pertanyaan permintaan, retoris, mengarahkan,
menggali, pertanyaan taksonomi bloom, teknik brtanya sempit, pertanyaan luas,
kejelasan dan kaitan pertanyaan, arah pertanyaan menyeluruh, menjawab dengan
teliti dan tepat
|
|
4
|
Keterampilan
menguasai dan menjelaskan materi
|
Penguasaan bahan materi tanpa melihat buku
pelajaran dan menyajikan informasi lisan disampaikan secara sistematis,
menjelaskan pesan materi secara terencana
|
|
5
|
Keterampilan
Penggunaan Media Pembelajaran
|
Menyiapkan dan menggunakan media pembelajaran
sesuai dengan materi
|
|
6
|
Keterampilan
pemakai metode/pendekatan dan strategi pembelajaran
|
Memakai metode dan strategi yang relevan
dengan materi pembelajaran
|
|
7
|
Penampilan
|
Menampilkan performen, pakain yang serasi,
gaya berdiri didepan kelas
|
|
8
|
Keterampilan
mengelola kela
|
Menciptakan suasana pembelajaran yang
optimal, aman dan kondusif(cepat tanggap, membagi perhatian, memberikan
petunjuk, teguran)
|
|
9
|
Ketepatan
penggunaan bahas
|
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik atau
bahasa yang dimengerti, mudah dipahami anak
|
|
10
|
Volume
suara
|
Tekanan dan nada suara selama proses
pembelajaran
|
|
11
|
Menyimpulkan
dan melakukan Evaluasi
|
Menyimpulkan dan melakukan penilaian diakhir
pembelajaran
|
|
12
|
Kemampuan
mengakhiri/menutup pembelajaran
|
Meninjau kembali materi pembelajaran yang
telah dilakukan dan membuat ringkasan
|
|
o
Jumlah Nilai =∑ Nilai yang diperoleh
12
o
Rentang Nilai :
1. 80–100
= A
2. 70– 79
= B
3. 60– 69
= C
4. 50– 59
= D
5. 0
– 49 = E
o
Catatan :
-
Jumlah Mahasiswa yang lulus :……… Orang
-
Jumlah Mahasiswa yang tidak lulus :………
Orang
|
Dosen
Pengampuh
Heni Listiana, M.Pd.I
NIP.198308162015032002
|
Format penilaian Observasi
|
Nama
Penyaji : ……………………………. SK
: ……………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………. KD : ……………………………..
Semester : ……………………………. Indikator
: …………………………….
No
|
Aspek yang dinilai
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Komentar
|
1
|
Perencanaan
Tertulis Mendesain
|
|
|
|
|
2
|
Keterampilan
membuka Pelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Keterampilan
bertanya dan menjawab
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan
menguasai dan menjelaskan
|
|
|
|
|
5
|
Keterampilan
memilih dan memanfaatkan media dalam pembelajara
|
|
|
|
|
6
|
Keterampilan
pemakai metode/pendekatan, stretegi dan model pembelajaran
|
|
|
|
|
7
|
Penampilan
(gaya, pakaian dsb)
|
|
|
|
|
8
|
Keterampilan
pengeolaan kelas
|
|
|
|
|
9
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
10
|
Volume
Suara
|
|
|
|
|
11
|
Menyimpulkan
dan melakukan Evaluasi
|
|
|
|
|
12
|
Kemampuan
mengakhiri/menutup pembelajaran
|
|
|
|
|
Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan
memberikan komentar saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik
Pengamat,
…………………………….
Format 1 : Lembaran Observasi tertulis
|
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Nama
Mahasiswa : ……………………………. Hari/tanggal : …………………………….
NIM : ……………………………. Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang
Studi : ……………………………. Kelas : …………………………….
No
|
Komponen Keterampilan
|
Penilaian
|
Komentar
|
|||
Baik
|
Cukup
|
Sedang
|
Kurang
|
|
||
A
|
Membuka
Pelajaran
|
|
|
|
|
|
1.
|
Menarik
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
|
|
a.
Cara mengajar
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penggunaan Alat bantu pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
c.
Melakukan interaksi dengan peserta
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menumbuhkan
motivasi
|
|
|
|
|
|
|
a.
Kehangatan/Antusiasan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Menimbulkan rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
|
c.
Mengemukakan ide
|
|
|
|
|
|
|
d.
Memperhatikan minat peserta didik
|
|
|
|
|
|
3.
|
Memberi
acuan
|
|
|
|
|
|
|
a.
Mengemukakan tujuan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Langkah-langkah
|
|
|
|
|
|
|
c.
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat
Kaitan
|
|
|
|
|
|
|
a.
Membandingkan pengetahuan baru dengan yang lama
|
|
|
|
|
|
|
b.
Menjelaskan konsep sebelum bahan dirinci
|
|
|
|
|
|
B
|
Menutup
Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1
Meninjau kembali (merangkum)
|
|
|
|
|
|
|
2
Mengevaluasi (Demonstrasi)
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap penampilan
teman anda yang sedang praktik
Pengamat,
………………………
Format 2 : Lembaran Observasi tertulis
|
KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
Nama
Mahasiswa : ……………………………. Hari/tanggal : …………………………….
NIM : ……………………………. Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang
Studi : ……………………………. Kelas : …………………………….
No
|
Komponen Keterampilan
|
Penilaian
|
Komentar
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Bersikap
Tanggap
|
|
|
|
|
a.
Memandang secara seksama
|
|
|
|
|
b.
Gerakan mendekati
|
|
|
|
|
c.
