RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
Identitas Sekolah : SDN PGMI A
Kelas
/ Semester : 1 /1
Tema
1 : Diriku
Sub
Tema 3 : Aku Merawat Tubuhku
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi
waktu : 2 JPL (2 x 32 menit)
A. Kompetensi
Inti
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. Kompetensi Dasar
Matematika
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda
4.3 Mengurutkan
bilanganbilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan
menggunakan kumpulan benda-benda konkret
C. Indikator
Matematika
3.3.1
Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (1 sampai 10)
4.3.1
Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar (1 sampai 10)
D. Tujuan
pembelajaran:
-
Setelah
menghitung banyak benda, siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari,
kurang dari atau sama dengan secara tepat
-
Setelah
menghitung maju dan mundur bilangan 1 sampai 10, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan
dari terkecil atau terbesar dengan tepat
E. Materi
Pembelajaran:
o
Berhitung
1-10
F.
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
Learning
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
3.
Model pembelajaran : Discovery
Learning
G.
Media, Alat, Bahan
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
-
Papan tulis
-
Kursi
2.
Alat/Bahan :
-
Pensil
-
Buku tulis
3.
Sumber
Belajar :
-
Diri anak
-
Lingkungan keluarga
-
Lingkungan sekolah.
-
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1
-
Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
H. Langkah
-langkah pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø
Guru
menyapa siswa dengan salam
Ø
Mengajak
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
Ø
masing-masing
dengan dipimpin oleh salah
satu siswa
Ø
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
Ø
Melakukan
apersepsi yang berkaitan dengan materi.
Ø Memberi motivasi agar siswa semangat saat pembelajaran berlangsung.
Ø
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa
yang sederhana
dan dapat dipahami.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok berisikan 10 siswa.
2)
Setiap
kelompok memperoleh satu set kartu bilangan 1 – 10 untuk ditempelkan pada masing - masing
anak.
3)
Setiap
kelompok diminta untuk berdiri secara acak.
4)
Guru
mengajak siswa bersama - sama untuk menghitung maju : 1, 2, 3, 4, 5, ...., 10
5)
Guru
meminta kembali siswa untuk berdiri secara acak.
6)
Kali
ini ajak siswa untuk menghitung mundur: 10, 9, 8, 7,..., 1
7)
Lakukan
beberapa kali putaran hingga siswa benar – benar paham mengenai urutan angka.
8)
Pada
permainan selanjutnya, siswa diminta untuk duduk, lalu guru menyebutkan beberapa bilangan secara
acak, misal
7, 2, 9, dan 4. 14. Siswa yang memiliki nomor tersebut diminta untuk berdiri berurutan mulai
dari bilangan
terbesar. (9, 7, 4, 2).
9)
Ulangi
beberapa kali sesi permainan dengan pengurutan mulai dari yang terbesar atau terkecil
|
44 menit
|
Penutup
|
Ø
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
Ø
Siswa
mengerjakan soal evaluasi yang telah dibagikan
Ø
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa merawat tubuh
Ø
Guru
mengajak semua siswa untuk berdoa
Ø
Guru
menutup pelajaran dengan salam
|
10 menit
|
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
1. ProsedurPenilaian
a. Penilaian
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari
kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil
belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Kompetensi Sikap
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
b.
Kompetensi
Pengetahuan
Skor Maksimal: 100
Jumlah skor yang diperoleh
x 100 =
Skor maksimal
Konversi
Nilai
(Skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
85-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
75-84
|
B
|
B (Baik)
|
60-74
|
C
|
CB (Cukup Baik)
|
45-59
|
D
|
KB (Kurang Baik)
|
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial dapat diberikan kepada siswa
yang belum mencapai KKM maupun kepada siswa yang sudah melampui KKM. Remidial
terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial
karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada siswa yang
belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas
bagi siswa yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b.
Pengayaan
v
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan siswa mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada siswa yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi
Dasar.
v
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan siswa.
v
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas.
Pamekasan,
13 Maret 2019
Guru kelas 1
Astutik
Nim: 20160701050010