Teguran
|
|
|
|
2.
|
Membagi
perhatian
|
|
|
|
|
a.
Secara visual
|
|
|
|
|
b.
Secara Verbal
|
|
|
|
|
c.
Visual -Verbal
|
|
|
|
3.
|
Memusatkan
Perhatian Kelompok
|
|
|
|
|
a.
Menyiapkan
|
|
|
|
|
b.
Mengarahkan perhatian
|
|
|
|
|
c.
Menyusun komentar
|
|
|
|
4.
|
Menurut
tanggung jawab siswa
|
|
|
|
|
a.
Menyuruh siswa lain
|
|
|
|
|
b.
Mengawasi rekannya
|
|
|
|
|
c.
Menyusuh siswa menunjukkan pekerjaannya
|
|
|
|
5.
|
Petunjuk
yang jelas
|
|
|
|
|
a.
Kepada seluruh siswa
|
|
|
|
|
b.
Kepada Individu
|
|
|
|
Catatan
: Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap
penampilan teman anda yang sedang praktik
Pengamat,
…………………………….
Format 3 : Lembaran Observasi tertulis
|
KETERAMPILAN BERTANYA
Nama
Mahasiswa : ……………………………. Hari/tanggal : …………………………….
NIM : ……………………………. Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang
Studi : ……………………………. Kelas : …………………………….
No
|
Komponen Keterampilan
|
Penilaian
|
Komentar
|
||
Baik
|
Cukup
|
Sedang
|
|||
1.
|
Pengungkapan
pertanyaan secara jelas dan singkat
|
|
|
|
|
2.
|
Pemberian
Acuan dari materi yang akan ditanyakan
|
|
|
|
|
3.
|
Pemusatan
kepada materi pelajaran sebagai bahan perertanyaan
|
|
|
|
|
4.
|
Pemindahan
gilir
|
|
|
|
|
5.
|
Penyebaran
|
|
|
|
|
|
a.
Keseluruh siswa
|
|
|
|
|
|
b.
Respon siswa
|
|
|
|
|
6.
|
Pemberian
waktu bergilir
|
|
|
|
|
7.
|
Pemberian
tuntutan
|
|
|
|
|
|
a.
Pengungkapan pertanyaan dengan cara lain
|
|
|
|
|
|
b.
Pengungkapan penjelasan sebelumnya
|
|
|
|
|
Catatan
: Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap
penampilan teman anda yang sedang praktik
Pengamat,
…………………………….
Format 4 : Lembaran Observasi tertulis
|
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Nama
Mahasiswa : ……………………………. Hari/tanggal : …………………………….
NIM : ……………………………. Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang
Studi : ……………………………. Kelas : …………………………….
No
|
Komponen Keterampilan
|
Penilaian
|
Komentar
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Bersikap
Tanggap
|
|
|
|
|
a.
Memandang secara seksama
|
|
|
|
|
b.
Gerakan mendekati
|
|
|
|
|
c.
Teguran
|
|
|
|
2.
|
Membagi
perhatian
|
|
|
|
|
a.
Secara visual
|
|
|
|
|
b.
Secara Verbal
|
|
|
|
|
c.
Visual -Verbal
|
|
|
|
3.
|
Memusatkan
Perhatian Kelompok
|
|
|
|
|
a.
Menyiapkan
|
|
|
|
|
b.
Mengarahkan perhatian
|
|
|
|
|
c.
Menyusun komentar
|
|
|
|
4.
|
Menurut
tanggung jawab siswa
|
|
|
|
|
a.
Menyuruh siswa lain
|
|
|
|
|
b.
Mengawasi rekannya
|
|
|
|
|
c.
Menyusuh siswa menunjukkan pekerjaannya
|
|
|
|
5.
|
Petunjuk
yang jelas
|
|
|
|
|
a.
Kepada seluruh siswa
|
|
|
|
|
b.
Kepada Individu
|
|
|
|
Catatan
: Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar saran terhadap
penampilan teman anda yang sedang praktik
Pengamat,
…………………………….
Format 5 : Lembaran Observasi tertulis
|
KETERAMPILAN BERTANYA
Nama
Mahasiswa : ……………………………. Hari/tanggal : …………………………….
NIM : ……………………………. Pokok Bahasan : …………………………….
Bidang
Studi : ……………………………. Kelas
: …………………………….
No
|
Komponen Keterampilan
|
Penilaian
|
Komentar
|
||
Baik
|
Cukup
|
Sedang
|
|||
1.
|
Pengungkapan
pertanyaan secara jelas dan singkat
|
|
|
|
|
2.
|
Pemberian
Acuan dari materi yang akan ditanyakan
|
|
|
|
|
3.
|
Pemusatan
kepada materi pelajaran sebagai bahan perertanyaan
|
|
|
|
|
4.
|
Pemindahan
gilir
|
|
|
|
|
5.
|
Penyebaran
|
|
|
|
|
|
a.Keseluruh
siswa
|
|
|
|
|
|
b.
Respon siswa
|
|
|
|
|
6.
|
Pemberian
waktu bergilir
|
|
|
|
|
7.
|
Pemberian
tuntutan
|
|
|
|
|
|
a.
Pengungkapan pertanyaan dengan cara lain
|
|
|
|
|
|
b.
Pengungkapan penjelasan sebelumnya
|
|
|
|
|
Catatan : Memberi tanda (V) pada kolom dan memberikan komentar
saran terhadap penampilan teman anda yang sedang praktik
Pengamat,
…………………………….